Cara Mengatasi Nomor IMEI Android Hilang (Invalid)

LulusSmk.com - Tidak Ada Sinyal Imei Null atau Kosong sering sekali dialami oleh pengguna Smartphone. Jika IMEI rusak maka bisa mengakibatkan sinyal jaringan hilang atau SIM tidak terdeteksi. Kerusakan IMEI Smartphone tentu membuat anda bingung, karena anda tidak bisa melakukan panggilan atau internetan menggunakan jaringan provider.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap kali anda membeli handphone maka pasti ada nomor IMEI. Semua Handphone selalu memiliki IMEI masing-masing dan IMEI itu akan muncul dengan seri nomor yang berbeda-beda bila anda mengeceknya. Fungsi dari IMEI sendiri untuk membedakan antara ponsel yang satu dengan ponsel yang lainnya.

Untuk melihat IMEI pada handphone cukup mudah, caranya tinggal pilih menu dial panggilan telepon dengan memasukkan kode *#06# , secara otomotis anda akan melihat pop up dilayar handphone yang berisi 16 nomor kode. Jika Handphone anda dual sim maka keterangan nomor IMEI akan muncul 2 baris, dimana baris pertama adalah IMEI untuk SIM 1 dan baris kedua IMEI SIM 2.

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)

Cara Mengatasi IMEI Yang Hilang

Jika anda mengalami masalah pada sinyal hilang atau SIM tidak terdeteksi pada Handphone bisa jadi dikarenakan Nomor IMEI tidak valid atau rusak. Kerusakan IMEI bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yakni didisebabkan karena kesalahan pengguna yang sering oprek Sistem Handphone OS Android atau IOS.

Saat Sinyal hilang atau jaringan tidak terdeteksi di Handphone bisa kita atasi sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis. Untuk mengatasi IMEI pada Android sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun trik dan tips cara mengatasi sinyal hilang karena kesalahan pada IMEI yang tidak valid harus terlebih dahuli me-Root android. Cara Root atau Rooting pada handphone Android berbeda-beda, semua tergantung pada jenis, merek atau tipe serta versi Os Android.

Trik mengatasi Imei kosong, IMEI Null, IMEI Invalid, atau IMEI tidak cocok pada HP Android | Samsung | Xiaomi | Oppo | LG | Vivo | Advan | Evercoss | Xperia | Lenovo | sebagai berikut :

TATTENTION PLEASE !!! TIPS DAN TRIK INI HANYA BISA DIPAKAI JIKA ANDROID SMARTPHONE ANDA MEMAKAI CHIPSHET MTK (MEDIATEK)

Langkah 1 : ROOT ANDROID

Untuk root anda bisa mencarinya di google sesuai merek dan tipe android anda. Root ini digunakan untuk memperbaiki atau menulis ulang Nomor IMEI yang rusak. Untuk lebih mudahnya anda bisa root android anda sendiri dengan cara mendownload dan menginstal aplikasi King Root v6 apk atau Kingo Root . Buka serta jalankan Rooted dan tunggu aplikasi berjalan sampai muncul tulisan suksess. Restart Hp dan lihat dibagian menu, disitu akan muncul aplikasi baru bernama SuperUser. Apabila belum muncul, anda bisa mengulangi tahap root android.

Langkah 2 : INSTAL APLIKASI CHAMELEPHON APK

Langkah kedua yaitu mendownload aplikasi Chamelephon. Aplikasi ini bisa diinstal pada android dengan syarat android sudah dalam keadaan Root. Keunggulan atau fungsi aplikasi Chamelephone digunakan untuk menulis ulang Nomor IMEI yang rusak atau hilang. berikut cara memakai aplikasi chamelephon :

1. Download dan Instal Chamelephon.apk
2. jalankan aplikasi dan akan muncul notifikasi konfirmasi root akses, lanjutkan dengan cara klik Allow.

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)
Klik Allow

3. Siapkan Nomor IMEI HP android anda sendiri. Untuk menemukan nomor serial IMEI, anda bisa melihat dibagian belakang baterai handphone atau juga bisa di dosbook. Catat nomor IMEI di kertas untuk memudahkan.

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)
IMEI bagian dalam baterai & IMEI di Dosbook

4. Masukkam 16 Nomor IMEI yang sudah anda catat tadi dibagian kolom tulisan IMEI 1- dan IMEI 2- yang tersedia di menu aplikasi chamelephon. Pastikan memasukkan IMEI dengan benar sampai Logo "X" berubah menjadi Logo Centang "√".

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)
Klik apply new IMEIs

5. Klik Apply new IMEIs, secara otomatis akan muncul notifikasi konfirmasi, lanjutkan dengan memilih tampilan hitam dengan tulisan yang menyuruh anda untuk shootdown atau restart ulang android anda. Ikuti saja dan langsung restart smartphone anda dengan menekan tombol power dan restart.

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)
Klik Change lingkaran biru

6. Setelah direstart, anda bisa mengecek kembali dengan cara dial *#06# , apakah nomor imei sudah terisi apa masih belum. Jika sudah maka selamat anda sudah sukses memperbaiki IMEI invailid.

 Cara Mengatasi Nomor Imei Android Kosong (Invalid)
IMEI 1 & IMEI 2

PENUTUP :

Itulah cara memperbaiki Nomor IMEI pada semua tipe Android dengan mudah. Nomor IMEI Ponsel merupakan identitas resmi yang dibuat oleh pihak pabrik dan tentunya Garansi HP anda akan hangus bila anda mengopreknya Nomor Serial ini. Oleh sebab itu anda tidak boleh asal-asalan mengubah Nomor seri dan harus sesuai pada nomor IMEI yang asli HP itu sendiri.

√ Beberapa faktor penyebab yang mungkin tidak bisa diperbaiki atau dikembalikan Nomor IMEI pada trik diatas sebagai berikut :
  • Android anda belum support aplikasi Chamelephone. Perlu diketahui bahwa trik diatas bisa diinstal bila jenis andrid anda memakai prosessor / chipset bernama Mediatek , bukan chipset Tegra, Snapdragon, atau bahkan Apple.
  • Belum melakukan Root android. Anda bisa mengecek dulu android anda sudah ter-root apa belum. Gunakan aplikasi Root Checker untuk mempermudah.
  • Kemungkinan besar, ada kesalahan sistem lain yang tidak bisa me-rewrite IMEI. Anda bisa Instal ulang / Flashing Smartphone terlebih dahulu.
  • Kerusakan Pada Hardware juga salah satu faktor penyebab IMEI tidak tembus atau sulit diperbaiki. Kerusakan IMEI yang sering terjadi disebabkan karena EMMC memori internal error.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Nomor IMEI Android Hilang (Invalid)"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel