5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Otak Anak & Abg

LulusSmk - Siapa sih yang tidak suka dengan permainan yang seru serta gratisan. Sekarang ini game elektronik tidak hanya bisa kita mainkan di Smartphone Android, PlayStation, Xbox, PC / Laptop dan lain sebagainya. Dengan berkembangnya teknologi yang setiap tahun semakin canggih dan modern membuat banyak masyarakat khususnya anak muda dan anak-anak semakin gila akan Game.

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Game Online misalnya, bahwa perlu kita ketahui dalam permainan ini kita wajib sekali menggunakan jaringan internet saat memulainya. Tidak sama dengan game offline yang tidak membutuhkan koneksi data internet.

Game Online dalam bermainnya pun semakin seru bila dibandingkan dengan game Offline, hal tersebut karena saat kita memainkan Game Online ini, maka kita bisa saling terhubung dengan teman-teman anda serta kesemua orang dalam satu permainan yang sama sekaligus.

Tidak cuma sekedar itu saja, Untuk memainkan game Online kita tidak harus pergi ke Warnet, Karena hanya berbekalan Smartphone Android / Ios pun kita bisa mendownload dan memasanganya secara gratis.

Kecanggian ponsel genggam inilah yang membuat orang di Indonesia semakin Bodoh. Kenapa bisa begitu ?, Anda perlu menyadari bahwa banyak orang dari dewasa bahkan orang tua pun mengikuti perkembangan zaman dengan ikut-ikutan kecanduan bermain game layaknya anak kecil.

Berikut dampak negatif berbahaya jika kecanduan bermain Game Online di Smartphone Android :

1. Game Membuat Orang Malas Bekerja Dan Sekolah

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Keseruan nge-Game dalam waktu berjam-jam setiap hari bisa membuat seseorang menjadi malas saat mau berangkat kerja. Kenapa bisa begitu ?, Hal ini dikarenakan saat memainkan game seperti game online yang cukup viral dan populer sekarang yaitu Mobile Legends, PUBG, Garena AOV dan lain sejenisnya mudah sekali mempengaruhi fikiran orang untuk selalu memainkannya sampai berjam-jam lamanya. Orang yang mau bekerja sampai jadi malas sehingga lupa dengan jam kerjanya.

Tidak cuma orang dewasa yang sudah bekerja saja, anak sekolah pun juga menjadi dampak negatif kalau keseringan bermain Game Online modern sekarang. Anak sekolah seharusnya belajar mencari ilmu untuk masa depan dan cita-citanya, kini mulai malas.

Orang tua yang membiarkan anaknya memegang handphone seharusnya selalu memperhatikan, apakah handphone yang dipakainya dibuat untuk hal positif untuk usia anaknya atau malah sebaliknya.

Bagi anak-anak bermain memang wajar-wajar saja, tetapi janganlah terlalu sering, bila itu terjadi maka akan berdampak buruk untuk otak dan kelanjutan usia nantinya.

2. Game Membuat Lupa Akan Kewajiban Utama

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Faktor penting yang kita seharusnya tahu, kenapa game membuat orang lupa akan kewajiban utama seperti Ibadah yang seharusnya kita kerjakan setiap harinya. Kunci akan kesuksesan semua orang dimulai dari hal kecil dan menghindari hal kecil pula.

Dari usia dini kelakuan seseorang bisa dilihat, sebagai mana mestinya seorang ayah mencontohkan hal positif bagi anaknya. Bimbingan kepada anak menjadi keutamakan agar anak bisa menjadi lebih baik.

Dimulai hal kecil dengan selalu mengutamakan ibadah daripada hal lainnya. Game itulah yang membuat orang malas akan ibadah, dan hal kecil dengan kebiasaan bermain Game Online inilah yang seharusnya kita hindari agar tidak kecanduan.

3. Game Membuat Anda Mudah Jatuh Sakit

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Loh, kok bisa membuat orang jatuh sakit ? Kenapa ?, Percaya tidaknya anda mengenai game yang bisa buat anda mudah sakit dikarenakan oleh hal sepele ini. Tidak anda sadari dan memang ini bukan hoax.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sering ngeGame bisa berdampak pada kesehatan. Dimulai hal ringan seperti pusing. Jika anda biasa bermain game dengan jangka waktu berjam-jam maka anda akan merasakan kurang enak badan serta sakit kepala.

Tidak cuma itu saja, Ngegame bisa membuat mata anda jadi rabun/minus hingga sampai bisa berujung kebutaan. Kenapa bisa begitu ?, Perlu anda sadari bahwa kontras cahaya langsung dari Smartphone akan menimbulkan mata bekerja berlebihan karena lamanya menatap Smartphone.

4. Game Membuat Anda Budek Atau Tuli

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Aneh tapi nyatanya memang benar bahwa Nge-Game bisa membuat seseorang tuli saat dipanggil orang lain, teman, saudara bahkan orang tua. Kenapa ?, coba anda perhatikan ketika anda sedang berkumpul dengan teman di warung, tempat tongkrongan atau di rumah teman.

Disaat itu teman anda sedang asik-asiknya bermain Game Online dari Smartphone-nya dan diwaktu itulah anda coba memanggilnya, Gimana respon dia ?, 80-100% teman yang lagi asik ngegame itu akan tuli / menghiraukan anda dan hanya fokus pada Smartphone-nya tersebut.

Atau mungkin teman anda menjawab 1 kata, atau mungkin juga jawabannya malah nyeleneh (tidak menyambung). Kumpul bareng dengan teman yang suka bermain game memang membuat suasana anda jadi bosan karena sering dihiraukan.

5. Game Membuat Anda Malas Punya Pacar (Jomblo)

 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg

Memang benarkah kalo seorang gamers membuat seseorang malas punya pacar / pasangan ?. Hal ini sering dilakukan oleh kaum laki-laki ABG Jaman Now yang memang faktanya seorang gamers kebanyakan Jomblo.

"Game ya game, pacar ya pacar, jodoh ditangan tuhan", Itulah yang ada dipikiran seorang Gamers. Gimana mau punya pasangan coba, kalau anda selalu main dan main. Tuhan ya tahu kalau anda malas dan tidak punya niatan cari pasangan. Sampai kapan anda pacaran sama si-HP.

Jika anda punya pasangan pasti selalu anda abaikan ketika anda sedang main game, benar gak ?. Coba deh anda renungkan, apakah anda selalu begini dan tidak ingin mencoba kegiatan yang lain.

Akhir Catatan

Itulah yang bisa saya sampaikan kepada sobat Gamers tentang 5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Anak & Abg. Waktu bermain Game Online/Offline di Smartphone kalau anda punya luang senggang saja, Namun jika ada pekerjaan atau kewajiban setidaknya anda usaha untuk mendahulukannya.

Semoga catatan pada kesempatan ini bisa menambah wawasan ilmu. Bagi keteman atau saudara anda kalau artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Bahaya Kecanduan Game Online Bagi Otak Anak & Abg"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel