Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

LulusSmk.com - Ponsel pintar bermerek samsung pasti punya kelemahan yang tidak anda ketahui. Kelemahan hp samsung yang paling viral yaitu di memori Ram yang terbuang habis. Memori Ram (Random Access Memory) pada hp fungsinya untuk menyimpan data sistem untuk sementara saja. Ram pada samsung dan hp lainnya memiliki kapasitas mulai mega byte (Mb) sampai dengan giga byte (Gb).

Fungsi utama Ram digunakan sebagai kecepatan mengakses data atau aplikasi yang dijalankannya, semakin besar ram maka semakin tinggi kecepatan performa hp tersebut. Macam-macam kapasitas Ram yaitu 256mb, 500mb, 756mb, 1gb dan seterusnya.

Sebagian kapasitas RAM pada hp tidak sepenuhnya kosong karena system pada hp itu sendiri sudah terpakai untuk aplikasi internal atau bawaan hp itu sendiri. Biasanya hp semua merek hp khususnya hp samsung memotong kapasitas Ram untuk system sebesar 20% Ram. Jika anda memasang app tambahan di hp maka otomatis Ram akan berkurang, semakin banyak anda memasang app tambahan, maka semakin berkurang kapasitas Ram. Berkurangnya Ram yang terpakai membuat hp tersebut semakin lelet untuk mengaksesnya.


 Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

Tidak Perlu Root Untuk Melegakan Ram

Banyak cara untuk bisa melegakan memori Ram pada hp dengan beberapa trik. Sebagian pengguna ponsel pintar melegakan Ram dengan cara me-Root terlebih dahulu. melakukan root bisa membuat hp cepat terkena virus, karena root sendiri dipakai untuk membobol atau membuka system dengan paksa.

Me-Root hp memang bisa melegakan Ram secara optimal sampai keakar-akarnya kalau anda tau cara menggunakannya, namun me-Root hp bisa berdampak buruk jika anda tidak paham cara pemakaiannya.


Langkah-langkah Melegakan Memori Ram Yang Penuh

Jadi anda tidak perlu root untuk memperbaiki dan melegakan Ram agar performa hp lebih stabil dan tidak mudah lelet atau leg. Anda disini hanya perlu melakukan beberapa trik khusus agar hp anda nyaman untuk digunakan tanpa ada resiko.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melegakan memori Ram hp samsung galaxy on5 atau j5 prime versi marshmallow dengan mudah dan praktis tanpa Root :


# Langkah Pertama (1) : Menonakftifkan aplikasi bawaan hp yang tidak penting dan jarang anda pakai.

1. Buka Aplikasi Setting Pada Menu Smartphone anda, disana ada berberapa pilihan fitur, pilih dan klik notivikasi.

Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

2. Pilih tingkat lanjut di pojok kanan atas (gambar no.1), pilih beberapa aplikasi yang ingin anda nonaktifkan. Buka aplikasi dan pilih ikon "i" (info).


3. Setelah itu klik paksa berhenti dan  nonaktifkan, selanjutnya pilih pemberitahuan -> dan pilih nonaktifkan notifikasi. Lihat penampakan gambar yang sudah saya setting dibawah ini :


Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

4. Lakukan tahap no.3 secara berkelanjutan. Pilih sebanyak mungkin aplikasi yang ingin anda nonaktifkan supaya memory Ram Hp semakin legah.

# Langkah Kedua (2) : Menonaktifkan pemberitahuan aplikasi yang tidak perlu, supaya aplikasi tidak terus menerus bekerja.

1. Masih di dalam setting -> notifikasi (langakah pertama, gambar no.1). disana akan nampak beberapa aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan yang anda pasang.

2. Pilih aplikasi yang ingin anda nonaktifkan, seperti aplikasi yang nampak pada contoh gambar dibawah ini.


Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya


# Langkah Ketiga (3) : Meningkatkan performa ram pada hp dengan aplikasi tambahan di playstore.

1. Buka playstore -> cari aplikasi "pemberhentian aplikasi" -> klik instal.


Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

2. Buka aplikasi tersebut, disana akan nampak beberapa pilihan aplikasi yang sedang berjalan. Pilih atau nonaktifkan aplikasi yang memang tidak diperlukan.


Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya

3. klik icon berwarna hijau (memberhentian terpilih). Maka anda bisa melihat hasilnya, Ram akan lega dengan dengan otomatis. lihat penampakan contoh gambar dibawah ini.


Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya


Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah untuk melegakan memori Ram dan mempercepat performa hp. Dari beberapa langkah diatas yang paling menojol adalah langkah pertama (1) dan kedua (2). Anda bisa melihat hasilnya jika melakukan beberapa langkah-langkah diatas dengan benar. Bila anda masih bingung dengan artkel ini, anda bisa bertanya dengan cara berkomentar dikolom bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Inilah Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel