Cara Mengatasi Smartphone NgeHang Khusus Baterai Tanam

LulusSmk.com - Gimana sih cara mereset atau mematikan ulang Smartphone Android yang Hang (tidak bisa disentuh). Ketika anda sedang asik-asiknya main smartphone entah itu main game online, sedang chatingan sama gebetan atau lagi seru-surunya nonton streaming youtube namun tiba-tiba saja smartphone kamu jadi hang tidak bisa disentuh sama sekali.

Kalau Baterainya bisa delepas langsung, maka anda dengan mudah mematikan smartphone tersebut, tetapi yang jadi masalah disini yaitu, gimana kalau Smartphone baterai tanam?. 

Tak perlu kawatir apalagi sampai membongkar smartphone anda karena seringnya error atau ngehang. Anda bisa perbaikir sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis dengan biaya yang cukup mahal. Namun sebelum memperbaiki ada baiknya anda baca dulu faktor penyebab umum smartphone anda ngehang tidak bisa disentuh.

Penyebab Smartphone Sering Ngehang (Tidak Bisa Disentuh)

 Cara Mengatasi Smartphone NgeHang Khusus Baterai Tanam

Smartphone Hang bisa diakibatkan oleh beberapa masalah yang mengakibatkan performa menjadi menurun dan terjadilah hang. Disisi lain juga di sebabkan oleh beberapa faktor seperti sebagai berikut :

1. Penggunaan Aplikasi Secara Bersamaan

Yang pertama Smartphone tidak bisa disentuh disebabkan oleh pemakaian aplikasi yang berlebihan. Hal ini menyebabkan kinerja memori RAM menjadi beban. Ketika anda membuka aplikasi dengan jumlah banyak seperti chatingan sambil nonton video streaming secara bersamaan. Smartphone jadi cepat panas karena RAM dipaksa bekerja secara tidak wajar.

2. Menggunakan Smartphone Sambil Charging

Sangat wajar sekali kalo smartphone kamu bisa ngehang secara tiba-tiba. Ketika anda memakai smartphone sambil mencharger-nya maka akan terjadi peningkatan suhu pada beberapa perangkat keras didalamnya yakni akan membuat smartphone kamu akan cepat panas karena listrik yang masuk tidak stabil.

Perlu kamu ketahui, ketika anda mau mengisi daya baterai sambil bermain, bisa mempercepat umur smartphone kamu, dengan kata lain ruska atau mati total. Yang perlu anda perhatikan, saat anda merakasakan Smartphone panas ketika di genggam, maka matikan sejenak agar panas tidak meningakat.

3. Memori Internal Sistem Penuh

Penyebabab smartphone jadi ngehang yang ketiga yaitu dikarenakan oleh penyimpanan system yang penuh dan tidak bisa menyimpan aplikasi lagi. Bukan hanya RAM, namun Memori Internal untuk sistem berperan penting dalam performa smartphone.

Ketika Penyimpanan sistem penuh biasanya anda akan melihat notifikasi peringatan. Bila anda biarkan saja maka bukan hanya tidak bisa menginstal aplikasi menginstal lagi namun juga bisa membuat smartphone kamu jadi hang dan tidak bisa disentuh.

4. Bermain Game Secara Berlebihan

Penyebab Smartphone ngehang tidak bisa disentuh yang paling sering dirasakan banyak pengguna smartphone ialah bermain game secara tidak wajar atau berlebihan. Hal ini jarang diketahui banyak orang bahwa bermain game dismartphone bisa membuat smartphone kamu jadi sering hang tiba-tiba bila main sampai berjam-jam lamanya.

Nah buat kamu yang suka main game di Smartphone, Cobalah berhenti sejenak bila dirasa Hp yang kamu genggam panas.

5. Sistem Operasi Smartphone Tidak Sesuai

Hang karena kesalahan OS Sistem yang terpasang di android. Pernah gak anda merasakan perbedaan entah itu dari segi tampilan menu, pengaturan, dan lain sebagainya. Hal ini memang jarang sekali, namun bila anda suka oprek-oprek Androdi seperti root atau ganti Os (Sistem Operasi), maka anda pasti tahu kekurangannya.

Salah satunya pernah flashing atau ganti Os Android  (Update) yang tidak kompatibel, bisa membuat smartphone kamu berhenti tiba-tiba sampai akhirnya hang tidak bisa disentuh sama sekali.

6. Adanya Kerusakan Perangkat Keras Didalamnya

Smartphone yang tiba-tiba saja hang juga bisa disebabkan oleh masalah Hardeare (Perangkat Keras) Yang ada didalamnya. Kerusakan hardware bisa terjadi setelah smartphone kamu terjatuh atau bisa karena smartphone terkena air .

Sebelum terjatuh dan atau sebelum tercebur ke air, Smartphone kamu baik-baik saja dan tidak ada kendala. Setelah terjatuh memang tidak ada cacat fisik namun didalam part-part seperti IC dan Part Pendukung lainnya terjadi masalah akibat goncangan saat terjatuh.

Tips Mengatasi Smartphone Sering Ngehang (Tidak Bisa Disentuh)

Selanjutnya, untuk solusi permasalahan anda mengenai cara mengatasi Smartphone error atau hang tidak bisa disentuh sama sekali bisa dengan cara Mematikan ulang Smartphone secara paksa (Reset).

Nah, dari sini anda perlu menyimak agar nantinya ada bisa memperbaiki sendiri smartphone yang hang tiba-tiba hang tanpa harus pergi ke konter servis Hp. Gimana Caranya ?, berikut tips langkah-langkah paling mudah memperbaiki Smartphone Android ngeHang (error) khusus baterai tanam :

Mencari dan Menekan Tombol Rahasia Untuk  Mereset Paksa Smartphone

Langkah pertama anda harus mematikan dan menghidupkan secara paksa smartphone bila terjadi hang. Jika Smartphone anda bukan baterai tanam, maka anda tidak perlu melakukan reset paksa, lepas saja baterai Smartphone secara langsung untuk mematikannya.

Nah, untuk Smartphone atau Tablet baterai tanam yang tidak bisa di matikan dengan melepas baterai langsung, maka anda perlu mencari dan menekan tombol reset agar bisa merestart ulang. Tombol reset pada smartphone berbeda-beda, Provider memberikan fitur reset paksa rahasia yang jarang diketahui oleh penggunanya. Berikut beberapa rahasia tombol reset dari semua merk smartphone android :
  • Menekan tombol Power sekitar 10 detik sampai smartphone mati dengan sendirinya
  • Bila masi belum mati juga, coba menekan tombol Power & Volume bawah (-) secara bersamaan
  • Belum mempan juga, coba menekan tombol Power & Volume atas (+) secara bersamaan
  • Solusi yang terakhir coba cari dan tekan tombol Reset pada Lobang Kecil yang disediakan Smartphone menggunakan jarum. Biasa letak lobang reset tersebut pada bagian samping kanan atau kiri casing.
  • Dan untuk merk seperti Xiaomi , Sony Experia biasanya tombol reset terletak pada bagian tempat Slot Sim Card berwarna merah. Tekan saja bila menemukan tombol rahasia untuk mereset ulang.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang paling mudah untuk mengatasi Smartphone Error, Hang, tidak bisa disentuh (TouchScreen Error) pada Baterai Tanam. Trobel pada smartphone bisa anda perbaiki sendiri dengan mudah apabila anda tahu penyebab serta triknya. Bila artikel diatas bermanfaat, jangan lupa komen dan share kepada teman-teman anda. Selamat mencoba !!.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel