Cara Ampuh Lock Jaringan 4G LTE Samsung

LulusSmk.com - Internet saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna Smartphone, Tak jarang provider atau penyedia jasa saat ini saling berebutan  komsumen untuk mejual Paket data Internet. Apalagi berkembangnya teknologi yang pesat di Indonesia layanan penyedia jasa sudah meluncurkan jaringan Internet terbarunya dari dari jaringan berbasis 3G menjadi 4G.

Kemampuan dan kecepatan yang bisa dihasilkan ketika pengguna berselancar dan download melalui Aplkikasi Browser dengan jaringan 4G LTE bisa sampai 100mb hingga 300mb/second.

Terkadang ada juga pengguna yang sempat penasaran bagaimana agar jaringan data internet tetap berada di posisis 4G, supaya kecepatannya bisa stabil. Posisi jaringan 4G saat dihidupkan bisa beralih kejaringan 3G dan 2G karena sinyal GSM yang lemah. Hal ini bisa membuat anda merasa terganggu saat anda mencoba streaming Video atau Mendownload dengan kecepetan rendah dan turun secara drastis.

Nah, Itulah sebabnya saya menjelaskan Cara Lock Jaringan 4G Di Android. Sebelum anda bisa bisa menikmati jaringan 4G secara stbil diposisi tetap dan tidak berpindah atau beralih kejaringan lain, sebaiknya anda ketahui dulu syarat wajib agar Smartphone anda bisa Lock jaringan 4G.


 Cara Ampuh Lock Jaringan 4G LTE Samsung

Syarat Lock Jaringan 4G 

1. Smartphone Anda sudah terbaru dan sudah Support Jaringan 4G LTE. Kalo belom support maka solusinya yaitu beli HP baru 😁.

2. Kartu Sim GSM yang anda pakai harus upgrade 4G LTE, jika belom anda beli kartu baru di Outlet atau jika tidak mau ganti nomor bisa upgrade ke tempat penyedia layanan seperti Grapari (Telkomsel), Galery Indosat (Indosat).

3. Lokasi Tempat anda sudah tersedia Sinyal 4G LTE. Pada umumnya, tempat yang sudah ada jaringan 4G di kota-kota besar seperti daerah Jabotabek, surabaya dan lain-lain. Jika tempat anda belum tersedia, anda bisa pindah ke kota 😉.


Tips Dan Trik Lock Jaringan 4G Di Android

Jika persyarat diatas sudah anda pahami dan anda penuhi, maka selanjutnya yaitu bagaimana mngunci jaringan 4G agar tidak beralih kejaringan 3G dan 2G. Untuk melock jaringan 4G sebenarnya cukup mudah, anda hanya melakukan beberapa settingan di ponsel pintar anda sendiri.

Sebagai contohnya saya menggunakan Smartphone Model Samsung J5 prime Versi Android Marhsmallow. Berikut adalah langkah-langkah cara lock jaringan 4G LTE:

1. Melalui Menu Setting / Setelan (Pengaturan)

Masuk dan klik menu "Pengaturan" -> pilih "Pengaturan Koneksi Lainnya" -> Pilih "Jaringan Seluler" -> klik "Mode Jaringan" -> Pilih "Hanya 4G" / "4G Only" .

2. Melalui Menu Panggilan Dial SSD

#KODE SSD PERTAMA : Pilih menu Panggilan Telepon seperti anda mau cek pulsa, Ketik  *#*#4636*#*# Atau *#*#3646633*#*# ,otomatis masuk ke menu Service Mode -> Pilih "Informasi Perangkat" -> Roll kebawah dan klik "Set Preferred Network" Ganti "WCDMA Preferred" menjadi "LTE ONLY".

#KODE SSD KEDUA : Pilih menu Panggolan Telepon seperti KODE PERTAMA diatas. Ketik *#0011# , maka otomatis masuk kemenu Service Mode -> Pilih "Lainnya" dipojok kanan atas dan Klik "Back" -> Pilih "Lainnya" lagi dan Klik "Key Input" Ketik atau masukkan "Q0000" -> Tunggu 15-20 dtk -> Pilih "Debug Screen" -> Pilih "Phone Control" -> Pilih "Network Control" -> Pilih "Band Selection" -> Pilih "Band Selection SIM 1" -> Pilih "LTE1 Band" -> Pilih "LTE ALL" -> Selesai

Lihat hasilnya, apakah Signal Jaringan anda terkunci di posisi 4G atau masih beralih ke Jaringan 3G / 2G ???. Untuk cara diatas cukup mudah sekali, namun ada banyak pengguna yang masih bingung dengan cara Lock Jaringan 4G LTE menggunakan Kode SSD. Tidak semua jenis Smartphone sukses dengan menggunakan cara diatas, karena versi Android berbeda-beda.

Jika kedua kode diatas masih gagal anda coba, kali ini saya akan memberi cara ampuh yang pasti bisa untuk Lock Jaringan 4G. Disini saya menggunakan Smartphone Model Samsung On 5 / J5 Prime versi Android Marshmallow yang gagal dengan menggunakan panggilan kode SSD diatas. Kalau masalah anda dengan saya maka coba gunakan cara Lock Jaringan 4G menggunakan Aplikasi *Apk berikut ini :

3. Menggunakan Aplikasi 4G LTE SWITCH

Untuk menggunakan trik ini memang gampang-gampang susah, karena anda wajib melakukakan pengembangan Android dan ROOT terlebih dahulu. Disini saya tidak memaksa anda melakukan Rooted pada Smartphone kesayangan anda karena banyak resiko yang bisa membuat Smartphone anda Botloop atau gagal booting. Namun bila Smartphone anda sudah ter Root maka anda bisa mencoba Aplikasi 4G LTE Switch ini untuk Lock Jaringan 4G.

  1. Download Aplikasi 4G LTE Switch di Playstore
  2. Jika Sudah terpasang, Lakukan Setting Pengembangan di Menu Setelan/Pengaturan -> Pilih "Tentang Perangkat" di bawah sendiri -> Pilih "Informasi Perangkat Lunak"Tab 5X di "Nomor Versi" sampai muncul pesan "Anda Menjadi Pengembang" -> Back ke menu pengaturan dan disitu ada fitur "Pengembangan" -> Pilih dan aktifkan "Otoritas Tampilan Perangkat Nirkabel".
  3. Jika tahap diatas sudah selesai anda lakukan tinggal anda Buka Aplikasi 4G LTE Switch dan Aktifkan 4G Only.

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah cara untuk Lock Jaringan 4G agar tidak beralih ke jaringan 3G / 2G di Smartphone. Jika cara diatas sukses anda lakukan, maka selamat anda sudah menimati jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE 👍.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel