Cara Mengatasi Aplikasi Apk Tidak Terpasang Di Android

Selesai Download, Apkikasi Malah Gagal Terinstal Di Android ?

LulusSmk.com - Memecahkan masalah yang sering terjadi pada pengguna Smartphone Os Android. Gagal instalasi *apk file yang corupt atau rusak sering terjadi saat anda mendownloadnya dari Playstore atau dari Web di google.

Saat anda mendownload apalagi file *apk yang anda unduh berkapasitas besar dan memakan kuota banyak, namun saat menginstalnya file tersebut malah rusak dengan ada notifikasi pesan error muncul seperti "aplikasi tidak terpasang", ini yang membuat anda merasa marah dan kesal bukan.

Tenang, kali ini saya kasih solusi cara mengatasi *apk yang tidak bisa terinstal dengan mudah tanpa harus mendownload ulang smartphone. Sebelum mencari solusi memperbaiki aplikasi tidak terinstal sebaiknya anda ketahui dulu penyebab dari *apk tidak terinstal di Android anda.


 Cara Mengatasi Aplikasi Apk Tidak Terpasang Di Android


PENYEBAB APLIKASI TIDAK TERPASANG SAAT INSTALASI

Jika anda mendapatkan masalah tentang pemasangan Aplikasi yang Error serta tidak bisa dibuka itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kalau anda belum mengenal lebih paham tentang File *apk, mari kita bahas bersama-sama.

*apk merupakan file mentah yang hanya bisa dibuka dengan Smartphone berOS (Sistem Operasi) Android. Jika anda menggunakan Ponsel IOS atau Microsoft kemungkinan besar file tersebut tidak akan bisa dibuka. Pengertian file *apk rusak dan tidak dipasang diAndroid memang bisa terjadi, karena ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut adalah 4 penyebab "Aplikasi Tidak Terpasang" di Android :


1. Memori Penyimpanan Internal Penuh

Kapasitas memori internal digunakan sebagai penyimpanan data pada seperti file cache dan file sistem. Pengguna sering sekali menginstal aplikasi dan banyaknya aplikasi yang dipasang membuaat kapasitas memori penyimpanan internal menjadi penuh. Aplikasi yang ingin anda instal tidak ada ruang penyimpanan dan membuat aplikasi tidak terpasang.


2. Aplikasi Rusak Atau Kadaluwarsa

Masalah kedua dan juga masalah yang cukup sering dijumpai oleh para pengguna Android adalah rusaknya aplikasi yang telah di download. Hal ini seperti ini basanya terjadi ketika Anda sedang mendownload aplikasi dari google Playstrore yang disediakan di android.

Namun banyak pula pengguna android memilih untuk mendownload aplikasi melalui web pencarian google. Pencarian file aplikasi mentah yang ada di google bisa diinstal, akan tetapi tidak semua file apk tersebut cocok pada android anda. Bisa jadi file yang anda download sudah rusak atau corupt (kadaluwarsa).

3. Lokasi Penyimpanan Aplikasi

Jika anda mengunduh aplikasi dan saat anda membukanya, aplikasi yang anda instal rusak atau keluar dengan sendirinya. Anda disuruh untuk download ulang, namun setelah download tetap dengan hasil yang sama.

Ada beberapa aplikasi yang memang harus disimpan di Sdcard. Hal seperti ini memang jarang diketahui orang karena ada file-file pendukung lainnya yang memang perlu ditambahkan ke memori sdcard.


4. Aplikasi Tidak Cocok Dengan Versi Android

Smartphone Android mimiliki beragam versi. Urutan daftar Versi Android dirilis yaitu mulai dari versi Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair(2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0+), hingga yang terbaru adalah Nougat (7.0+) dan selanjutnya versi android terbaru yang ditunggu-tunggu adalah Android O (8.0+).

Aplikasi yang anda instal kemungkinan besar tidak akan bisa dipasang jika aplikasi itu sendiri tidak cocok dengan Versi Android yang anda genggam. Namun bila Versi Android anda termasuk baru, maka semua aplikasi versi lama pun bisa di pasang di Android anda.


CARA MENGATASI APLIKASI TIDAK TERPASANG DI ANDROID

Selanjutnya, bila anda sudah paham tentang penyebab "Aplikasi tidak terpasang", maka tahap kedua yaitu bagaimana cara mengatasinya. Untuk menyingkat waktu, berikut adalah tips dan trik bagaimana mengatasi Aplikasi error dan muncul pesan "Aplikasi Tidak Terpasang" :


1. Perbarui Aplikasi Di Playstore

Tahap pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan cara memperbarui Aplikasi yang tidak bisa di instal melalui Playstore. Kemungkinan besar bahwa Aplikasi tersebut tidak cocok atau aplikasi tersebut ada rilis terbaru yang harus anda download di Playstore. Download atau unduh aplikasi Aplikasi dengan nama yang sama, bila memang ada pembaruan baru, coba anda pasang.


2. Pencopotan Aplikasi

Langkah kedua yang harus anda lakukan jika sudah memasang aplikasi namun saat anda membukanya terjadi error, maka anda bisa langsung mencopot aplikasi. Sebelum mencopot aplikasi lebih baik anda backup dulu aplikasi tersebut dengan cara mendownload "App Backup & Restore" di Playstore.

Setelah anda membackup Apk mentah dan sudah tersimpan si SDcard selanjutnya anda bisa mencopot Aplikasi tersebut melalui Menu Pengaturan.


3. Menghapus File Cache Aplikasi

Untuk menghapus File Cache di Android cukup mudah. Tujuan Menghapus file ini berfungsi untuk membersihkan sampah-sampah yang tersisa setelah anda menginstal Aplikasi. Buka File Manager atau Menu Eksplorer dan cari Folder bernama Android -> Data -> cari file aplikai yang sama persis dengan Apk yang sudag anda uninstal tadi.

Namun untuk lebih mudahnya adna bisa menghapus data  File cache disaat anda mencopot aplikasi seperti contoh gambar dibawah ini.


4. Reboot Smartphone Anda

Tahap keempat setelah anda mencopot dan membersihkan sampah berkas Aplikasi, maka selanjutnya anda bisa merestart ulang (Reboot) Smartphone. Tujuannya, agar Smartphone lebih optimal kembali serta aplikasi yang anda buang tadi lebih bersih.


5. Pasang Atau Instal Kembali Aplikasi

Setelah anda merestart ulang Smartphone, maka selanjutnya anda bisa memasang kembali Aplikasi yang sudah anda Backup tadi yang sudah tersimpan di SDcard. Saat instalasi usahakan file *apk belum ada di menu dengan nama dan Aplikasi yang sama. Instal Aplikasi dan tunggu sampai aplikasi terpasang sukses. Jika masih muncul notifikasi atau pesan error "Aplikasi Tidak terpasang". Maka ikuti dan baca tahap keenam berikut ini.


6. Cari Aplikasi Pengganti Secara Manual

Aplikasi yang tidak dapat terinstal diAndroid bisa jadi karena memang tidak boleh dan tidak memiliki ijin download Playstore. Jangan bersedih, karena ada jalan lain untuk mencari aplikasi yang cocok untuk Android anda yang bisa diunduh gratis melalui pencarian google.

Disana banyak beragam Aplikasi dengan tingkat versi yang berbeda-beda, mulai dari aplikasi *apk lama sampai yang terbaru bisa anda pasang secara gratis. Cobalah mencari file *apk mentah dari Browsing Internet di Google crhome, UC Browser, Opera dan lainnya.


7. Factory Reset Smartphone Anda

Jika beberapa tahap diatas masih belum juga berhasil maka anda harus riset android anda ke pengaturan pabrik. Untuk tahap ini usahakan file atau data yang penting, sebaiknya anda pindah di SDcard semua, karena ditahap ini semua file dan data yang tersimpan di memori Internal akan kembali seperti baru saat anda beli. Dan isi dalam Smartphone pun akan ikut bersih termasuk isi sms, chat, log telpon, daftar kontak, dan Aplikasi tambahan seperti Bbm, WA, Facebook dan lainnya akan terhapus.

Setelah selesai Reset Ulang (Factory Reset) atau kembali ke pengaturan pabrik maka tahap selanjutnya anda bisa mengulangi langkah --> NO.5 DIATAS. Jika masih saja bandel muncul pesan "Aplikasi tidak terpasang", maka ikuti tahap berikut ini.


8. Recovery Atau Flash Ulang Smartphone 

Di tahap ini tidak semua orang mengerti bagaimana Flash Ulang Smartphone?. Untuk Flash Ulang memang memerlukan Laptop atau Pc serta Kabel Data. PC juga memerlukan beberapa file pendukung Flash seperti Driver Android, Frimware serta Tool Flash. Namun jika anda bingung apa yang saya bahas di tahap NO.8 ini, tidak perlu cemas karena masih ada cara lain selain Flash Ulang yang fungsinya juga sama seperi NO.7.

Anda bisa Reset Smartphone dengan Cara menekan Tombol Rahasia untuk menuju ke "RECOVERY". Di menu Recovery terdapat pilihan Wipe Data Factory Riset yang sama berfungsi pada tahap NO.7 diatas. Namun ada pilihan tambahan saat anda berada di Menu Recovery yaitu Wipe Cache ,inilah yang bisa anda pilih jika tahap NO.7 masih saja sama.

Penutup

Itulah beberapa Penyebab serta cara mengatasi notifikasi atau pesan error "Aplikasi Tidak Terpasang". Jika tips dan trik diatas masih saja tidak berbuah hasil, kemungkinan besar disebabkan oleh Hardware. Kerusakan di Hardware yang satu ini terjadi karena IC yang sudah tidak bisa membaca atau menulis yaitu EMMC. Untuk kerusakan Emmc lebih baik ditangan pada teknisi Smartphone yang ahli, karena kerusakan tersebut terbilang parah.

Beberapa penjelasan diatas semoga bisa membantu anda dalam memperbaiki masalah pada Smartphone Android. Jika ada pesan atau kritikan mengenai Artikel diatas, anda bisa berkomentar di kolom bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel