Cara Simpel Mempercepat Android Tanpa Aplikasi

LulusSmk.com - Apa yang harus dilakukan agar performa Android bisa cepat seperti waktu beli dulu?, Hp Android yang lama dipakai, sekarang jadi lemot banget. Tahap yang wajib dilakukan oleh semua pengguna Android harus melakukan penghapusan Data Cache atau file sampah di Android.

Fungsi menghapus Data Cache yakni untuk meringan kinerja Smartphone, sebab banyak file sampah yang tersimpan di memori internal sudah menumpuk. File itu disebut file sampah, maka anda perlu membersihkannya sekarang.

Apabila anda membiarkannya saja dan tidak membersihkan sampah atau data cache, maka bisa jadi saat membuka aplikasi jadi lama banget. Manfaat lain setelah menghapus file sampai yaitu sbb ;
  1. Kinerja Ponsel jadi kencang ketika dimainkan
  2. Loading aplikasi tidak menunggu waktu lama
  3. Melonggarkan memori internal
  4. Menghindari Android ngehang, aplikasi terhenti dan restart sendiri

Perlu kamu ketahui, setelah membersihkan data cache android, maka semua data yang tersimpan akan terhapus.


Seperti contoh kita akan menghapus data aplikasi Whatsapp maka semua data di obrolan akan hilang. Setelah hapus Data & Cache Aplikasi Whatsapp, ketika membuka kembal maka tampilan aplikasi Whatsapp akan kembali seperti pertama anda download dan login ulang.

Jadi disarankan, sebelum menghapus data cache aplikasi kamu harus membackup data terlebih dahulu yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Kalau sudah mengerti manfaat dan resiko diatas, maka berikut langsung saja langkah-langkah menghapus data cache pada aplikasi Android agar kinerja lebih optimal.

Cara Menghapus Data Cache di Android :

Cara Simpel Mempercepat Android Tanpa Aplikasi
  1. Buka Pengaturan/Setelan.
  2. Pilih menu Aplikasi Terinstal.
  3. Lalu cari aplikasi yang akan anda hapus cache nya.
  4. Akan ada 2 pilihan “Clear Cache” menghapus penyimpanan sementara aplikasi sedangkan jika menghapus “Clear Data” maka kita akan menghapus semua data yang terdapat pada aplikasi.
  5. Pilih sesuai dengan kebutuhan kalian apakah ingin Clear Cache Android atau Clear Data Android.

Akhir Catatan :

Cara ini sering dilakukan oleh para pengguna android untuk Mengatasi Keyboard android yang Error atau tidak berfungsi sehingga keyboard bekerja normal kembali setelah melakukan penghapus data cache tersebut

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel