Cara Menyambungkan Hp Android ke Layar Tv Dengan Usb Dan Wireless

LulusSmk.com - Apakah TV Bisa Disambungkan Dengan HP ??? Cangihnya alat teknologi sekarang, membuat banyak pengguna Hp Smartphone bertanya-tanya soal, Gimana Cara menyambungkan Tv lewat Hp?. Cara koneksi Hp ke Tv bisa dilakukan, jika Hp Android yang anda gunakan support OTG, Wifi/Hotspot dengan spesifikasi yang cukup. Jika dirasa Hp anda mampu terkoneksi dengan Tv ,maka ikuti penjelasan berikutnya dibawah ini.

Hp dan Tv merupakan teknologi  media hiburan untuk keseharian seseorang. Hp yang ukuran layarnya 5-6 inchi bisa disambungkan ke Tv dengan Layar 24-32 inchi dengan beberapa settingan dan alat bantuan sederhana. Anda bisa melihat dengan puas tampilan hp anda di layar televisi yang lebar.

Manfaat bila Hp anda terhubung ke Tv banyak sekali. Alternatif ini bisa berguna untuk pengguna smartphone yang tidak puas dengan resolusi ukuran layar yang terlalu kecil. Mata anda bisa lebih lega ketika TV anda menampilkan beberapa fitur dari Hp seperti menonton Youtube video streaming, Chatingan Messangger Media sosial, Video Call, serta bermain Game layaknya anda main PlaStation (PS).

NOTE : Cara Dibawah Ini Bisa Dilakukan Apabila Spesifikasi TV Anda Moder Dan Terbaru Yang Sudah Support HDMI, Wireless, Atau Miracast

Jika anda sudah paham dan mengerti tentang penjelasan dan syarat diatas, maka anda bisa melanjutkan membaca beberapa trik dan cara menyambungkan Hp ke Layar Tv dengan beberapa settingan dan alat tambahan dibawah ini :

1. Memakai Kabel HDMI Untuk Menyambungkan HP Ke Tv

Menggunkan Kabel Hdmi agar bisa tersambung ke Tv tidak terlalu sulit. Cara dan trik ini hanya memerlukan kabel khusus yaitu kabel HDMI yang bisa anda cari di konter atau toko elektro. TV yang ada dirumah anda harus ada colokkan usb yang nantinya di pakai untuk menyambungkan kabel HDMI.


Pemasangan dan instalasi menggunakan kabel HDMI sebagai alat utama untuk koneksi HP ke Tv diperlukan kabel dengan panjang 2-3 meter. Hp yang tersambung ke Tv akan otomatis charging dengan sendirinya. Layar resolusi dari hp ke tv dimaksimalkan dan umumnya harus support full HD 1080 pixel, supaya ketika layar tampil di Tv bisa terlihat jelas tanpa pecah atau buram. Berikut adalah cara instalasi atau penyambungan Hp ke Tv menggunakan kabel HDMI :
  • Matikan Tv -> Sambungkan HP Android ke TV dengan Kabel HDMI -> Hidupkan Kembali TV.
  • Aktifkan / Beri Centang pada opsi HDMI Connection ( Pastikan Hp android anda dalam kondisi terkunci agar mudah mengaturnya)
  • Jika Tv anda muncul tampilan seperti Hp anda, anda bisa menggati posisi layar menjadi landscape supaya tampilannya di tv menjadi penuh.
 

2. Memakai Wireless Untuk Menyambungkan HP Ke Tv

Menggunakan fitur wireless merupakan cara yang paling praktis dari pada dengan cara yang lainnya. Beberapa Tv dengan merek dan tipe terbaru sekarang banyak yang sudah support Wireless. Alat tambahan yang dibutuhkan yaitu USB Wirelles, anda bisa membelinya ditoko Komputer dengan harga -+100 ribuan.



Fitur yang dibutuhkan untuk menyambungkan Hp ke TV menggunakan Wireless bisa anda coba dengan melakukan beberapa settingan yang ada di hp Android anda. Selain dari hp anda juga harus melakukan setting di televisi. Pastikan TV yang ada dirumah anda support wireless, karena jika tidak maka anda tidak akan bisa menikmati layar tancap dari hp ke tv. Untuk langkah-langkah pengaturannya anda bisa melakukan trik sebagai berikut :

Pengaturan Dari HP android :

  • Masuk ke menu setting Wireless -> Network -> More Setting -> selanjutnya tinggal pilih opsi All Share Cast
  • Di menu Connect And Share -> pilih opsi Screen Mirroring-> Tunggu scanning, sampai muncul tampilan nama dan merek TV anda -> Pilih OK supaya bisa terhubung ke layar TV anda

Pengaturan Dari TV :

  • Pengaturan menggunakan Remote control -> Tekan tombol Source -> Pilih opsi Screen Mirroring -> Tunggu Sampai Muncul Hp Yang Ditemukan -> Aktifkan fitur Miracast yang ada di Hp.
  • Setelah itu, HP yang anda gunakan sebagai host akan memiliki fungsi layaknya chromecast. Dengan begitu tampilan pada ponsel android anda akan nampak pada layar TV.

NOTE : Beberap Pengaturan /Setting Diatas Kemungkinan Besar Tidak Sama Persis, Oleh Sebab Itu Anda Pastikan Bisa Menyesuaikan Sendiri Tahap-tahapnya Untuk Menghubungkan HP Ke PC Dengan Bantuan Buka Panduan Televisi Anda.

Itulah cara praktis menghubungkan Hp ke Tv tanpa perantara dan tambahan aplikasi serta alat lain jika anda memakai wirelles dan micro kabel HDMI. Anda perlu alat khusus yang banyak dijual ditoko elektro atau komputer. Selamat menikmati tampilan layar dari Hp ke Tv dengan resolusi HD. Jika ada pertanyaan mengenai cara artikel cara menghubungkan Hp ke Tv diatas, anda bisa bertanya dikolom komentar bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Cara Menyambungkan Hp Android ke Layar Tv Dengan Usb Dan Wireless"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel