10 Penyebab Utama Hp Panas Dengan Sendirinya

LulusSmk.com - Kenapa Smartphone Android Cepat Panas Saat Dipakai ? Hal penting yang terkadang belum dimengerti banyak orang adalah gejala HP yang cepat panas pada smartphone. Ini bukan disebabkan oleh jeleknya kualitas hp, namun oleh aktifitas kerja handphone itu sendiri. Bahkan hp mahal sekelas samsung galaxy J7 pro pun bisa juga panas.

Smartphone Cepat Panas ini sudah wajar terjadi, hampir semua ponsel canggih mulai dari spek rendah sampai spek terbaik mudah overheat jika salah dalam pemakaiannya. Panas pada HP bisa berasal dari baterai atau juga bisa dikarenakan oleh pemakai yang berlebihan dalam memainkannya. HP terus dipaksa bekerja seperti membuka aplikasi bersamaan sampai akhirnya overheat.
 10 Penyebab Utama Hp Panas Dengan Sendirinya

Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Jika ponsel anda begitu panas dan energi baterai turun secara drastis, itu berarti baterai rusak. Tapi jika tidak, masalah sobat hanyalah telepon yang panas dan tidak nyaman untuk digunakan. Dan jika baterai sobat panas, itu berarti baterai terkuras dengan cepat yang tidak normal dan itu akan berdampak buruk pada baterai.

Selain baterai, handphone cepat panas juga disebabkan oleh kerja cpu, ram, dan perangkat keras lainnya pada hp yang berat. Itulah yang menyeba bkan hape dengan spesifikai rendah cenderung lebih gampang panas jika digunakan untuk mengerjakan aktivitas yang berat secara terus menerus.

Android sendiri sebenarnya sebuah perangkat yang berbasis linux layaknya OS pada PC. Berbagai macam aplikasi dan fitur-fitur pada Smartphone begitu banyak dan lengkap seperti Sms, Telepon, Gps, Browsing, Pemutar Musik dan Video, dan beberapa aplikasi tambahan seperti Chating media sosial.

Banyaknya fitur dan aplikasi bisa didapatkan dengan mudah dan gratis melalui Playstore. Sebenarnya banyak faktor yang mengakibat android anda cepat panas. Faktor penyebab HP cepat, biasanya dilakukan oleh pengguna android sendiri ketika hendak browsing, bermain game dan menjalankan aplikasi dalam waktu berjam-jam. Panas yang dirasakan dari Hp saat anda pegang bisa membuat HP itu sendiri menjadi overheat dan hang.


Penyebab Serta Mengatasi Android Cepat Panas

Untuk Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas bisa anda cari dulu dari penyebab dan gejalanya. Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari anda sendiri.

Hal Seperti ini tidak boleh dianggap remeh karena jika kalau anda dibiarkan, maka panas yang berlebih akan berdampak buruk pada usia HP anda sendiri. Jika anda tidak ingin HP anda rusak, Maka itu anda harus menghindari panas yang berlebihan (Overheat) pada HP kesayangan anda. Berikut adalah 10 penyebab HP Android Cepat Panas :


1. Spesifikasi Smartphone Rendah

Model dan jenis Smartphone banyak beragam. Jika anda membeli smartphone dengan harga murah dan spek yang rendah, maka tentu bisa jadi smartphone tersebut mudah panas, meskipun cuma dipakai sms dan telpon sebentar saja.

Smartphone dengan tingkat spek yang memadai untuk dipakai berbagai aktifitas seperti Smsan, Telponan, main game dan Chatingan di medsos tidak akan mudah panas. Maka dari itu kalau anda pengguna smartphone yang aktif, anda harus memakai smartphone dengan spek tinggi.

Spek Smartphone yang baik untuk smartphone memang paling diutamakan seperti Kapasitas dan jenis Ram, CPU Prosessor dan Versi Android.


2. Pemakaain Yang Berlebihan

Menggunakan ponsel secara terus menerus sampai berjam-jam bisa membuat ponsel itu sendiri menjadi overheat. Android bekerja diluar batas kemampuannya dan bisa membuatnya menjadi hang atau leg.

Misalnya ketika anda memainkan game di ponsel sambil memutar musik dan data internet aktif, itu sudah dipastikan android anda menjadi panas dalam waktu singkat. Pemakaan yang berlebihan seperti itu juga akan cepat menguras daya batre android anda. Komponen di dalam android seperti RAM dan CPU bekerja terus menerus tanpa ada jeda.


3. Sinyal Smartphone Tidak Stabil

Foktor ketiga penyebab androis cepat panas juga bisa disebabkan oleh sinyal yang tidak stabil dalam penangkapannya. Sinyal yang kurang dan tidak stabil dan terus menerus mencari akan membuat IC komponen dalam smartphone bekerja keras.

Saat anda berpergian dan berada di mobil  menggunakan data internet, serta sinyal tidak stabil naik turun terus akan memaksa dan menjadikan hp anda cepat panas.


4. Banyak Aplikasi Yang Masih Aktif

Faktor terjadinya panas secara berlebihan meskipun hp dalam keadaan sleep atau tidur juga bisa disebankan banyaknya aplikasi yang berjalan tanpa mengenal batas. Aplikasi yang anda pasang dan anda buka di android mungkin belum anda keluarkan,Inilah yang sering dilupakan oleh pengguna smartphone.

Aplikasi dibiarkan terus berjalan tanpa adanya perintah keluar merupakan hal yang buruk. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dilayar, semakin besar pula ram yang dikuras. Daya batre akan mudah panas dan IC-ic di dalam ponsel pun akan overheat.


5. Penyerangan Virus dan Malware

Mungkin anda tidak akan percaya dan sempat bertanya. Apa virus itu memang ada di smartphone?. Itu sudah pasti, semua smartphone dari yang lama sampai yang baru mempunyai sistem operasi yang tidak jauh berbeda layakanya Komputer atau PC.

Virus ataupun malware sangat senang berada di PC dan Smartphone, karena virus sendiri bisa merusak dari sisi software dan akan menuju ke hardware yang bisa membuat umur Hp menjadi fatal.

Virus tidak mudah terlihat meskipun anda berusaha mencarinya. Namun ada beberapa faktor adanya penyerangan virus atau malware yaitu pada saat anda membuka aplikasi dan aplikasi tersebut hilang dalam sesaat tanpa adanya perintah menghapus. Atau juga adanya nama-nama file yang tidak dikenal dalam bahasa asing yang tidak bisa dihapus secara langsung dari file manager atau explorer di Smartphone.


6. Suhu Tempat Pemakain Yang Panas

Jika anda sedang berpergian dan ketika itu anda meletekkan smartphone anda dibagian tempat yang mudah panas tanpa ada udara bisa membuat ponsel menjadi panas walaupun anda tidak memakainya.

Tempat tersebut biasa berada di depan kaca mobil yang langsung terkena sinar matahari dan tempat tertutup udara dengan suhu yang panas yang ada di bagian dalam jok motor saat anda berpergian.


7. Daya Baterai Menurun Atau Rusak

Penyebab yang sering dilupakan oleh pengguna yang ketuju ini bisa karena faktor daya baterai yang sudah menurun atau karena usia baterai yang tua. Baterai yang sudah konslet bisa membuat baterai itu sendiri kembung dan aliran daya ke ponsel akan menjadi panas.

Baterai yang sudah hamil karena faktor panas yang dikeluarkannya dan juga karena adanya komponen dalam ponsel itu sendiri terjadi konslet.


8. Pengisian Charger Jelek Atau Tidak Cocok

Pemasangan yang salah dalam pengisian batre bisa membuat Hp menjadi panas. Hal ini terjadi saat anda melakukan pengecasan dalam jack android yang tidak pas atau kurang menamcap.

Hal yang lainnya mungkin juga karena Desktop Charger yang sudah rusak atau anda membeli charger dengan volt yang tidak pas. voltase untuk pengecasan yang pas pada semua jenis hp yaitu 3,7 - 3,8 volt, itu sudah dirancang dari pabrik karena volt pada batre 3,7 volt juga.

Tidak itu juga, pengecasan dengan menggunakan listrik daya dari mobil juga bisa membuat HP mudah dan cepat panas. Pengecasan dalam mobil tidak cuma membuat hp panas, namun juga bisa menjadikan HP tersebut konslet dan Batre Membesar.

9. Kerusakan Hardware

Penyebab nomer sembilan yang jarang diketahui oleh pengguna yaitu adanya kerusakan pada hardware Smartphone. Ponsel pintar di era modern ini memiiki keunggulan yang banyak karena sudah dilengkapi beberap hardware pendukung seperti RAM, EMMC, Power IC,  CPU Dan lain-lain.

Ketika anda menggunakan smartphone tentu saja semua hardware yang penting didalam Ponsel akan bekerja dan bisa terjadi panas. Adanya kerusakan pada Hardware itu semua disebabkan oleh pengguna yang tidak wajar dalam menggunkannya.

Adanya konslet atau tegangan dari batre yang menuju ke beberapa IC yang kurang tegangan atau kebocoron daya pada jalur.


10. Aksesoris Case Tambahan Smartphone

Jika anda memakai Softcase yang tebal bisa saja penyebab Smartphone jadi faktor utamanya terjadinya panas.Panas pada Ponsel bisa disebabkan oleh aksesoris seperti nama Motomo.

Bahan yang terbuat dari material ini mudah menjadikan Smartphone cepat panas. Selain itu banyak sekali jenis softcase dan hardcase yang bisa membuat smartphone mudah panas.

Penutup

Itulah 10 penyebab utama hp panas sendiri saat dimainkan. Dari hasil 8 daftar penjelasan diatas bisa menjadikan anda selalu waspada saat menggunakan hp yang salah. Panas pada HP bisa diatasi dengan mudah namun panas yang ada di HATI bisa membuat anda sakit pikir. Semoga apa yang saya bahas disini bisa membantu permasalahan anda. Silahkan bertanya, jika ada kekurangan yang ada di artikel ini dengan cara berkomentar dikolom bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel