15 Daftar Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Masa Depan

LulusSmk.com - Mau Kemana Setelah Anda Lulus SMK?, Bingung ingin langsung kerja atau mau melanjutkan ke jenjang atas (Kuliah). Banyak Tamatan SMK yang langsung mencari kerja karena memang pelajaran dimasa sekolah dulu sudah mempelajari teori dan praktek kerja (Prakerin). Akan tetapi, ada dari mereka yang masih mau melanjutkan sekolah dan tidak gegabah untuk bekerja.

Memang anak SMK kalau masalah praktek kerja lebih unggul daripada anak SMA. Jurusan yang diambil SMK dikhususkan dalam bidang teknik yang berguna ketika kerja nanti. Oleh sebab itulah, 80% anak SMK lebih memilih kerja dibanding kuliah setelah lulus.

Namun, Kalau waktu SMK dulu jurusan yang anda ambil merasa kurang cocok, dan ingin memutuskan ke bangku Kuliah karena ingin menimba ilmu sebanyak mungkin. Kebingungan dalam memilih jurusan, nah sebelum memutuskan, berikut ini 15 daftar pilihan Jurusan Kuliah yang bisa anda pertimbangkan dulu :
15 Daftar Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Masa Depan

1. Jurusan Adminitrasi Perkantoran

Ingin ahli mengelola uang coba ambil Jurusan ini, Adminitrasi Perkantoran berfokus pada teori perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendataan yang bersangkutan dengan suatu perusahaan.

2. Jurusan Akuntansi

Ingin ahli menghitung uang coba jurusan ini, Jurusan akuntansi mempelajari cara transaksi keuangan dari suatu perusahaan. menyelidiki dana keluar dan masuk untuk mengetahui rugi laba yang didapat untuk kemajuan perusahaan.

3. Jurusan Perbankan

Apabila anda suka menabung coba memilih Jurusan ini, Perbankan memperlajari keterampilan dan menangani aktivitas operasional perbankan seperti pekerjaan teller, customer services, pembukuan giro, tabungan serta deposito yang bersangkutan dengan bank.

4. Jurusan Marketing/Pemasaran

Menyukai Jual Beli Online, coba jurusan ini, Marketing/Pemasaran memperlajari tentang cara promosi barang/produk serta layanan jasa untuk menarik pelanggan.

5. Jurusan Jurnalistik

Ingin jadi wartawan, coba pilih jurusan ini, Jurnalis bertugas dalam menyebarkan dan pengumpulkan berita. Fokus pada cara menulis berita menarik yang nantinya dipublish ke TV, Majalah, Koran atau Radio.

6. Jurusan Animasi

Ingin jadi animator, coba pilih jurusan ini, Jurusan Animasi memperlajari cara berkreasi menciptakan film kartoon. Membuat gerak, gaya, bentuk, serta tema animasi yang ingin dibuat.

7. Jurusan Multimedia

Ingin jadi seorang programer / IT, coba jurusan ini, Anda akan dipelajari soal software dan hardware pemograman komputer, membuat atau pengembang aplikasi, game dan website serta jaringan internet.

8. Jurusan Tata Busana

Mau memperluas dan memahami Fashion, coba pilih jurusan ini, Tata Busana adalah jurusan yang trend, anda akan diberi teori serta praktek perancangan dan pembuatan busana. Ada beberapa pilian spesialisasi seperti produk fashion populer misalnya pakean olahraga, anak-anak sampai dewasa, dan apapun iti yang berkaitan tentang bidang fashion.

9. Jurusan Tata Boga

Ingin pintar memasak dan berprofesi koki coba pilih jurusan ini, Anda akan diberi pelatihan tentang bidang pembuatan makanan/resep. Prospek kerja lulusan Tata Boga akan bisa ditempatkan ke restoran atau hotel sebagai koki. Namun tidak hanya itu, anda juga punya kesempatan untuk wirausaha sendiri dengan keahlian memasaknya.

10. Jurusan Perhotelan

Ingin bekerja di hotel ya coba jurusan ini, Meteri yang diberikan kepada mahasiswa perhotelan diberi teori yang berkaitan dengan standart dan pelayanan hotel yang baik.

11. Jurusan Pariwisata

Suka Traveling, coba memilih jurusan ini, Untuk studi yang didapatkan dibidang Pariwisata ini banyak sekali, Seperti pekerjaan pemandu wisata, anda akan memahami tempat-tempat wisata yang trend, cukup menyenangkan bukan ?. Jurusan ini cocok sekali apabila anda menyukai pekerjaan outdoor, dan malas dengan pekerjaan kantor.

12. Jurusan Teknik Otomotif

Kalau kalian waktu smk suka modif-modif motir coba jurusan ini, Studi yang didapatkan oleh mahasiswa Otomotif akan dikenalkan berbagai macam teknik, seperti cara merakit/membuat kendaraan bermotor, memodifikasi, dan memperbaiki mesin dan apapun yang berhubungan dengan otomotif.

13. Jurusan Teknik Elektronika

Jika kalian suka dengan dunia kelistrikan coba memilih jurusan ini. Lain hal dengan teknik otomotif fokus pada mesin, Untuk teknik elektronika anda akan diberi materi serta praktek dengan hal-hal yang berhubungan dengan listriknya. Jenis jurusan ini akan berkaitan langsung dengan kerja mulai dari, tukang servis elektro, hp, teknisi radar, frekuensi radio dan masih banyak sekali.

14. Jurusan Farmasi

Ingin ahli dibidang kesehatan coba Jurusan ini, para mahasiswa akan diberi materi tentang cara meracik obat-obatan dan bahan kimia, dan apabila sudah tamat kuliah maka anda bisa bekerja di rumah sakit, apotek, dan disemua bidang farmasi.

15. Jurusan Analisis Kimia

Ingin mendalami tentang kimia, maka coba ambil jurusan Analisis Kimia, Anda diberi teori serta praktek penelitian produk yang berbahan kimia dan juga materi fisika dan matematika sedikit. Anda berkesempatan punya bakat tentang ilmu Sains. Untuk prospek kerja setelah tamat Anilisis Kimia, akan langsung kerja di pertambangan, pertanian, farmasi, dan apapun yanh berkaitan tentang kimia industri.

Penutup

Nah itulah informasi 15 Jurusan Akademi jika anda ingin melanjutkan kuliah. Sekarang anda tidak lagi bingung dengan memilih jurusan yang cocok. Apabila artikel ini membantu dan memberi sedikit tips coba bagikan keteman atau saudara anda yang mau lulus SMK.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "15 Daftar Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Masa Depan"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel