7 Ide Kreatif Memulai Usaha Lukisan Dengan Modal Kecil

LulusSmk.com - Pada kali ini saya akan membahas dan memberikan peluang usaha bagi anda yang memiliki keahlian melukis maupun menggambar. Melukis dan menggambar memang sudah dibilang bisnis seni kreatif.

Bisnis melukis ataupun menggambar bisa anda kembangkan menjadi salah satu bentuk usaha yang dapat menghasilkan uang dengan keuntungan yang maksimal.

Bagi Anda yang selama ini masih bingung mau kerja apa, mengapa tidak anda coba saja dengan memanfaatkan keahlian yang anda miliki sekarang ini. Ide dalam membuka usaha bisa dari keahlian atau hobi anda sendiri. Maka dari itu manfaatkan hobi dan keahlian anda untuk mencari penghasilan.

Keahlian ataupun hobi yang kalian miliki, memiliki keistimewaan tersendiri, misalnya anda mempunyai skill dalam menggambar ataupun melukis. Peluang menjalankan usaha dengan cara melukis inilah yang harus anda manfaatkan senidiri.

Dengan terjun ke dunia bisnis kreatif dari bekal kepiawaian anda di bidang melukis dan menggamba,r anda harus mempunyai keberanikan untuk fokus memulainya dari Nol. Banyak cara untuk menjadikan hobi anda berubah menjadi pundi-pundi uang.

Jadi disini saya akan memberitahukan kepada anda yang mempunyai skill dibidang melukis untuk dijadikan uang secara halal. Skill tersebut biasa kalian pergunakan untuk membuat salah satu kepiawaian atau keahlian anda tersebut melukis dalam bentuk apa, misalnya:
  1. Alhi melukis animasi berkarakter 
  2. Ahli dalam membuat graffity 
  3. Ahli dalam membuat gambar karikatur 
  4. Ahli membuat gambar sketsa wajah seseorang 
  5. Ahli di bidang gambar seni abstrak 
  6. Ahli dalam melukis pemandangan indah


IDE KREATIF USAHA MELUKIS ATAU MENGGAMBAR

 7 Ide Kreatif Memulai Usaha Lukisan Dengan Modal Kecil

Ada banyak bisnis lain yang bisa kalian lakukan berbekal insting dengan kemampua dalam menggambar dan melukis keahlian tersendiri diatas, tergantung bagaimana Anda berkreasi dalam mengelola lukisan dan gambar kamu bisnis.

berikut beberapa macam cara yang bisa kalian tekuni untuk mengelola bisnis anda dari awal :


1. Membuat komik

Di bidang ini kalo kamu mempunyai keahlian membuat karakter orang dan memiliki kemampuan bercerita yang tinggi, kenapa kamu tidak membuat komik saja. bagi kamu yang punya bakat menggambar sesuatu di atas kertas maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan hobi menggambarmu itu menjadi lebih hebat lagi.

di era yang modern ini sangatlah mudah untuk menjadi komikes, kalian bisa memanfaatkan aplikasi komputer yang bisa membantu anda untuk membuat komik, berikut contoh aplikasi yang bisa kalian manfaatkan seperti Adobe Photoshop, Corel Draw dan bahan pendukung lainnya seperti Print Scanner serta Kertas putih, pensil dan penghapus.

Jika kalian masih ragu gimana memasarkannya kalian tidak perlu cemas karena kalian bisa memasarkannya dan menjualnya melalui website milik anda sendiri atau juga bisa dengan akun google playstore


2. Membuat film Animasi kart

Cara yang kedua yang bisa kita jadikan sebagai bisnis selain membuat komik juga bisa untuk dijadikan menjadi film animasi kartun, sama halnya membuat komik tetapi ini bukan berupa gambar saja melainkan dengan gerak di dalam sebuah cerita.

Memang skill ini membutuhkan waktu yang lama akan tetapi dari belajar dengan niat serta keuletan kalian pasti bisa membuatnya. Contoh motivasi, film animasi yang sudah memiliki penghasilan yang besar sampai jutaan rupiah seperti contoh animasi berjudul Adit Sopo&Jarwo,  Upin Ipin, Boy boy, serta masih banyak lainnya, terus siapa yang membuat, ya sama seperti kita. Bisnis ini cukup banyak yang digemari tetapi harus mempunyai skill yang tinggu serta belajar tanpa henti.

3.Membuat Logo Banner atau spanduk

Bisnis salah satu ini memang sudah banyak yang menekuninya, mulai dari beberapa daerah pasti tempat jasa membuatkan Spanduk, Banner, serta Logo. Tapi tidak ada salahnya kan kalian mencoba menekuni hobi anda untuk memulai bisnis ini. Memang bisnis terbilang dengan modal yang besar.

Jika kalian mempunyai modal yang cukup banyak untuk menekuninya kenapa kalian tidak mencobanya saja, karena dengan memulai bisnis ini anda bisa mendapat keungungan yang lebih besar karena di setiap 1 orderan saja kalian bisa untung 500 rb -1 juta jika orderan tersebut selesai dikerjakan.


4. Melukis di kain kanfas putih

Untuk memulai bisnis ini kalian bisa mencobanya dengan membuat toko gallery lukisan. memang dalam membuat lukisan diatas kanfas memang amat susah, dari segi penjualannyapun amat repot, tetapi boleh saja kalian coba dengan metode pemasaran kalian sendiri.

Kalaupun lukisan yang anda jual laku, pasti pelanggan tersebut akan datang kembali untuk orderan kedua dan ketiga sampai seterusnya. kesempatan inilah yang biasa dilakukan oleh seorang pelukis untuk mendapatkan pundi pundi uang.

Harga yang pasok tergantung sipembeli karena disetiap orang akan berbeda pendapat mengenai lukisan kalian. bisa jadi harga lukisan anda akan dibayar dengan harga yang cukup tinggi sampai jutaan rupiah kalo memang lukiasan anda tersebut memiliki nilai daya tarik tersendiri terhadap pembeli.


5. Membuat Seni Graffity

sebelum anda memulai bisnis dibidang Graffiti sebaiknya anda harus terlebih dahulu mengenal apa itu graffiti , graffiti itu sendiri adalah sebuah gambar dimana gambar tersebut cenderung menonjolkan warna 3d, graffity juga bisa disebut sebuah coretan di bidang dengan mempertimbangkan gaya warna, tekstur, garis, bentuk serta volume untuk menuliskan sebuah kalimat kata, bidang ataupun simbol tertentu. Alat yang digunakan untuk Graffiti biasanya berupa cat warna, bisa juga dengan tinta warna, atau juga pilok pakai semprot airbrash cat.

Nah, untuk kalian yang mempunyai keahlian graffiti sebaiknya membuat atau memulai dengan bisnis graffity in public. Dimana kalian bisa bekerja dengan orang lain yang akan membayar seni anda, bisnis graffity cenderung bekerja dimalam hari dimana malam hari memang waktu yang tepat untuk membuat mengecat tembok dengan warna dan tulisan yang menawan. kegiatan membuat Graffiti biasa disebutnya sih ngebomb pelakunya disebut sebagai siBomber.


6. Sablon Kaos / Airbrash kaos

Dikesempat ini jika kalian mempunyai inovasi tinggi dalam menyablon kaos ataupun melukis kaos di sebuah bidang kain  kenapa tidak membuat usaha sablon kaos saja. untuk menyablon kaos memang membutuhkan keahlian khusus dalam membuatnya dan tentu saja memerlukan beberapa alat dan tahapan dalam menyablon kaos secara manual sebagai berikut

-->membuat atau mendesain gambar atau tulisan
untuk membuat desain diperlukan biasanya menggunakan komputer atau laptop dengan software editing dimana gambar tersebut akan dibuat untuk membuat sebuah film atau klise sablon.

-->untuk tahap selanjutnya bahan yang diperlukan adalah proses pembuatan afdruk dimana proses afdruk adalah proses memindahkan gambar yang tercetak di film sablon ke sebusah screen.

-->Selanjutnya adalah proses pencetakan, proses inilah yang yang kiat pelajari lebih dalam lagi karena proses tersebut mempunyai tahap demi tahap sebagi mana mestinya, proses pencetakan memerlukan banyak waktu seperti proses drying(pengeringan), proses curing(pengeringan pada tinta-tinta tertentu), dan dilanjutkan dengan proses burning(pengopenan).


7. Membuat dan mendesain seni abstrak

Dalam membuat seni abstrak jangan dibilang gampang, terkadang orang yang melihat seni gambar abstrak adalah gambaran anak kecil dan hanya seni coretan saja, tetapi seni ini merupakan seni insting kreatif yang tinggi dalam pembuat warna serta komposisinya

Seni abstrak sendiri didefinisikan sebagai seni yang tidak menggambarkan sesosok orang, benda, tempat dan lainnya dalam bentuk yang alami. Subjek dari seni ini adalah berdasarkan apa yang terlihat, baik dari komposisi warna, wujud, sapuan kuas, ukuran, skala, dan dalam beberapa kasus, proses penciptaan karya seni tersebut. itulah yang dinamakan seni abstrak, tidal semua orang bisa mengartikan apa yang digambarnya, tetapi seni tersebut bisa di artikan dalam bentuk seni ilustri.

Penutup

Itulah beberapa contoh yang bisa jadi pedoman bisnis anda, Hobi melukis memang bisa kita jadikan dengan sebuah bisnis, Orang yang mau berbisnis dengan ide atau karya sendiri pasti kedepannya akan menjadi seorang pembisnis sukses. Ilmu adalah segala tampa ilmu kita tidak akan bisa hidup di dunia ini. Sabar dan ketekunan menjadi prioritas utama  dan jadikian inspirasimu sendiri sebagai modal mesin pencetak uang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Komentar untuk "7 Ide Kreatif Memulai Usaha Lukisan Dengan Modal Kecil"

  1. Melukis itu selain latihan mesti punya bakat ya.. bakat yang terlatih itu yang mantab.. tapi saya gak bakat.. hiks..hiks.. makasih ya inspirasinya

    BalasHapus
  2. Jadikanlah hobimu sebagai pekerjaan maka kau akan bahagia,gitu kan gan?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Duh, kalau dr desain gini biasanya di Indonesia masih dibayar murah. Padahal ngerjain nya sulit

    BalasHapus
  5. mantap tipsnya, gan. Jangan sampai kalah dengan negara tetangga sebelah gan. Padahal di Indonesia banyak orang2 yang kreatif.

    BalasHapus
  6. Istilahnya hobi yang dibayar yah...

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas motivasinya saya akan lebih giat lagi untuk berkarya,

    #salamsenimanindonesia

    BalasHapus
  8. Thanks a lot inspirasinya gan

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel