16 Rahasia Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu

LulusSmk.com - HP bermerek Samsung, memiliki banyak jenis dan varian model. Samsung mengeluarkan ponsel pintar dengan OS Android yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran khususnya Indonesia. Peminat HP Samsung bagi masyarakat banyak sekali, karena HP bermerek terkenal ini mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Smartphone lainnya.

Versi lama sampai yang terbaru di hp samsung sendiri sangat cepat terjual di Indonesia. Banyak orang percaya akan merek Samsung karena kualitas pembuatannya memang sudah teruji sehingga komsumen HP Samsung tidak perlu takut kalau HP yang dibelinya tidak mudah rusak. Oleh sebab itu merek HP Samsung dengan model apapun cukup populer dan sering dicari oleh masyarakat.
Sedikit pengetahuan penting bagi anda untuk berjaga-jaga sebelum membeli HP dengan cara Online atau COD. Beredarnya HP China jenis Supercopy atau HDC, Rekondisi, dan Replika kini cukup meresahkan banyak orang, khususnya pecinta Smartphone bermerek Samsung Sein Original ini. Memang HP buatan China jenis Replika atau samaran ini dijual dengan harga yang sangat murah sampai dengan 50% dari HP Original dipasaran.

Dari segi fisik, HP China Replika memiliki persamaan yang persis. Yang harus anda ketahui bahwa HP Samsung Replika atau Supercopy adalah Smartphone yang memiliki banyak kekurangan daripada yang asli. penting bagi anda, bila anda mau membeli HP Samsung bekas. Jika anda tidak waspada maka anda bisa menyesal sesampai hp tiba dirumah anda.


 16 Rahasia Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu

Perbedaan yang mencolok pada HP Samsung harus anda pahami. Samsung Original Sein memiliki performa dan spesifikasi yang sangat berbeda dari HP Samsung buatan China, Replika atau Supercopy.

Anda perlu mengecek secara detail sampai keakar-akarnya sekalipun dari keaslian HP yang ingin anda beli sebelum deal membelinya. HP Samsung Original Sein berasal dari vendor aslinya dengan lebel pembuatannya.

Oleh sebab itulah saya disini membahas cara mengecek HP Samsung asli dan HP Replika dengan beberapa perbandingan yang perlu wajib anda ketahui. Berikut adalah cara cek HP Samsung Asli dan Replika secara detail dan seakurat mungkin :

Berikut Cek Hp Asli Atau Palsu Dari Harga Penjualannya :

1. Cek Harga Pasaran HP Samsung Ori

Ini adalah indikasi paling mudah untuk melihat keaslian HP Samsung Ori apa tidak. Tidak mungkin ada penjual yang mau membanderol Samsung Asli dengan harga yang jauh berbeda dengan yang originalnya. Misalnya HP pasaran Samsung Galaxy J5 prime yaitu kurang lebih 2 jutaan, namun ada orang yang berani mempromosikan HP model tersebut dengan harga jual dibawah 1 jutaan.

Meskipun HP tersebut diskon atau anda  dapat dari hadiah seorang teman atau saudara, itu sangat tidak mungkin. Konter mana yang mau rugi dengan menjual HP tersebut dengan harga dibawah 50%. Harga menentukan semuanya dan apabila sudah terlalu murah, lebih baik kamu waspadai.

Kamu masih beruntung jika ternyata mendapat HP Samsung Galaxy J5 replika secara normal. Banyak orang tertipu untuk keduakalinya, setelah deal membeli secara COD Atau Online, malah HP yang dibelinya bermasalah saat anda menggunakannya dirumah.

Berikut Cek Hp Asli Atau Palsu Dari Sisi Fisik-nya

2. Perhatikan Kualitas Casing

Casing pada HP Samsung Palsu pasti terbuat dari bahan material yang murah. Melihat dari sisi body fisik HP menjadi salah satu cara membanding keaslian pada HP. Samsung Original Sein memiliki Casing berkualitas premium dengan warna yang mengkilap dan sempurna.

Meskipun Casing Samsung Ori Sein hanya berjenis plastik ataupun metal. Samsung palsu alias replika tentunya punya kualitas body yang buruk dan terkesan murahan, meski hanya lewat pandangan pun biasanya bisa terlihat dengan jelas.

Saat anda memegang Casing HP Samsung Palsu akan terasa lebih kasar dan ketika mudah bezel atau gores. Warna Samsung Ori Sein akan selaras dengan body bagian tengah sampai sisi pojoknya. Samsung Palsucenderung pucat, sementar pada warna tombol home, power dan volume akan terlihat putih terang atau silver buram.

3. Kondisi Fisik Saat Membeli

HP Samsung asli Original Sein selalu “dikelilingi wrapping plastik keemas-emasan dengan logo nama Samsung” ketika membeli dalam kondisi baru. Sedangkan pada samsung galaxy replika/palsu/ supercopy tidak memilikinya.


4. Segel SEIN Di Batrei Dan Body Dalam

Batre HP Samsung Ori memiliki stiker hologram yamg tertempel lengket serta tersedia pula hologram yang sama dibagain dalam tempat batre yang bertulisan "SEIN". HP Samsung Ori tidak akan memilki hologram stiker yang sama pada batre dan bagian dalam casing batre.


5. Kelengkapan Isi Dalam Dosbook

Saat anda membeli HP Samsung baru dan khususnya Samsung bekas, cek terlebih dahulu isi kelengkapan yang ada didalam dosbook, pastikan didalamnya kotak terdapat beberapa aksesoris bawaan HP seperti buku panduan, earphone, batrei, kabel usb, charger, dan yang paling utama yang paling penting adalah kartu garansi resmi dari samsung yang tertempel stiker hologram SEIN.


6. Jarak Antara Tombol HOME Dan LCD

Yang paling menonjol jelas dari perbedaan HP Samsung Ori atau Palsu yaitu dari letak jarak antara tombol HOME dengan layar LCD. Pada samsung galaxy original pasti lebih dekat dibandingkan dengan jarak tombol HOME ke LCD yang ada pada Samsung KW tiruan atau Replika.

Berikut Cek Hp Asli Atau Palsu Dari Sisi Software-nya :

7. Mengecek Nomor IMEI

Semua HP apapun pasti memiliki nomor serial (IMEI) tersendiri layaknya barcode. No IMEI pada handphone Samsung akan tertera nomor unik yang jaranh diketahui oleh orang. Untuk mengecek semua jenis HP, anda bisa membuka menu panggilan dengan menekan NO *#06#.

Perbedaan pada HP Samsung palsu akan muncul nomor seri unik yang tidak sama dengam no IMEI yang tertera do dosbook. Anda juga bisa mengecek no IMEI dengan cara online di situs resmi www.samsung.com

Untuk pengecekan HP Samsung tidaknya anda bisa melihat NO serial unik negara pembuatan seperti contoh :

IMEI : 353719"05"45467890 (perhatikan nomor "05" yang bisa anda ketahui negara keasliannya)
  1. Kode "05" maka HP merupakan produksiUSA
  2. kode "00" maka HP merupakan produksiFinlandia
  3. Kode "02" / "20"maka HP merupakan produksi Asia
  4. Kode "08" / "80" maka HP merupakan produksiJerman
  5. Kode "03" maka HP merupakan produksi Perancis atau Kanada
  6. Kode "04" maka HP merupakan pruduksi Limited Edition di Korea grade A


8. Cek Aplikasi Yang Terinstal Bawaan HP

jika sipenju memperbolehkan untuk melihat aplikasi yang terpasang di HP Samsung, anda bisa lebih mudah mengetahui keaslian HP tersebut. HP Samsung Ori selalu memiliki aplikasi bawaan yang tidak bisa disamakan oleh HP tiruan lain. HP Samsung Asli memiliki aplikasi Calender dengan bahasa English dengan nama "SPLANNER".


10. Perbedaan Bahasa HP Samsung (Language)

Bahasa yang ada di menu pengaturan HP Samsung Replika cenderung tidak kompatibel jika dibandingkan bahasa performatan HP Samsung Ori. Hal  tersebut sangat mencolok pada saat merubah bahada Smartphone dari Inggris ke Indonesia.


11. Perbedaan Koneksi Sambungan Ke PC


Ketika anda mencoba menyambungkan HP Samsung ke Laptop atau PC dengan kabel data pasti muncul notifikasi yang terlihat jelas. HP Samsung Asli akan terhubung ke PC dengan meminta driver "Samsung" di device manager.

Kalau anda memiliki software aplikasi Samsung Kies di PC, akan Kies tersebut akan otomatis load dan terbuka sendiri. Samsung replika tidak akan bisa tersamsung ke app Kies Samsung, karena sudah jelas bahwa CPU yang dipakai Samsung Replika merupakan MeDiAtEk (MTK) bukan Spreadrum.


12. Mode Download Dan Recovery Hard Reset Berbeda

Ketika Hp Samsung Ori bootlop (tidak bisa masuk menu) yang harus dilakan oleh pengguna Samsung yaitu Hardreset (Kembali ke pengaturan pabrik) dengan menekan tombol vol-, power, home secara bersamaan untuk masuk ke menu recovery.

Untuk flashing pun juga perlu yang namanya Mode Download, karena proses flashing HP samsung diawali dengan meneko tombol vol+, power dan home bersamaan untuk masuk ke Mode Download. Hp replika tidak akan bisa seperti Samsung Ori.

Berikut Cek Hp Asli Atau Palsu Dari Sisi Hardware-nya :

13. Melihat Spesifikasi CPU Dan Lainnya

Untuk melihat komponen hardware pendukung yang ada didalam HP Samsung sangat mudah sekali. Dengan menggunakan aplikasi Cpu Identifier buatan Davy Bartolini bisa anda download di playstore secar gratis. Aplikasi ini bisa mendeteksi komponen hardware android dari prosesor CPU, RAM, Memori Internal beserta spesifikasi lainnya.

Kalau samsung asli maka akan muncul spesifikasi seperti pada spesifikasi samsung dengan prosesor CPU jenis Spreadrum. Kalau untuk spesifikasi Samsung palsu akan memilki komponen dan prosesornya jenis Mediatek (MTK).

Berikut Cek Hp Asli Atau Palsu Sedetail Mungkin :

14. Perbedaan Sensitif Sentuh (Touchscreen)

Pada beberapa kasus ditemukan layar sentuh alias touchscreen pada Samsung palsu punya tekstur yang lembek dan jika Sobat menyentuh atau menekan layar tersebut lebih terasa seperti menekan plastik. Berbeda dengan Samsung asli dimana tekstur pada layar sentuhnya lebih keras dan kuat karena menggunakan kaca berkualitas.


15. Kualitas Pixel Gambar Pada Kamera

Samsung memang sudah terkenal dengan kualitas kamera yang mumpuni sehingga bakal menyajikan foto dengan kualitas terbaik karena punya resolusi yang tinggi. Kalau Sobat mendapatkan hasil foto dengan tampilan yang buram, banyak noise ataupun hal-hal yang mengganggu lainnya pada hasil foto, maka bisa jadi foto yang Sobat ambil menggunakan Samsung palsu.


16. Aplikasi Tambahaan Secara Detail

selanjutnya ialah dengan menginstall aplikasi CPU-Z app ke smartphone anda. Jika HP yang anda gunakan itu palsu, maka akan tampil esolusi layar di bawah 1080 x 1920 dan kerapatan piksel di bawah 480 ppi.RAM, Internal Storage juga tidak sebesar Samsung Galaxy S4 asli.

Itulah bebera tips mengeCEK HP samsung Original Sein dan HP Samsung Palsu (KW), Replika, HDC, Supercopy atau sejenisnya. Pengetahuan diatas bisa menambah wawasan anda dan sangat bermanfaat bagi anda yang mau membeli HP Samsung Original. Semua orang tidak ingin tertipu, namun banyak juga penjual yang ingin cepat cari uang dengan menipu menjual barang KW.

Jika anda ragu dan takut tertipu untuk membeli HP Samsung karena khawatir yang anda beli merupakan HP Palsu, anda bisa memilih tempat pembelian di gerai Samsung Resmi atau Distributor terpercaya di daerah anda. HP Samsung Ori memang lebih mahal namun dari segi performa, kualitas serta spesifikasi jangan diragukan lagi. Yang Ori itu lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel