6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

LulusSmk.com - Hp Android Anda Lemot ? Ketika anda baru membeli smartphone android dengan spesifikasi yang lumayan. Namun ketika dipakai dalam beberapa hari atau beberapa bulan kinerja Hp android menjadi berkurang dan terasa berat saat digunakan.

Hal tersebut yang bikin anda kecewa, bukan. Kinerja hp yang lemot membuat aktifitas anda sehari-hari seperti browsing, chatingan, dan main game, akan terganggu karena lelet atau lama terbuka saat disentuh.

Lantas Kenapa Bisa Hp Android Menjadi Lemot Tiba-tiba ?, Smartphone yang tiba-tiba menjadi lambat dan ketika disentuh, hp tersebut malah bisa hang atau terhenti, karena ada beberapa faktor penyebabnya.

Anda sempat berpikir bahwa ponsel anda terkena virus atau ponsel sudah rusak karena sudah lama dipakai. Jangan buru-buru vonis kalau hp anda rusak, karena pasti ada solusi serta cara supaya hp android anda menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Update OS Versi Android Malah Tambah Lemot ?, Sempat membaca artikel di google dengan masalah yang sama. Memilih cara dengan update versi android tidak akan ada efeknya. Lambatnya kinerja android dan mengatasinya dengan cara update Os bukan hanya akan membuat hp anda menjadi ringan, namun akan membebani kinerja smartphone anda menjadi lebih berat lagi.

Update Os ke versi android diatasnya, hanyalah untuk menambah thema atau tampilan lebih terbaru, dan akan ada fitur-fitur tambahan terbaru serta adanya update aplikasi system yang terbaru pula.

Banyak pengguna mengatasi android yang lemot dengan cara update os. Namun mereka malah kecewa, karena kinerja dan kecepatan android menjadi tambah lemot lagi. Mengupdate os android malah akan menguras penyimpanan internal dan ram android pun akan bekerja lebih lambat, karena banyaknya fitur terbaru serta tambahan aplikasi yang telah terupdate dari Os lama ke yang terbaru.

Trik Mengatasi HP Android Lemot

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

Cara mengatasi - Di group facebook atau forum Android, banyak anggota yang mengalami masalah hp android yang lemot setelah diroot. Apa benar Hp android yang sudah diroot bisa membuat hp malah lemot ?.

Tidak, Malah yang sudah di Root 3x lebih ringan dari sebelumnya, Karena root sendiri merupakan cara untuk membobol aplikasi sistem yang sulit dibuka, diedit atau dihapus. Jika pengguna yang suka utak-atik dan mengerti system android, maka dia tentu tahu resiko dan mereka juga tahu cara memperbaikinya jika nantinya gagal root.

Oleh sebab itu, bila anda tidak paham tentang root, lebih baik anda hindari. Anda bisa mencoba trik ampuh ini yang tidak jauh berbeda dengan cara root. Berikut adalah trik mengatasi Hp android yang lemot :

1. Hapus Aplikasi

Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu dendan cara menghapus aplikasi. Jika Aplikasi di android anda menumpuk maka secara otomatis memory internal akan sempit. Memori internal yang kurang memadai akan memberatkan Hp, dan kinerja hp pun akan lemot.

Pengguna android sering sekali tidak menyadari bahwa aplikasi yang didownloadnya melalui Playstore akan memakan memori, bahkan mereka lupa mencopot aplikasi yang sudah tidak terpakai. Memory internal dengan kapasitas yang rendah antara 1-2gb sebaiknya tidak mamasang aplikasi yang berlebihan.

Untuk mencopot/uninstal aplikasi dismartphone juga harus dibersihkan dengan bersih, agar berkas-berkas file dan data bawaan aplikasi tersebut bisa ikut terhapus juga. Berikut adalah cara mencopot aplikasi sampai keakar-akarnya :

* Buka menu Setelan-> Aplikasi -> Hapus Penyimpanan -> Hapus Aplikasi


6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

Lakukan berkali-berkali trik diatas ini dengan mengahapus aplikasi yang tidak terpakai. Bila anda tidak ingin menghapus, anda bisa mencoba menghapus penyimpanan data saja, tanpa harus hapus instalasi.

2. Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis

Bila langkah diatas sudah anda lakukan, maka selanjutnya anda tinggal mematikan update aplikasi otomatis. Memberhentikan aplikasi yang update secara otomatis akan berjalan dengan sendirinya apabila anda tidak menonaktifkan update tersebut. Untuk mengaturnya anda bisa mempratekkan langkah-langkah berikut ini :

Buka Playstore -> Pilih ikon ||| (dipojok kiri atas) -> Pilih ikon Gear Setelan  -> Pilih Update Aplikasi Secara Otomatis -> ganti menjadi Jangan Update.

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

3. Mematikan Sinkron Otomatis

Jika dirasa cara diatas sudah anda setting, maka selanjutnya agar Hp android anda tidak lemot, maka anda bisa menonaktifkan sinkron otomatis. Mematikan sinkron berguna agar kinerja smartphone menjadi ringan dan cepat untuk diakses.

Jika sinkron dibiarkan hidup maka hp menjadi lemot karena ada data latar belakang yang mengupload data secara otomatis. Fungsi menonaktifkan sinkron juga sangat berguna agar kuota tidak cepat habis. Untuk mengaturnya anda bisa melakukan langkah-langkah berikut :

* Buka Setelan -> Pilih menu Akun -> Klik Lainnya (dipojok kanan atas) -> terus tinggal matikan sinkron otomatis

* Buka Pemintas dengan cara tekan dan serat dari layar atas kebawah -> cari ikon Sinkron -> Nonaktifkan, lihat contoh gambar.

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

4. Bantuan Aplikasi Pembersih

Banyak aplikasi diplayStore yang mampu membersihkan file atau berkas sampah seperti Ccleaner atau Smart Manager. Aplikasi pembersih ini berfungsi untuk menghapus file sampah atau juga malware sekaligus.

Kerja Aplikasi ini lebih efektif dan lebih akurat karena mampu mencari folder kosong dan sampah-sampah cache berkas pemasangan aplikasi yang lama. Anda bisa mencoba cara dan trik simpel ini agar smartphone android anda tidak lemot.

* Download dan Pasang Aplikasi Smart Manager dari Playstore -> klik bulatan "Klik Disini Untuk Mengoptimalkan Perangkat" Smart Manager akan berjalan dan mencari file sampah secara otamatis -> lalu klik Bersihkan

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

5. Memaksimalkan Animasi Sentuh Kinerja Android

Untuk tahap ini merupakan cara tambahan saja agar smartphone anda saat di klik tidak lemot dan lama terbuka saat menjalankan aplikasi. Sentuh animasi ini bisa disetting sesuai selera. Anda bisa merakasan Hp android anda akan lebih cepat sampai 2x. Langkah-langkahnya berikut ini bisa anda lakukan dismartphone anda :

* Buka SetelanSetelan -> Pilih Info Tentang Perangkat -> Pilih Info Perangkat Lunak -> cari dan klik 5X Nomor Versi (Sampai muncul tulisan Anda Menjadi Pengembang) ->

kembali ke menu setelan awal -> Cari dan pilih menu Pengembang -> cari Roll kebawah dan pilih Skala Animasi (Ada 3) -> Ganti Skala Animasi menjadi Tidak Aktif, lihat contoh gambar.

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

6. Reset Android Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Mulai dari trik nomor 1 sampai 5, jika tidak membuahkan hasil, dan hp android masih saja lemot, maka mereset smartphone / kembali ke pengaturan pabrik adalah solusi terakhir yang bisa anda coba. Untuk trik ini anda harus tahu bahwa semua file atau data yang tersimpan di memori telepon akan akan terhapus, tidak ada sisa.

Maka oleh sebab itu backup dulu file seperti foto, mp3, video, dan berkas-berkas yang penting sebelum anda mereset ulang smartphone. Untuk mereset ulang kepengaturan pabrik anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

* Buka Setelan -> Cadangkan Dan Reset-> Reset Data Pabrik -> Ok dan Reset Perangkat, selesai.

6 Trik Mengatasi HP Android Yang Lemot Tanpa Root

Penutup

Itulah beberapa trik ampuh mensetting hp agar kinerja android tidak lemot dan menjadi optimal seperti baru beli. Anda tidak perlu melakukan rooting untuk mempercepat kinerja smartphone android, karena setahu saya me Root smartphone bagi orang yang awam atau tidak mengerti fungsi root akan berdampak buruk bagi perangkatnya sendiri.

Beberapa trik diatas merupakan cara paling mudah dan efektif agar tidak lemot. Jika ada pertanyaan lain mengenai artikel ini, anda bisa menulis dikolom komentar bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel