7 Kunci Sukses Bagi Pelajar Di Usia Muda

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menjadi Siswa Yang Sukses ?

Siswa yang sukses mampu memusatkan perhatiannya ketika pelajaran mulai diterangkan oleh gurunya. Mamun sementara itu, beristirahat dan bersantai juga hal yang terpenting untuk menyegarkan otak atau pikiriran seorang siswa.

Anda bisa mengatur waktu dengan bijak, antara belajar dan refreshing. Anda juga bisa membuat jadwal pribadi antara belajar dan bersantai. Siswa yang sukses juga tahu bagaimana bersenang-senang, dan bagaimana mendapatkan pengetahuan.

Pengetahuan baru bagi seorang siswa sangat dibutuhkan, memiki pengetahuan yang banyak dan luas bisa membuat siswa tersebut menjadi sukses, dan kesuksessan siswa bisa dinikmati ketika dia lulus dari sekolah. Berikut adalah 7 hal yang paling dianjurkan kepada semua siswa yang ingin sukses.

7 Kunci Menjadi Siswa Sukses Yang Wajib Anda Tahu

Kunci sukses seorang siswa pelajar tentu dari diri sendiri. Menacari kunci sukses sangat mudah dan semua siswa pasti bisa berkesempatan untuk menjadi siswa atau siswi yang sukses. Masa depan anda dimulai dari sekarang, oleh sebab itu carilah motivasi yang bisa menuntun anda untuk bisa meraih mimpi anda sendiri.

Sumber gambar : sdpangudiutami.ypiisemarang.sch.id

Berikut adalah 7 kunci kesuksessan bagi seorang pelajar SMA atau SMK :

1. Jadikan Pelajaran Sebagi Prioritas Utama

Jadikan pelajaran Anda sebagai prioritas utama. Siswa yang sukses tahu bagaimana cara sukses karena dia telah menjadikan studi atau pelajarannya sebagai prioritas paling utama. Meskipun studi bagi siswa terbilang penting, namun seorang siswa juga harus bisa menyediakan waktu untuk teman, keluarga, kegiatan ekstrakurikuler, dan bahkan beberapa waktu pribadi lainnya.

Anda tidak boleh mengabaikan waktu yang Anda habiskan untuk belajar terus menerus. Jika Anda merasa belum siap menghadapi ujian besar, maka mungkin anda harus melewatkan kegiatan lain dan selalu fokus pada materi pelajaran. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan pernah bisa melakukan kegiatan yang lain. Anda harus mengenali lagi bahwa belajar harus berada di urutan teratas dari daftar jadwal anda.

2. Menentukan Waktu Saat Belajar

Jadilah tepat waktu. Kembangkan kebiasaan untuk menilai waktu untuk belajar layaknya anda mencari cara supaya bisa sampai di tempat yang Anda inginkan tepat waktu. Sebenarnya, Anda harus merencanakan sedikit lebih awal saat kemana Anda pergi sehingga Anda punya waktu agar anda bisa lebih fokus, dan siap untuk belajar. Waktu belajar seharusnya memiliki jadwal tersendiri, dalam hal ini anda pasti bisa meluangkan waktu kapan untuk fokus belajar, bergurau dan kapan untuk bersenang-senang.

Untuk memudahkan anda agar bisa jadi siswa yang rajin dan bisa memanfaat waktu agar tidak terbuang, maka anda harusnya memiliki prinsip untuk satu tujuan. Prinsip tersebut bisa berupa kemauan anda yang ingin jadi siswa no.1 dikelas.

3. Belajar Dan Bekerja Dengan Kejujuran Diri

Jujur adalah cara sukses yang sering diremehkan oleh sebagian siswa.  Kejujuran sangatlah penting bagi kehidupan yang baik untuk semua siswa. Memiliki sifat jujur tidak mudah sekali, karena ketika ingin melakukan pekerjaan yang jujur maka disitulah ada kebohongan dan kecurangan yang melawan anda sendiri.

Mudahnya terpancing dari orang lain menjadikan salah satu penghalang siswa yang ingin sukses. Maka dari sini ada bisa tahu ketika siswa itu membuat satu saja kebohongan maka suatu hari siswa tersebut akan mengulanginya untuk kedua, ketiga dan seterusnya.

Saat menghadapi pelajaran ataupun tes dan juga ujian kebanyakan siswa selalu belajar dan fokus pada materinya. Namun disisi lain banyak pula siswa yang terbiasa dan melalaikan belajar saat menghadapi ujian, karena dia tidak ingin banyak berpikir serta menganggap bahwa nilai bisa dicari dari temannya yaitu dengan cara mencontek.

4. Selalu Fokus Ketika Belajar

Tetap fokus. Siswa yang sukses selalu fokus pada tugas pelajarannya. Tugas merupakan kewajiban bagi semua siswa, karena semua siswa juga perlu yang namanya sumber ilmu yang baru untuk memperluas pemikirannya. Fokus pada semua materi pelajaran disekolah tidaklah mudah, karena anda pasti kelelahan untuk bisa mempelajari semua materi. Oleh karena itu fokuskan diri saat guru menerangkan sebuah pelajaran yang menyangkut hal baru.

Jadi siswa sukses akan tetap fokus, namun beristirahat juga sangat dipentingkan bagi semua siswa. Kewajiban seorang siswa memanglag belajar, namun disisi lain, siswa juga manusia yang perlu namanya istirahat. Jadi siswa sukses harus mempunyai banyak jadwal supaya bisa membagi jam istirahat dan jam fokus belajar. Oleh sebab itulah ketika hendak memulai belajar maka fokuskan pada satu tujuan yaitu materi pelajaran.

5. Jadi Diri Sendiri Dari Cara Sendiri

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Siswa sukses dilkukannya dengan mandiri. Mereka tidak peduli apa yang kakak, tetangga, atau teman sekolah mereka lakukan di sekolah karena mereka tahu bahwa pada akhirnya, semua yang penting merupakan kesuksesan mereka sendiri.

Jika Anda terhanyut kedalam suasana dan kegiatan apa yang orang lain lakukan, maka Anda pasti akan kecewa atau menjadi sangat kompetitif sehingga pikiran Anda dihasut. Belajarlah untuk menyikat yang lain dan fokuslah untuk melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan. Jangan bandingkan dirimu dengan siapapun. Dengan ini, sama saja Anda menghina diri sendiri.

6. Mencari Ilmu Pelajaran Tambahan Diluar

Jika Anda ingin menjadi siswa yang sukses, maka Anda seharusnya tidak beralih ke luar tujuan yang berbeda . Pelajari dan manfaatkan hal baru lainnya dengan cara belajar diluar sekolah. Banyak cara untuk bisa belajar ilmu tambahan, diantaranya adalah belajar secara otodidak dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet atau data dismartphone anda yang saat ini anda. Dengan begitu anda bisa belajar secara luas ilmu pengatahuan yang ada di dunia modern saat ini.

Untuk itu anda harus bekerja dan berusaha serta belajar sambil bersantai untuk memanfaat waktu yang terbuang sia-sia. Belajar sambil menyelam memang tidak mudah karena anda tidak punya pendamping belajar layaknya anda berada disekolah yang selalu didampingi oleh seorang guru didik. Dengan begitu anda bisa sukses karena anda memiliki banyak pengetahuan yang jarang dicari oleh siswa lainnya.

7. Tetap Semangat Di Semua Materi Pelajaran

Bersemangat tentang semua materi. Siswa yang sukses bukan hanya fokus seperti mesin yang bekerja untuk satu penghasilan saja. Fokus pada satu materi memang mudah, namun untuk fokus kepada semua materi harus anda lakukakan bila ingin sukses, karena itulah kunci kesuksessan bagi seorang siswa.

Peduli dan tertarik ke semua materi yang ada disekolah bisa membantu anda untuk memperbanyak ilmu pengetahuan yang luas. Meskipun anda cuma pintar dan senang pada satu materi, maka jangan gelisah karena anda bisa belajar dan memulainya untuk menyikapi materi lainnya dengan cara sedikit demi sedikit.

Buat santai saja materi yang diterangkan oleh guru anda, walaupun anda tidak suka dan tidak tertarik pada pembahasan dari guru tersebut. Sedikit demi sedikit anda bisa mengerti bahwa materi yang anda tidak suka bisa berubah menjadi daya tarik karena anda bisa mencari rangkuman materi yang sangat bermanfaat bagi anda sendiri. Dari sini anda bisa belajar untuk selalu semangat ke semua materi pelajaran, karena untuk bisa jadi siswa yang sukses diesok hari, anda harus cerdas disemua materi sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Kunci Sukses Bagi Pelajar Di Usia Muda"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel