Cara Memperkuat Sinyal HP Yang Lemah Dengan Mudah

Sinyal di Smartphone anda lemah bahkan sampai hilang tidak ada jaringan, bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Kekuatan sinyal tergantung oleh jenis SIM Card Provider yang anda gunakan seperti Indosat, Telkomsel, Axis, Xl, 3 dan Smartfreen. Pemilihan kartu sim card provider sangat penting, supaya nanti anda tidak kecewa, karena masalah sinyal.

Jaringan Sinyal sangatlah penting bagi pengguna Smartphone. Tanpa adanya Sinyal , anda tidak akan bisa melakukan beberapa aktifitas penting seperti menelpon, sms, chattingan, main game online atau sekedar browsing internet yang sangat membutuhkan jaringan sinyal baik.

Ketika anda memakai kartu dari provider yang jangkauan sinyalnya baik, maka mungkin anda tidak kecewa apalagi jaringan provider yang anda pakai sudah 4G LTE, maka anda bisa menikati internet yang paling kencang dan menelpon tanpa gangguan sinyal yang terputus.

Namun sebaliknya, jika operator yang anda gunakan memang sinyalnya jelek dan cuma bisa menjangkau jaringan 3G/H+, maka standar saja dan bisa dikatakan stabil. Namun apalah daya, kalau jaringan sinyal yang didapatkan cuma Edge yang jelek banget dan mudah hilang tiba-tiba, maka jangan salahkan operatornya dong!.
Baca Juga :Cara Terlengkap Cek Paket Internet All Operator
Semua provider layanan yang anda pakai memiliki kekuatan sinyal yang berbeda-beda, itupun juga tergantung tempat lokasi keberadaan anda sekarang. Oleh sebab itu, jangan marah-marah kepada sinyal dulu, apabila anda memang berada dilokasi yang jauh dari jangkauan tower provider.

Namun, sinyal lemah juga bisa bukan diakibatkan oleh jaringan itu sendiri lho!. Sinyal lemah, hilang, trobel ataupun tidak ada jangkauan, juga bisa diakibatkan oleh kerusakan Smartphone, entah itu dari software ataupun hardwardnya.

Berikut ini beberapa faktor yang membuat sinyal hp smartphone anda lemah, atau hilang :

1. Lokasi Yang Tidak Memadai Adanya Sinyal Hp

Penyebab pertama yang membuat sinyal pada hp anda lemah, yaitu karena faktor lokasi atau tempat daerah anda yang memang tidak bisa menangkap sinyal dengan baik.

Tempat anda mungkin didaerah pelosok yang membuat sinyal anda lemah, atau mungkin anda sedang berpergian ketempat yang jauh dari keramaian seperti di hutan, pantai dan juga pegunungan.

Lokasi tempat yang tertutup juga bisa menjadi lemahnya sinyal pada hp, kemungkinan besar anda berada di lokasi dalam gedung yang padat dengan dinding-dinding didalamnya.

2. Adannya Masalah Atau Kerusakan Pada Sistem Software Atau Hardware

Sinyal hilang, lemah, ataupun tidak ada jaringan yang disebabkan oleh software pada smartphone bisa diketahui dengan mudah. Trik mengetahui sinyal hilang bisa anda lakukan dengan masuk Dial Phone dan ketikkan *#06#. Kode tersebut dapat mengetahui nomor seri / IMEI Hp anda masih ada atau kosong.

Imei pada smartphone tidak boleh kosong, sebab itu merupakan nomer seri untuk mendeteksi sinyal/sim suatu provider. Apabila Smartphone anda tidak mendeteksi SIM, maka mungkin nomor IMEI sudah rusak.
Baca Juga :Cara Mengatasi Nomor Imei Android Hilang (Invalid)
Cek nomor IMEI anda dengan dial phone  *#06#, dan lihat informasi yang muncul serta cocokkan pada Dos BOX. Kalau nomor Sim1 dan Sim 2 sudah terisi 16 kode angka, maka Imei anda aman. Namun jika nomer IMEI kosong/null/invailid ataupun nomor imei yang muncul tidak sesuai dengan DOS BOX, maka anda perlu perlu mencari trik memperbaiki nomor IMEI Android.

Untuk mengembalikan Nomor IMEI hilang atau Null, bisa diatasi dengan cara mudah dulu. Cobalah dulu mereset pabrik (kembali ke pengaturan awal) pada hp anda. Nah, apabila trik itu masih tidak mempan, maka jalan keluarnya dengan cara flashing ulang/Instal ulang melalui PC.

Bila anda sudah melakukan tahap diatas, namun hasilnya masih tetap saja, dan sinyal masih hilang, maka permasalahan itu bisa terjadi karena hardware atau komponen sinyal yang ada didalam smartphone sudah error/rusak.

Kerusakan atau masalah sinyal yang dikarenakan hardware seperti switch sinyal (antena sinyal) yang putus atau kekurangan tegangan. Namun bila anda tidak mampu memperbaikinya, maka masalah itu harus ditangani oleh orang yang ahli.

3. Masalah Pada Kartu SIM

Sinyal tidak muncul atau sim tidak ada jaringan itu juga bisa disebabkan oleh kartu sim yang sudah rusak. Sim yang rusak seperti kuningan yang sudah buram dan menghitam. Namun itu jarang terjadi.

Jangan dulu memvonis bahwa hp anda yang rusak, lihatlah kartu sim dan tempat (konektor) kartu sim pada hp. Coba menggati kartu sim dengan yang baru, atau juga bisa saling menukar kartu sim pada hp teman anda.

Bila memang masalah sinyal tidak muncul karena kerusakan kartu sim atau sim sudah tidak aktif, maka anda perlu mengganti sim yang baru. Namun apabila kartu sim anda baik-baik saja maka itu sudah pastu kerusakan pada software atau hardware didalam hp.

Langkah-Langkah Mengatasi Sinyal Hp 4G/3G Android Lemah

Jika anda sudah tahu faktor yang menyebabkan sinyal anda lemah, maka selanjutnya mempelajari bagaimana mengatasi sinyal yang lemah tanpa harus root, maupun oprak-oprek sistem android.

Note : Trik dibawah ini cuma bisa meningkatkan sinyal pada hp android yang lemah saja, apabila masalah sinyal hp anda disebabkan oleh Software atau IMEI yang rusak, maka cara ini tidak bisa membantu. 

Bagi pengguna Smartphone yang signal jaringannya lemah, jangan kawatir!. Anda bisa mengatasinya dengan mudah tanpa harus pergi ke tukang servis. Ada jalan keluarnya, yaitu dengan menambah daya kekuatan antena jaringan.

Trik ini sangat disarankan untuk kalian yang tempat tinggalnya di pedesaan atau luar kota yang sinyalnya sedikit/lemah. Mengatasi sinyal hp lemah dengan memaksimalkan penangkapan sinyal untuk semua jenis operator.

Berikut adalah cara memperbaiki sinyal lemah dan menambah kekuatan sinyal pada hp yang sering hilang/tidak ada jaringan :
Baca Juga :Cara Ampuh Lock Jaringan 4G LTE Samsung

Persiapkan Alat Dan Bahannya

Alat dan bahan-bahannya cuma sedikit dan murah sekali, anda bisa membeli bahan penambah sinyal tersebut di toko elektronik. Bahan dan alat yang harus anda siapkan adalah :
  • Hp atau Smartphone anda
  • Timah kawat
  • Pisau
  • Isolasi Hitam


Langkah-Langkah Menambah Dan Mengatasi Sinyal Lemah

1. Langkah pertama, Matikan hp. buka penutup belakang hp, dan cabut semua sim dan memori card.

2. Potong timah kawat dengan pisau secukup mungkin sekitar 10cm (Untuk panjang pendeknya bisa anda sesuaikan dengan hp anda sendiri).

3. Potong runcing (lancip) pada ujung timah dengan pisau (Fungsi ujung timah yang lancip agar nantinya timah bisa menepel dengan pas di switch antena sinyal).


4. Tancapakan Ujung lancip yang anda potong tadi ke switch antena dan tarik secara lurus ke atas (Anda bisa melihat gambar contoh dibawah ini).


5. Tutup dengan rapat switch antena tersebut dengan isolasi hitam agar tidak mudah lepas (Potong isolasi secukup mungkin)

6. Jika semua sudah rampung, pasang kembali sim dan memori anda, tutup kemabali kasing tadi dan nyalakan hp anda.

7. Tunggu sinyal keluar, dan lihat hasilnya. Apakah sinyal di dalam hp anda ada perbedaan dari sebelumnya?.


Penutup

Penambahan dan mengatasi sinyal yang lemah sangat mudah sekali. Apabila langkah-langkah diatas masih tidak ada perubahan, kemungkinan besar ada masalah lain yang membuat sinyal tersebut lemah.

Mungkin share artikel kali ini sudah cukup. Semoga anda paham apa yang saya bagikan di artikel cara menambah dan memperkuat sinya ini. Bila ada pertanyaan, isi kolom komentar di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Cara Memperkuat Sinyal HP Yang Lemah Dengan Mudah"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel