Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp

LulusSmk.com - Gimana cara mengamankan percakapan WhatsApp supaya aman?. Obrolan chating di pada aplikasi WhatsApp merupakan privasi seseorang. Untuk membuka obrolan maka yang berhak adalah kita sendiri. Orang lain yang kepo atau penasaran ingin membuka obrolan anda, maka itu disebut pencuri/maling.

Bagi kalian para pengguna Whatsapp sebaiknya amankan obrolan chatingan anda agar tidak mudah diketahui orang lain, misalnya pacar, teman, ataupun keluarga anda.
Jika anda tidak mau pesan chat dibaca oleh orang, maka beri pengamanan yang kuat. suatu hal pribadi yang bersifat rahasia bisa didengan mudah, apabila anda tidak menguncinya segera.

Contohnya : Jika ada obrolan atau kiriman pesan Whatsapp yang masuk, namun seketika itu hp anda sedang dipegang pacar, maka anda pasti sangat kawatir dan cemas apabila pesan yang baru masuk tersebut dari mantan anda.

Nah, supaya obrolan whatsapp kalian aman, maka anda perlu mengarsipkan pesan. Hal ini membuat pesan obrolan whatsapp pada orang tertentu, berada diposisi paling bawah.

Bila kalian ingin mengarsipkannya, silahkan anda buka Whatsapp -> klik dan tahan pada nama (kontak) obrolan chat -> pilih "Arsip Pesan", berupa tanda arah kebawah bagaian kontak diatas bar.

Namun ada kelemahannya, ketika ada chat baru masuk pada orang yang anda arsipkan, maka jendela obrolan berada diatas lagi. Hal itu dikatakan pengaman dalam bentuk sementara saja.

Namun, ada trik lain yang lebih ampuh untuk penguncian obrolan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Obrolan Locker. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut pada PlayStore secara gratis.

Cara Mengamankan Obrolan WhatsApp

Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp

Setelah terpasang dan membuka aplikasi tersebut, berikut adalah cara mengunci obrolan WhatsApp kamu. Nah untuk tutorial serta penjelasannya anda bisa membaca Step by step dibawah ini:
  1. Buka Aplikasi Obrolan Locker pada menu android anda.
  2. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan, misalnya 'Indonesia', lanjutkan dengan klik oke.
    Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp
  3. Selanjutnya silahkan isi semua daftar kolom yang disedikan, masukkan kata sandi yang ingin anda buat sesuai dengan petunjuk tersebut.
    Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp
  4. Pilih icon Tambah (+), kemudian akan muncul beberapa daftar,  pilih bagian atas sendiri pada opsi "Mengunci WhatsApp Chatting".
    Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp
  5. Setelah itu secara otomatis masuk ke menu pengaturan "Aksesbilitas", roll kebawah dan cari opsi "Aktifkan Aksesbilitas".
    Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp
  6. Selanjutnya kembali ke aplikasi Obrolan Locker, cari atau pilih chat obrolan yang ingin anda kunci.
    Cara Membuat Kunci Privasi keamanan Obrolan WhatsApp

Gambar Screenshoot pada No.6 menandakan bahwa nama "Nisa" dari kontak WhatsApp tersebut sudah terkunci. Apabila kita ingin membalas dan membalas percakan ke "Nisa", maka secara otomatis anda harus memasukkan kunci yang anda buat, contoh penguncian No.3.

Bila kalian ingin menghapusnya dan menghilangkan penguncian obrolan, maka anda tinggal klik 1x pada nama kontak yang diamankan lewat Obrolan Locker tersebut, lihat gambar No.6.

Penutup

Itulah cara paling mudah untuk mengamankan pesan obrolan diWhatsApp secara ampuh. Jika sudah mengaktifkan Aplikasi Obrolan Locker tersebut, maka privasi anda sudah sangat aman, Pasangan atau orang lain yang mencoba membaca pesan Wa-mu tidak mungkin bisa.


Sekianlah trik ulasan sederhana diatas, mudah-mudahan bisa memberi solusi untuk hal bersifat privasi. Beri saran dikomentar, serta share keteman atau kerabat anda, agar bisa bermanfaat kepada semua pengguna WhatsApp.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel