Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC

LulusSmk.com - Gimana Caranya Flash Hp Samsung Untuk Semua Tipe ? Flash adalah mereset ulang sistem Os smartphone. Flashing secara umum adalah menginstal ulang atau menghapus dan mengisi ulang Frimware (StockROM) seperti baru lagi.

Pengguna atau tukang servis hp yang melakukan flashing samsung dikaranekan karena hp samsung yang di instal ulang terjadi bootloop (Tidak Bisa Masuk Menu) atau juga disebabkan karena ada file error atau rusak pada sistem operasi (Software) Android yang berperan penting untuk kinerja android.

Anda diharuskan flash ulang File sistem yang rusak atau hilang karena gagal root. Bisa juga disebabkan karena saat anda melakukan update versi android samsung jellybean 4.3 ke kitkat 4.4 ke lollipop 5.0 ke marshmallow 6.0 ke nougat 7.0 dan seterusnya.

Untuk flashing hp samsung harus dibekali beberapa alat dan bahan pendukung yang. Namun sebelum anda melakukan flashing hp samsung sebaiknya terlebih dahulu anda memperbaiki Hp samsung yang bootloop atau diam di logo cukup hanya me-reset ulang smartphone Samsung atau kembali kepengaturan awal pabrik melalui Hard Reset, untuk mengembalikan file sistem yang telah hilang karena gagal root tanpa harus flash menggunakan PC.

Kenapa Anda Ingin Melakukan Flash / Instal Ulang Hp Samsung ?
  • Bottloop (Gagal Booting)
  • Update & Downgrade Versi Android
  • Gagal Rooted
  • Salah Custom ROM
  • Hilang & Error Aplikasi System Android

# HARD RESET SAMSUNG

Persiapan dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan proses flashing samsung yaitu PC / Laptop yang terinstal Xp, Win 7, Win 8, Win 10 32/64 bit. Alat yang dibutuhkan adalah kabel data original samsung agar perangkat nantinya bisa terdeteksi oleh PC secara Optimal.

Sebelum melakukan tahap flashing alangkah baiknya anda gunakan trik berikut ini untuk memperbaiki Hp Samsung galaxy semua tipe dari mati suri / Bootloop tanpa flash. Anda bisa mereset ulang smartphone yang bootloop. Berikut langkah-langkah mereset ulang Smartphone Samsung untuk semua model tanpa PC menggunakan Hard Reset (Factory Reset) :
  • Siapkan dan pastikan daya baterai Samsung terisi minimal 50%.
  • Tekan dan tahan Tombol Vol Down + Power + Home secara bersaan.
  • Lepaskan semua tombol setelah Hp Samsung bergetar 
  • Secara Otomatis akan muncul layar peringatan, tekan tombol Vol Down.
  • Masuk ke menu Recovery, anda pilih Wipe Data Factory Reset, setelah itu pilih Yes.
  • Kembali ke menu recovery awal, pilih reboot.
  • Tunggu proses robot hijau selesai sampai Samsung Reboot otomatis dan masuk ke menu home (Waktu tunggu sekitar 5-10 menit).
Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC
Mode Recovery Samsung

# FLASHING / INSTAL ULANG SAMSUNG

Tahap diaatas merupakan trik termudah dan tercepat untuk mengatasi hp Samsung Bootloop agar bisa kembali normal seperti baru beli. Data dan file yang tersimpan di memori internal akan terhapus semua. Bila trik diatas masih belum mengatasi masalah anda, maka tahap yang diperlukan memang cara flashing samsung untuk mengembalikan files system Error yang berakibatkan Samsung gagal booting. Berikut Langkah-langkah Flash Hp Samsung Galaxy untuk semua tipe beserta gambarnya :

LANGKAH 1 : Download dan instal usb driver for Samsung di PC Anda.

Untuk drivernya anda bisa menginstal aplikasi pihak ketiga samsung kies exe dengan menyambungkan smartphone samsung anda ke komputer menggunakan kabel data, dengan begitu driver secara otomatis akan terinstal dengan sendirinya.
  • Kunjungi situs resmi Samsung atau download Driver Usb Samsung untuk mendapatkan driver yang support dengan komputer anda, misal usb driver samsung untuk win 7 32 bit atau 64 bit. 
  • Download Samsung Kies , bila driver belum terdeteksi maka anda perlu melakukan perbaruan aplikasi samsung kies exe.
  • Setelah driver diinstal dan pc anda mendeteksi adanya driver usb samsung maka disarankan untuk me-restart ulang komputer / PC.

LANGKAH 2 : Download dan ekstrak Stock ROM (Official / Original Firmware)

Untuk mendapatkan frimware atau stock ROM samsung  anda bisa masuk ke situs SamMobile, banyak pilihan ROM samsung yang bisa anda lihat disana. Anda harus mencarinya secara tepat dan sesuai dengan tipe , model dan versi baseband untuk frimware samsung bahasa indonesia yang cocok.

Berikut langkah mendownload frimware atau stock Rom samsung official original melalui situs SamMobile :

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC
Frimware Download SamMobile

Setelah selesai mendownload frimware, anda perlu men ekstrak file hasil dengan format zip (Unzip). Anda perlu mengeksraknya dengan aplikasi winrar / winzip untuk bisa membuka frimware. Didalam file tersebut terdapat beberapa file yang berekstensi *.bin, *.tar, atau *.tar.md5 yang digunakan untuk Odin Flash.

LANGKAH 3 : Download dan ekstrak Odin Flash di PC


Anda perlu tool Odin Flashing khusus smartphone Samsung yang bisa anda download secara langsung di Situs SamsungOdin.  bisa mendownload Odin V3.10.7 langsung dari SamOdin. Jika Smartphone anda Mediatek atau samsung replika, maka anda tidak bisa melakukan flashing dengan frimware official khusus Samsung Original. Anda perlu mencarinya di google untuk mendapatkan frimware samsung jenis replika.

Setelah Odin di ekstrak mengekstrak, anda tinggal membuka dengan cara klik kanan terus pilih "Open as Administrator".

LANGKAH 4 : Nyalakan Samsung Ke Mode Download

Ikuti langkah-langkah ini untuk masuk ke mode Download Mode / Odin
  1. Matikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume volume bawah , Tombol home dan Tombol power
  3. Lepas semua tombol jika ponsel bergetar, dan tunggu sampai muncul layar peringatan.
  4. Tekan tombol Volume atas untuk masuk ke mode Download, akan muncul layar gambar robot hijau. Itu tandanya smartphone samsung anda sudah siap untuk melakukan flasing, biarkan dan ikuti langkah berikutnya.
Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC
Mode Download Samsung

LANGKAH 5 : Sambungkan Samsung ke PC

Perangkat Samsung Anda harus terdeteksi secara otomatis oleh Odin. Lihat dibagian kolom ID: COM, jika memang usb port driver terpasang dengan baik maka anda akan melihat tulisan COM : 3 / 4 / 5, ( Nomor tersebut tergantung anda memasang port pada usb mana) dan disertai dengan warna background biru muda.

LANGKAH 6 : Menambahkan Frimware StockRom Samsung

Berikutnya, anda perlu menambahkan file frimware dibagian "PDA" atau "AP" , tergantung versi aplikasi Odin flash yang anda instal. Bagian "PDA" berfungsi untuk memasukkan file stockrom yang berformat *.md5. Cari dan tambahkan file hasil file ekstrak yang tadi anda download di SamMobile. Saat menambahkan file mungkin akan membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2 - 5 menit. Tunggu saja sampai muncul tulisan nama frimware *.md5 dibagian kolom PDA / AP.

Setelah selesai menambahkan file stockrom samsung , lanjutkan untuk melulai tahap flashing dengan cara klik bagian "Start" paling bawah sendiri antara Reset dan Exit.

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC
Tool Odin Flash

PERINGATAN : Proses flashing samsung membutuhkan waktu lumayan lama sekitar 15 - 20 menit. Proses ini anda tidak dianjurkan untuk melepas kabel data yang terhubung ke PC ataupun membuka aplikasi lain yang bisa membuat lama, error atau gagal flash. Tunggu saja sampai proses flashing selesai.

Ketika proses flashing selesai dan jika semuanya berjalan dengan baik, maka anda akan melihat kotak dengan background berwarna hijau besar diabagian kiri atas menu Odin. Anda juga akan melihat tulisan RESET, ( Samsung akan Restart secara Otomatis) setelah itu berganti dengan tulisan PASSED (Lepas kabel data yang terhubung ke PC).

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC
Sukses / Pass

NOTE : Jika flashing samsung gagal, Anda harus melakukan trik berikut ini? 

  • Perbarui driver ( Disarankan untuk menginstal Samsung Kies saja ).
  • Hidupkan Kembali atau Restart PC.
  • Jalankan Odin dengan klik kanan as Administrator. 
  • Coba kabel dat lain yang berbeda, Ganti dengan yang Ori atau yang lebih baik dan berkualitas lebih baik, serta ganti juga tempat port atau colokan USB (port utama disarankan) 
  • Download ulang file firmware, pastikan frimware tidak terjangkit virus serta sesuai dengan model perangkat Samsung Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Manual Lewat PC"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel