5 Cara Nekat Mencari Modal Usaha Gratis Tanpa Pinjaman Dari Bank

LulusSmk.com - Memulai suatu usaha atau ingin menjadi seorang wirausahawan tentu memerlukan modal sebagai awal dari perjalannya. Untuk mencari modal juga perlu strategi. Oleh sebab itu modal adalah faktor utama dalam pembangunan usaha. Segala cara bisa dicari untuk mengumpulkan modal. Beberapa orang pengusaha pemula perlu memiliki ide tersendiri dalam hal mencari modal.

Sering sekali orang mencari modal dengan jalan yang salah. Orang tersebut mencari modal dengan resiko yang besar. Tidak tahu apakah usahanya nanti bisa berkembang apa tidak. Dengan cara yang instan dan mudah tanpa ada kerja keras tentu membuat orang tersebut menjadi pemalas saat menjalankan usahanya.

Beberapa pengusaha pemula mencari modal dengan cara meminjam kepada bank dengan jumlah yang cukup besar. Uang untuk modal usaha dicairkan oleh bank dengan mudah dan cepat.

Cukup mudah memang kalau memilih memimjam uang modal dari bank, Tapi apakah anda sudah yakin kalau suatu saat nanti anda bisa mengembalikan uang pinjaman dari bank tersebut?. Kalau anda sudah tahu resikonya tentu anda harus membiasakan diri dalam mencari modal dengan ide dan cara tanpa ada resiko yang besar.

Pengusaha pemula seharusnya memulai usaha dari NOL. Mengantisipasi untuk kedepan dan sebagai awal dari usaha dalam mencari dan mengumpulkan modal. Anda bisa meminjam modal dari bank bila anda dan keluarga anda memang mampu mengembalikan pinjaman tersebut.

Orang kaya yang ingin memulai usaha dengan cara meminjam kepada bank secara instan, karena memang dia mampu untuk mengembalikannya. Dengan cara yang instan dengan resiko yang cukup besar tentu menjadi halangan untuk orang yang tidak mampu. Kalaupun anda mampu meminjam dan mengembalikan modal tersebut kepada bank, belum tentu anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan benar.

Ingin jadi pengusaha dengan modal yang sedikit, tentu saja bisa. Memilih usaha kecil atau menengah bisa anda jalankan dengan modal yang cukup sedikit. Dengan modal yang kecil anda bisa memanfaatkan berbagai cara dan bisa belajar dari kecil menjadi besar. Peluang usaha bisa anda mulai dengan tahap dan strategi yang cerdas.

Modal besar bukan jaminan untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Walaupun dengan modal yang kecil dengan usaha yang kecil-kecilan juga bisa anda mulai dari sekarang juga. Modal bisa anda cari dari hasil keringat anda sendiri tanpa ada resiko tentunya.


TIPS MENCARI MODAL

 5 Cara Nekat Mencari Modal Usaha Gratis Tanpa Pinjaman Dari Bank

Nah, bila anda ingin mencari modal dengan hasil keringat anda sendiri dan tanpa resiko, berikut ini adalah tips dan cara mencari modal untuk usaha :


1. Menabung

bila anda gemar menabung anda bisa berpeluang untuk mengumpulkan modal tanpa ada resiko. Menabung biasa dilakukan oleh pelajar SMP, SMK, SMA, dan anak Kuliahan. Meraka yang gemar menabung untuk mengumpulkan modal sambil belajar merupakan ide yang pintar. Uang saku yang biasanya untuk jajan, namun dipakai untuk menabung untuk keperluan masa depan.

Secara tidak langsung selama 3 tahun lebih menabung sampai mereka lulus dari sekolah, tabungan tersebut dicairkan untuk memulai membangun usaha. Tabungan tersebut bisa terkumpul dalam jumlah yang besar jika mereka menabung secara rutin setiap harinya.

Nah, oleh sebab itulah ide dari menabung bisa anda contoh untuk mengumpulkan modal. Bila anda adalah seorang pelajar, sebaiknya anda mulai menabung untuk masa depan anda sendiri. Dalam menabung anda tidak perlu menghitung dan memikirkan uang tersebut untuk apa. Anda bisa tahu sendiri saat anda sudah lulus dari sekolah. Uang yang anda tabung bisa bermakna saat tabungan anda sudah terkumpul banyak setelah tamat dari sekolah.

2. Bekerja Di Pabrik

Bila anda adalah seorang karyakan pabrik yang telah lama atau baru saja bekerja, Anda punya peluang untuk mencari dan mengumpulkan modal tanpa ada resiko. Dari Uang gajian bulanan atau mingguan itulah uang tersebut bisa anda manfaatkan untuk masa depan anda sendiri.

Memang sering sekali karyawan pabrik tidak memperdulikan masa depannya, karena mereka merasa sudah nyaman dan mapan mencukupi kebutuhan setiap harinya. Merasa sudah pas dan cukup, mereka sampai tidak sadar saat usia kelanjutannya di masa mendatang seperti apa. Apakah anda akan terus dipakai oleh perusahaan tersebut?. Bagaimana nanti bila anda terkena PHK?. Sempatkah anda berpikiran seperti ini. Hal inilah yang sering dilupakan oleh beberapa karyawan yang bekerja dipabrik.

Oleh sebab itu, anda bisa berpikir untuk kepentingan masa depan anda sendiri. Anda pasti akan keluar ataupun dikeluarkan oleh pabrik. Entah kapan, karena sudah pasti anda tidak akan terus menerus bekerja di pabrik. Di jaman yang serba mahal sekarang tentu membuat anda merasa bahwa uang gajian anda setiap bulan tidak bisa disisihkan sedikit untuk mengumpulkan modal. Namun anda juga harus tahu bahwa tahun demi tahun kedepan pasti akan lbih dari mahal.

3. Menjual Barang

Untuk cara mencari modal berikut ini sering sekali dilakukan oleh beberapa pengusaha pemula yang ingin mengumpulkan modal dengan cara menjual barang yang tidak terpakai. Mencari cara apapun untuk mengumpulkan modal memang banyak sekali, termasuk menjual barang yang tidak terpakai milik anda sendiri. Tanpa beban dan tanpa resiko tentu cara ini bisa anda lakukan.

Untuk menjual barang sebaik anda lihat dulu pasaran barang tersebut bisa laku terjual dengan harga berapa. Bila memang barang yang anda jual memang tidak terpakai sebaiknya anda manfaatkan untuk mengumpulkan modal. Beberpa barang yang tidak terpakai biasanya seperti hanphone, sepeda motor, kulkas, almari dan sejenis lainnya. Jangan menjual barang, kalau memang barang tersebut masih berguna dan diperlukan untuk anda sendiri.

Bila anda ingin mencari modal dengan cara menjual barang, anda bisa menjualnya dengan cara menjual secara online maupun offline. Untuk menjual secara online anda bisa memanfaatkan aplikasi jual beli seperti market place bukalapak, tokopedia, lazzada, atau sejenisnya.

Anda juga bisa langsung menjual dengan memanfaatkan facebook di group jual beli. Untuk cara offline anda bisa mempromosikan ke teman-teman atau saudara anda dengan menyebarkan sms atau telpon. Anda juga bisa menjualnya ke tetangga sekitar rumah anda sendiri. Dengan cara tersebut anda bisa mudah dan cepat mengumpulkan modal dengan cara menjual barang milik anda sendiri.

4. Kerja Sama

Berikutnya dalam mencari dan mengumpulkan modal yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula adalah dengan cara bekerja sama. Dengan cara bekerja sama dengan rekan, sahabat, ataupun teman dekat bisa anda lakukan untuk memudahkan dan mempercepat anda dalam mencari modal usaha.

Ide membuka usaha dengan cara kerja sama (partner) adalah cara paling jitu untuk membangun suatu usaha. Anda bisa saling memberikan saran dan ide kepada rekan kerja anda untuk mencari modal. Namun dalam hal ini, tentu saja tidak mudah, Anda harus bisa mencari rekan kerja yang bersedia dan juga punya keinginan yang sama untuk membuka usaha bersama-sama.

Memulai usaha kelompok sering dilakukan oleh pebisnis dan pengusaha lain untuk meningkatkan kemajuan usaha. Seperti halnya belajar kelompok saat anda masih sekolah dulu, tetapi dalam bentuk usaha kelompok tentu akan lebih bertanggung jawab.

Membangun usaha dengan ide kerja sama akan mengurangi resiko, Anda dan teman anda akan saling membantu supaya hasil yang yang diperolehnya bisa maksimal. Meskipun dalam membangun usaha kelompok terbilang susah dan rumit, namun cara ini banyak dilakukan dan sudah terbukti banyak yang sukses.

Membagi penghasilan adalah salah satu hal yang wajar dalam membangun usaha kelompok. Pendapatan yang diperolehnya tentu harus anda bagi sama rata dengan rekan bisnis atau usaha anda.

5. Bekerja Online

Mencari modal usaha salah satu ini sudah banyak yang melakukannya. Dengan memanfaatkan keahlian dan jaringan internet saat ini, akan memudahkan anda untuk mencari dan mengumpulkan modal. Bekerja secara online banyak jenisnya, namun anda harus mengetahui terlebih dahulu, jenis kerja online seperti apa yang memang membayar.

Anda harus mempelajari dulu dan mengumpulkan beberapa informasi mengenai kerja online. Banyak resiko yang akan anda dapatkan bila anda masih pemula dalam mencari modal dengan cara kerja secara online. Untuk mengantisipasi dan mengurangi resiko, sebaiknya anda mencari kerja online yang sudah terbukti dari tahun ke tahun. Bekerja secara online terbilang cukup rumit, namun bila anda sudah mahir dan sudah terbiasa dalam menjalankan kerja secara online, tentu akan lebih mudah.

Bekerja secara online untuk mencari modal usaha tentu yang ada dipikiran anda adalah kerja online yang bisa dijalankan tanpa modal. Menurut saya sekarang ini, kerja online semuanya memerlukan modal, entah itu sedikit ataupun besar.

Ada beberapa kerja online yang memang terbukti dan tidak memerlukan modal awal. Salah satunya adalah menjual jasa secara online. Dengan cara menjual jasa inilah yang sering dipakai beberapa orang untuk mencari pendapatan di internet. Untuk menjual jasa tentu saja anda harus memiliki keahlian dibidang jasa yang anda jual tersebut. Misalnya anda ahli dalam editing gambar, anda bisa menjual jasa edit gambar anda secara online.

Tempat untuk menjual jasa keahlian secara online banyak sekali. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk menjual jasa. Apabila anda ahli dan mengerti berbahasa inggris, anda bisa menjual jasa online anda melalui situs penjualan jasa terbaik di dunia. Situs jasa terbaik dan terpercaya tersebut bernama FIVERR - www.fiverr.com, Tempat menjual jasa Online yang akan membayar anda $5 disetiap 1 kali order jasa yang sudah selesai dikerjakan.

6. Nekat

Seberapa besar keinginan anda untuk bisa memulai membangun usaha sendiri. Mencari modal memang terbilang susah, dan tentu harus punya rasa keinginan yang kuat. Mudah bosan dalam mengumpulkan uang untuk modal usaha bisa membuat anda berpikiran untuk melakukan cara yang instan, yaitu pinjaman dari bank.

Kebanyakan orang selalu memulai usaha dengan cara pinjam sana-sini untuk tujuan membangun usahanya. Langsung cair kurang dari sehari, itulah yang dipromosikan bank-bank yang ingin mencari komsumennya.

Tidak salah memang kalau anda ingin mendapatkan modal sscara instan. Tetapi alangkah baiknya anda mencari modal usaha dari hasil pendapatan anda sendiri. Dengan cara bertekad adalah salah satu prinsip yang harus anda lakukan.

Dalam arti tekad yang saya maksud, bukan nekad mencari modal usaha dengan cara yang tidak wajar. Tekad yang maksud melainkan bertekad mencari uang untuk modal usaha dengan cara bekerja keras untuk mengumpulkan modal dengan halal.

Nekad bisa anda lakukan seperti bekerja serabutan menjadi kuli bangunan, kernet untuk teman yang bekerja menjadi supir, Kerja bongkar muat bila anda mampu melakukannya dan bisa dengan cara lain yang wajar dan halal. Bila anda bertekad untuk mencari modal, akan ada jalan yang akan menuntun anda dalam mencari modal.

Tidak ada yang tidak mungkin, semuanya memang perlu proses. Selagi anda masih berusia muda, dan masih kuat untuk bekerja, peluang anda menjadi seorang pengusaha masih ada didepan mata.

Penutup

Itulah beberapa ide cara dan tips paling efektif untuk mencari dan mengumpulkan modal tanpa beresiko besar. Banyak ide untuk mencari modal usaha, namun dalam mencarinya lebih baik mencari secara halal. Modal merupakan awal paling penting dan harus dicari bila anda ingin memulai suatu usaha.

Dalam memulai usaha tentu saja tidak mudah, seorang wirausahawan harus memiliki visi dan misi untuk membangun usahanya tersebut agar bisa berkembang dan lebih maju. Sukses bukan hal utama dalam menjalakan usaha. Jangan mencari kesuksesan dan ingin menjadi orang kaya terlebih dahulu. Hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah mencari cara untuk untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha yang anda jalankan.

Menjadi orang kaya itu tidak bisa dipaksakan, Kalau memang nasib anda cukup anda harus mengerti soal itu. Nasib juga tergantung dari hasil kerja anda sendiri, kalau anda memiliki niat yang tinggi dan ingin menjadi pengusaha sukses, pasti ada jalannya. Tidak ada yang tidak mungkin, karena dengan berdo'a, ikhtiar dan berusaha semua mimpi anda akan terwujud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "5 Cara Nekat Mencari Modal Usaha Gratis Tanpa Pinjaman Dari Bank"

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  2. Sudahkah Anda mencari penawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman besar, atau pinjaman murah dan cepat sebesar 2% per tahun untuk membayar tagihan darurat dan hutang? hubungi kami sekarang, greatfuturefinancialservices@gmail.com

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel