4 Tips Membuka Usaha Pom Pertamini Baru

LulusSmk.com - Di era yang serba modern sekarang ini bisnis usaha sendiri memang banyak digemari oleh banyak rakyat kecil maupun besar. Tahun demi tahun bertambahnya usia bumi sudah jelas peluang dalam menjalankan bisnis memang diperlukan ide tersendiri. Salah satunya adalah bisnis yang terkenal baru dan lagi tren saat ini yaitu bisnis usaha pertamini atau juga bisa disebut dengan pom mini.

Usaha pertamini digital sering kita jumpai saa t kita berkendara di samping jalan raya kota-kota besar maupun pedesaan. Maka dari itu peluang dalam menjalankan bisnis Pertamini memang terbukti menguntungkan  karena seiring bertambahnya penduduk, tentu akan bertambah pula kendaraan bermotor yang memerlukan bahan bakar.

SEJARAH PERTAMINI

Jika kita menoleh pada tahun  lalu dari segi sejarah usaha pom mini atau pertamini memang tidak jauh berbeda dengan usaha kios bensin eceran pada tahun kemaren. Namun yang jadi perbedaan antara pertamini dan bensin eceran dulu adalah adanya perkembangan dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memudahkan penjual lebih praktis dan mudah dalam perhitungan maupun penjualan.
 4 Tips Membuka Usaha Pom Pertamini Baru


Keuntungan Menjalankan Bisnis Usaha Pertamini

  1. Sangat praktis dan tidak perlu memerlukan derijen 
  2. Pengisian Bensin Premium ataupun Pertamax dapat dilakukan dengan singkat dan cepat
  3. Takaran perhitungan pengisian bensin lebih tepat di percaya komsumen layaknya pom besar
  4. Pengisian bensin atau solar dapat dilakukan dalam waktu cepat
  5. Tidak memerlukan lahan yang besar dalam mendirikannya.
  6. Penyimpanan bensin atau solar cukup banyak hingga 300 liter
  7. Tidak mudah rugi atau takut rugi dalam penjualan, dikarenakan bensin tidak pernah basi atau busuk
  8. Keuntungan lebih besar jika dibandingkan dengan kios bensin eceran karena omset yang didapat dari pertamini lebih terkenal praktis, cepat, dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

Cara Membuka Usaha Pertamini

1. Membuat Surat Izin Usaha Pertamini

Untuk membuka usaha pertamini ini anda harus lebih dulu membuat dan memiliki surat izin usaha karena bisnis ini sudah termasuk bisnis legal. Maka anda bisa memulainya dengan bertanya terlebih dahulu kepada pihak RT dan Rw agar bisa mengetahui bagaimana cara memebuat surat izin usaha pertamini. Setelah semua syarat lengkap maka selanjutnya anda bisa meminta pengajuan surat izin kepada Dinas Perindustrian di daerah anda.


2. Menyiapkan Modal Usaha Membuka Bisnis Pertamini.

Modal awal yang harus anda siapkan yaitu kurang lebih sekitar 8 juta, adapun rincian alat-alat yang harus anda beli seperti pembelian 1 unit pertamini dengan kisaran harga sekitar 5 juta rupiah dan belum termasuk ongkos kirim ke tempat anda dengan ongkos harga sekitar 150 ribu rupiah tergantung dekat jauhnya alamat yang dituju ke tempat anda.

Biaya selanjutnya yaitu dengan pembelian 300 liter untuk pengisian pertaminia dengan kisaran harga 2 ribu rupiah/300 liter. Biaya tambahan lainnya yang harus anda persiapkan adalah pembayaran listrik yang akan dikeluarkan sekitar 50 ribu rupiah per bulan, dan biaya lain-lain yang tidak terduga dengan pengeluaran 200 ribu rupiah, maka total yang harus anda siapkan saat membangun usaha pertamini berkisaran sekitar kurang lebih 8 juta rupiah.

Keuntungan Omset Usaha Pertamini

Analisis Keuntungan atau Omset saat kita menjalankan bisnis usaha pertamini ini sangatlah banyak. Anda bisa melihat sendiri rincian omset yang akan anda dapatkan seperti contoh saja saat anda membeli di SPBU per liter 7.500 dan saat anda menjualnya lagi di pertamini bisa anda jual lagi dengan harga 8.500 jadi keuntungan yang anda dapatkan per liternya bisa mencapai Rp.1.000.

Apabila dalam sehari anda bisa menjual bensin sekitar 200 liter maka keuntungan yang didapatkan dalam sehari bisa mencapai 200 ribu rupiah. Maka jelas sudah omset yang kita dapatkan saat menjalankan usaha pertamini ini dalam sebulan bisa mengantongi uang dengan kisaran keuntungan 6 juta perbulannya.


Trik Dan Tips Menjalankan Usaha Pertamini Agar Mendapatkan Keuntungan

1. Memilih Tempat Yang Strategis

Saat anda ingin menjalankan bisnis pertamini hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan cara memilih tempat yang layak dan strategis di samping jalan. Perlunya tempat untuk usaha pertamini memang harus di utamakan terlebih dulu.

Tempat yang baik dalam menjalankan bisnis ini dengan cara memilih dan mengusahakan agar tempat yang anda jalankan dalam membuka bisnis pertamini ini bisa dijangkau oleh para pengendara motor atau mobil. Tidak cuma itu saja anda harus bisa juga memilih tempat yang jauh dari usaha yang sama ataupun SPBU, karena jika anda berdekatan menjalankan bisnis pertamini dengan salah satu SPBU maka kemungkinan besar bisnis anda akan bangkrut. Bisa anda lihat sendiri pengendera motor dan mobil akan lebih memilih SPBU Besar dibandingkan usaha pertamini yang anda jalankan.

Tempat merupakan faktor utama dalam menjalankan bisnis, Karena itu anda jangan berburu-buru untuk memilih tempat dalam menjalankan bisnis. Lihat dan cari kelebihan dan kelemahan tempat tersebut, lihat juga apakah tempat yang anda jalankan aman atau tidak.


2. Jangan Mematok Keuntungan Banyak

Tips selanjutnya adalah dengan cara mencari keuntungan dalam menjalankan bisnis pertamini. Usahakan bahwa anda memiliki kelebihan dengan pertamini yang lainnya dengan cara menjual bensin termurah dari yang lain. Berilah patokan harga yang cukup dan jangan mencari keuntungan banyak. Bila hal ini terjadi maka faktor negatif pelanggan bisa berbuah komplain yang berkelanjutan. Dari sini anda bisa belajar bahwa keuntungan dalam menjalankan bisnis yang baik itu semua tergantung dari cara berjualan yang anda lakukan.


3. Memberikan Pelayanan Yang Baik Dan Sopan

Tidak cuma tempat yang bisa meningkatkan penjualan bisnis Pertamini anda, pelayananpun juga salah satu faktor dalam meningkatkan keuntungan usaha ini. Pelayan yang dikatakan baik dan sopan merupakan keharusan yang sangat wajib.

Berikan pelayan dengan mengatakan kata-kata yang sopan agar komsumen merasakan bahwa mereka merasa diperhatikan. Ingatkah pada pelajaran wirausaha sekolah dulu bahwa kita diajari kata atau paribahasa bahwa Pembeli itu adalah raja. Memang hal dalam mengembangkan usaha bisnis termasuk usaha pertamini bahwa anda sebagai penjual dan pembeli adalah raja dan bisa kita katakan bahwa anda adalah sebagai pekerja atau anak buah dari para komsumen kita. Prinsip inilah yanh harus anda lakukan agar usaha anda menjadi berkembang.

4. Memilih Target Utama Penjualan

Dalam melakukan berbagai usaha apa saja yang anda jalankan saat ini pasti memerlukan sebuah target dalam penjualan. Target dalam usaha bisnis pertamini ini misalnya bahwa anda harus menentukan berapa target yang harus dikeluarkan dalam sehari. Sebagai contoh bahwa target anda bisnis pertamini adalah pengendara motor. Anda harus menentukan minimal berapa motor yang anda targetkan.

Untuk bisa menentukan target dalam penjualan hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengitung banyaknya pengeluaran liter bensin setiap harinya. Bila pengeluaran bensin sudah memenuhi target, maka anda bisa menambah target anda untuk keesok harinya dengan cara promo ataupun memasang banner pasti pas.

Itupah beberapa cara supaya bisnis usaha pertamini anda bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kenda , dan tentu saja akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Keuntungan yang anda dapatkan bisa membuat anda selalu berniat dan berusaha untuk bisa memajukan dan mengembangkan usaha yang anda jalankan saat ini.

Bagi anda yang masih bingung atau masih belum mengerti untuk bisa menjalankan bisnis Pertamani ini, anda bisa memberikan komentar yang sopan dibawah artikel ini. Berikanlah komentar dan kritikan anda bila artikel ini bermanfaat bagi. Jangan lupa baca beberapa artikel yang menarik mengenai bisnis yang populer di blog ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel