10+ Cara Sukses Mengatur Keuangan Ketika Umur 21 Tahun

LulusSmk.com - Banyak entrepreneur muda sukses di umur 20 tahun, mungkin termasuk juga kamu. Mereka telah mapan serta demikian familiar dengan perencana keuangan (financial planner). Tentunya mereka membayar perencana keuangan untuk membantunya mengendalikan, dan mengurus keuangan supaya tidak habis ikuti keinginan jiwa mudanya.
10+ Cara Sukses Mengatur Keuangan Ketika Umur 21 Tahun
Berkonsultasi dengan perencana keuangan dapat juga membantumu menyiapkan hari esok dengan baik. Uang atau pendapatan yang didapat dari upayanya, bukan sekedar dialokasikan untuk penuhi keperluan, tetapi pun disisihkan untuk cost kuliah, menolong orangtua, asuransi, investasi, sampai dana pensiun.

Tetapi sebenarnya tiada perencana keuangan juga, kamu dapat mengelola keuangan asal mempunyai prinsip kuat untuk menjalankannya. Diambil dari Forbes.com, ada 10+ panduan mengelola keuangan di umur 21 tahun berdasar pada referensi dari perencana keuangan.
Baca Juga: Tips Jadi Pengusaha Muda Yang Sukses Dengan Modal Kecil

1. Janganlah Takut Mengambil Resiko 

Sebab takut tidak berhasil, kamu condong main aman di umur 21 tahunan. Walau sebenarnya dengan masih main aman, peluang kamu untuk berkembang akan hilang. Masalahnya ketakutan pada kegagalan akan menghalangi kamu untuk sampai keberhasilan. Perumpamaannya saja membagikan penghasilan untuk meniti usaha sambilan, serta yang lain.

Mumpung masih tetap muda, butuhkan jatah gagalmu. Jangan pernah menyesal nanti serta mengharap memperoleh peluang ke-2. Pada saat masih tetap berumur 20 tahunan, kerja keras untuk membuat pengembangan, suatu yang berguna, menjalankan usaha dengan serius hingga pundi-pundi uang akan mengalir.

2. Investasikan Diri Semakin Banyak 

Investasikan pada dirimu semakin banyak, tujuannya di sini yaitu menginvestasikan uang untuk ikuti pendidikan resmi ataupun informal, seperti pelatihan, kursus, seminar peningkatan diri, serta perihal produktif yang lain. Investasi pendidikan ialah investasi hari esok. Dengan pendidikan, kamu bisa merubah hidup lebih sukses dari sekarang ini. Sukses tidak cuma dari bagian materi, tetapi berguna juga buat beberapa orang.

3. Mengatur Pengeluaran Dengan Baik

Pada saat masih tetap umur 21 tahunan, coba untuk mengendalikan penghasilan serta pengeluaranmu. Jangan pernah pengeluaran semakin besar dibanding penghasilan. Susun tiap-tiap pengeluaranmu tiap-tiap bulan didasarkan pada penghasilanmu. Implementasikan apakah yang telah kamu bikin dalam rincian keuangan dengan penuh prinsip. Tidak membelanjakan uang untuk beberapa hal yang tidak terpenting atau cuma berdasar pada kemauan.

4. Mencari Kesempatan Usaha 

Jika di usia 20 tahun keatas, kamu masih tetap meminta uang orang-tua serta belumlah dapat membuahkan uang sendiri, mulai buka usaha. Mencari kesempatan usaha bermodal kecil, bahkan juga tiada modal yang dapat dikerjakan sekalian kuliah untuk meningkatkan uang saku. Dengan demikian, kamu belajar jadi seseorang entrepreneur, serta terbiasa untuk mencari kesempatan usaha yang lain.

5. Tentukan Arah serta tujuan Kedepan 

Kamu mesti mengambil keputusan arah serta tujuan hidup dalam periode panjang. Perihal ini akan memengaruhi prediksi keuanganmu untuk wujudkan tujuan itu. Pikirkan 10 tahun dari saat ini kamu bisa menjadi sukses di bagian apakah. Apa jadi entrepreneur, pengacara, penulis, serta yang lain. Bila telah diputuskan, mengatur keuanganmu untuk ke arah tujuan itu. Konsentrasi pada arah serta tujuan itu, hingga kamu bisa menjalankan hidup lebih terukur.

6. Menabung Serta Investasi 

Kamu mesti melatih diri menabung serta investasi. Sekarang ini banyak investasi dengan modal kecil, serta pas untuk generasi milenial. Sisihkan sekurang-kurangnya 10% dari pendapatan atau uang sakumu satu bulan. Dengan belajar menabung serta berinvestasi, kamu telah menyiapkan hari esok yang cemerlang.
Baca Juga:6 Cara Mengembangkan Karir Dan Menyusun Diusia Muda

7. Bertanggung Jawab Atas Apapun 

Kamu mesti dapat bertanggungjawab atas semua tindakan, termasuk juga dalam ketidakstabilan keadaan keuangan. Introspeksi diri jika kamu alami bokek atau keuangan jadi morat marit. Mungkin ada pengeluaran yang membludak. Perbaiki serta mengatur lagi keuanganmu supaya bisa kembali konstan.

Dengan mempunyai perasaan tanggung jawab, kamu dapat juga memutuskan termasuk juga masalah masalah keuangan. Perumpamaannya, bertanggungjawab atas uang yang keluar untuk beli barang, apa barang itu satu keperluan atau cuma kemauan semata-mata.

8. Janganlah Mengambil Credit Pendidikan

Jika kamu masih tetap kuliah di umur 20-21-22 hingga 27 tahun , janganlah berutang untuk cost pendidikan. Hal itu bisa menjadi beban keuanganmu sesudah lulus kelak. Bila memang membutuhkan cost untuk meneruskan pendidikan, kamu dapat kuliah sekalian kerja atau buka usaha kecil-kecilan untuk membayar uang semesteran, buku, serta yang lain.

9. Masih Hidup Simpel 

Waktu keuangan telah konstan, pertahankan. Janganlah boros dalam memakai uang. Maklum, anak muda umur 21 tahunan keatas mempunyai keinginan untuk nongkrong dengan rekan-rekan, berjalan-jalan, hang out, belanja. Jika sampai khilaf, pengeluaran kamu akan membengkak, serta kamu akan alami kesusahan keuangan. Jadi masih hidup simpel, beli barang sesuai dengan keperluan.

10. Perlebar Jaringan

Bergaul tidak cuma dengan anak seumuran atau seumuran. Bergaul dapat dengan siapapun. Dengan beberapa rekan, kamu dapat memperoleh banyak info, contohnya pekerjaan, usaha, serta perihal positif yang lain.

11. Ganti Langkah Pandang 

Berikan dalam diri jika kamu tengah ke arah step pendewasaan, hingga langkah berfikir serta bertingkah laris juga mesti lebih dewasa, termasuk juga dalam mengurus keuangan. Mengerti manakah yang prioritas serta manakah yang tidak.
Baca Juga: 4 Tips Mengatur Waktu untuk Hari Esok Lebih Baik
Pada saat berumur 21 tahunan, janganlah butuhkan waktu mudamu cuma untuk kuliah serta kerja saja. Kamu pun memiliki hak untuk bahagia, nikmati hidup tak perlu berfoya-foya untuk kesehatan mentalmu. Itulah 10+ cara mengatur keuangan di umur 21 tahunan, namun tetapi ingat masih konsentrasi pada gagasan hidup yang telah kamu susun

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel