Penyebab & Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai

LulusSmk.com - Apa Baterai HP Smartphone Anda Cepat Habis ???, Baterai merupakan listrik utama HP yang mampu menyimpan dan menghidupkan HP Smartphone dalam waktu yang lebih lama. Pentingnya Batre pada Smartphone haruslah kita jaga agar Batre tersebut tetap awet untuk digunakan sehari-hari. Jika HP anda lowbat, itu disebabkan daya batre yang kekurangan energi dan harus diisi ulang. Bila anda menyayangi HP anda maka anda harus menjaga peran Batre sebagai fungsi utamanya kinerja HP.
Penyebab & Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai

Faktor Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Banyak pengguna Smartphone yang kesal, karena HP yang digunakannya cepat mati. Hal tersebut karena disebabkan oleh faktor daya Batre yang sudah lemah. Kemungkinan besar disebab oleh kesalahan pengguna yang memakai HP dengan cara yang tidak wajar. Berikut adalah faktor penyebab Baterai HP cepat habis :

*Banyak Aplikasi Yang Terinstal*

Sering sekali pengguna HP Smartphone memasang aplikasi yang tidak begitu penting hingga menumpuk sampai memakan RAM yang banyak. Bukan hanya RAM saja yang terbuang, Daya Baterai HP pun akan menjadi lemah karena faktor yang disebabkan oleh Aplikasi yang terinstal terlalu banyak.

*Membuka Aplikasi Secara Bersamaan*

Ketika HP yang anda pakai digunakan untuk membuka Aplikasi secara bersamaan akan menimbulkan overload sampai akhirnya HP atau Batre menjadi Panas. Pemakaian yang berlebihan tersebut bisa memperlambat kinerja HP serta menguras Daya Batre.

*Cahaya Layar Yang Terlalu Terang*

Penerangan lampu yang dihasilkan oleh HP itu sendiri merupakan salah satu penyebab Batre menjadi boros. Pengaturan cahaya layar HP yang terlalu terang, akan mempercepat 2X lebih besar daya baterai terkuras habis, karena daya yang dihasilkan oleh lampu memiliki tegangan volt yang paling tinggi.

*Charger Dan Kabel Tidak Sesuai*

Diwaktu pengecasan HP dengan alat Charger yang tidak sesui juga bisa menjadi penyebab Batre cepat habis. Charger yang tidak ori akan menimbulkan kekuatan Batre menjadi menurun serta membuat HP menjadi Overheat (Panas). Charger dengan Ampare yang besar bisa mempercepat presentase baterai penuh, namun pengsian tersebut tidak baik dan optimal. Sebaiknya gunakan Charger ori bila ada, kalaupun tidak punya anda bisa membeli Charger dengan kuwalitas yang sama baiknya.

*Bermain Game Dalam Waktu Yang Lama*

HP tidak hanya digunakan media komunikasi atau media sosial, saat ini HP Smartphone android bisa dijadikan media hiburan seperti main game. Terlalu lama bermain game bisa menjadi faktor penyebab Baterai cepat habis. Apalagi saat ini pengguna Smartphone bisa bermain game secara online dengan cara menghidupkan data internet. Tidak cuma batre saja yang menjadi boros, Hp pun akan lebih panas karena perangkat akan memaksa bekerja keras. Kinerja dan usia HP akan lebih cepat rusak karena lamanya bermain game online.

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis

Nah, sudah mengetahui beberapa penyebab baterai HP cepat habis, kan? Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasi agar penggunaan baterai HP bisa lebih awet untuk waktu yang lama? Tenang saja, ikuti langkah – langkah mudah berikut yuk..Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis:

1. Menonaktifkan Fitur Smartphone Yang Dibutuhkan

Smartphone mempunyai fitur penting seperti Data Seluller, Wifi, Hotspot GPS, Bluetooth dan lain-lain. Semua fitur tersebut sangat penting untuk membantu pengaksesan, namun tidak semua fitur tersebut anda gunakan setiap hari bila anda tidak mendesak mengaktifkannya. Menonaktifkan fitur yang tidak terpakai merupakan cara paling praktis untuk menghemat daya batre agar bertahan lama.

2. Mengatur Cahaya Layar Tidak Terlalu Terang

Pengguna Smartphone bisa mengatur pencahayaan layar semaunya. Mengatur cahaya dengan tingkat tinggi hingga 50℅ keatas dapat membuat baterai boros dan juga dapat merusak kesehatan mata. Memang sih saat anda diluar ruang membutuhkan cahaya layar yang tinggi supaya bisa terlihat. Jadi bila anda ingin baterai HP anda awet maka gunakan fitur pencahayaan otomatis agar bisa menyesuaikan tempat anda berada dengan sensor cahaya di Smartphone.

3. Mengatur Getar Atau Vibrasi Tidak Terlalu Banyak

Pengaturan Getar yang berlebihan bisa membuat Batre HP boros. Fitur Getar yang tidak penting bisa anda kurangi atau mematikan agar Baterai bisa lebih awet. Sebaiknya penggunkan fitur Getar dipakai di nada dering telepon atau alarm saja. Untuk notifikasi yang lain bisa anda matikan kalau memang tidak begitu penting.

4. Merungangi Pemasangan Widget Layar Depan

Pemasangan widget yang terlalu banyak akan membuat baterai HP boros, sebaiknya widget yang ada di home atau layar depan seperti jam analog/digital, calender, widget aplikasi seperti pemintas bisa anda hapus. Icon-icon pemintas dilayar home juga bisa anda hapus kalo memang jarang anda buka.

5. Mengganti Pemasangan Wallpaper Betuk Animasi

Pengaturan wallpaper yang bentuknya bergerak seperti *gif atau video akan membuat batre HP cepat habis. Sebaiknya gunakan wallpaper standard saja atau jika perlu pakai wallpaper foto anda sendiri yang berformat *jpg/*jpeg.

6. Mengatur Sleep Time Out Layar HP Tidak Terlalu Lama

Waktu sleep atau tidur di layar hp bisa anda atur sesuai selera. Namun jika anda mengatur sleep time out lebih dari 1 menit akan membuat HP cepat boros. Sebaiknya anda atur fitur sleep time out sekitar 1-30 detik agar pemakaian batre lebih optimal.

Itulah tips dan cara agar Baterai HP Smartphone Android tidak cepat habis / boros / rusak / panas. Manfaatkan fitur yang ada pada Smartphone anda sendiri. Hindari pemakaiain yang tidak wajar. Jika ada pertanyaan mengenai artikel diatas, anda bisa berkomentar dikolom bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab & Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel