4 Tips Mendapatkan Modal Usaha Gratis Tanpa Jaminan

LulusSmk.com - Di era yang modern ini banyak orang yang ingin memilik usaha sendiri tanpa bekerja dengan orang lain. dari beberapa orang di Indonesia cuma 10% orang dari 100% penduduk di Indonesia yang memiliki usaha sendiri, dan sisanya menjadi pegawai yang hanya mampu bekerja kepada orang lain.

Banyak dari beberapa orang yang ingin memiliki bisnis usaha pribadi tetapi terhalang dengan modal yang tidak cukup, dan juga sebaliknya orang yang memilik cukup modal bahkan lebih hanya menikmati pekerjaannya sebagai pegawai dan tidak ingin atau tidak berpikiran untuk berbisnis sendiri.
Modal memang diperlukan untuk memulai Bisnis usaha sendiri, tanpa modal orang tersebut tidak akan bisa mencapai cita-citanya sebagai bos yang memeliki usah sendiri. Dengan adanya modal orang akan mampu mengawali bisnisnya, karena modal adalah salah satu kunci penting dalam usaha.

Darimana anda akan mendapatkan modal?, itu tentu saja sebuah pertanyaan yang amat pusing. Modal bisa anda cari dengan adanya ketekatan serta usaha yang bisa anda tanamakan pada diri anda. Banyak cara untuk mencari modal, jika anda memang ingin berusaha mencarinya. Tidak ada yang tidak mungkin untuk mendapatkannya.

Saya sendiri yakin kalau anda membaca artikel ini memiliki kriteria sebagai orang pembisnis kedepannya, karena anda memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha. Hal yang harus anda cari untuk modal usaha ialah dengan memanfaatkan apa saja untuk mendapatkan uang sebagai modal.

Modal tidak harus dari pinjaman dana, Jangan sampai anda mencari modal dengan memanfaatkan bank dengan cara instan. Pinjaman dari bank memang cepat tapi beresiko untuk anda sendiri, jika kedepannya anda menyesal. Jangan sekali-kali anda terhasut oleh pinjaman yang langsung cair dari bank. Memang dari beberapa orang, banyak yang ingin memiliki usaha sendiri dengan langsung meminjam kepada bank tetapi itu belum tentu berjalan mulus 100% dengan apa yang kalian inginkan.

Bagi jika anda masih pemula dan masih belajar untuk berbisnis usaha pribadi. Sebaiknya anda mencari modal dengan hasil keringat anda sendiri, karena resiko yang anda terima kedepannya tidak akan menyesal berkelanjutan.

Berbisnis tidak semudah yang anda kira, jika anda mengira bahwa berbisnis itu mudah anda jalankan, itu hal yang bodoh yang harus anda jauhkan dari pikiran anda. Untuk memulai suatu bisnis hal yang pertama yang perlu anda ketahui adalah mencari cari cari dulu di bidang apa anda ingin menjalankan bisnis. Dalam hal apa kalian berbisnis dan apa dulu resikonya jika kalian berbisnis.

CARA MENCARI MODAL USAHA GRATIS

 4 Tips Mendapatkan Modal Usaha Gratis Tanpa Jaminan

Kalau kalian sudah mengerti dengan apa yang saya tulis diatas, maka selanjutnya saya ingin memberikan tips bagaimana cara mencari modal dengan hasil keringat anda sendiri. Apa saja yang harus dilakakuan untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam kepada bank.

Nah ini yang harus anda pahami dulu sebelum anda berniat untuk terjun ke dunia bisnis. Tips yang saya berikan ini bisa anda coba dengan kemampuan yang ada pada diri anda sendiri. Berikut adalah beberapa cara mencari modal usaha tanpa pinjaman dari bank :


1. MENCARI MODAL DENGAN BEKERJA DIPABRIK DULU

Untuk mendapatkan modal kali ini bisa anda cari dengan cara bekerja dipabrik dulu. Jika anda saat ini sudah menjadi buruh pabrik, anda bisa berpeluang besar untuk bisa mendapat modal usaha dengan gaji anda bekerja di pabrik. Hal yang penting untuk memulai misi anda supaya bisa berjalan dengan mulus adalah dengan membuat tabungan pribadi khusus untuk membagi gajian anda dengan uang modal usaha.

Mencari modal dengan mengandalkan gaji di pabrik terbilang susah, karena anda harus membagi gaji anda untuk kepentingan pribadi dengan kepentingan misi dalam mencari modal usaha. Anda bisa membagi 50% untuk kepentingan pribadi dan 50% lagi untuk keperluan modal anda kedepannya.

Dengan cara menekan uang untuk kepentingan pribadi anda bisa dengan cepat mendapatkan modal yang cukup banyak. Selanjutnya bilamana Modal tersebut sudah terkumpul dengan apa yang sudah anda inginkan, berarti misi anda dalam mencari modal terbilang sukses.

Yang Perlu anda terapkan adalah jangan langsung keluar dari pekerjaan utama anda sebagai pegawai pabrik, karena pekerjaan utama anda adalah kebutuhan anda setiap hari. Belum tentu juga bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Jika dikemudian hari bisnis anda gagal kalian masih bisa memiliki pekerjaan sebagai karyawan pabrik.


2. Mencari modal usaha dengan menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi.

Pada kesempatan ini anda bisa mendapatkan modal dengan memanfaafkan barang yang tidak terpakai dirumuah anda. Barang rusak ataupun barang yang sudah lama tidak digunakan lagi atau bisa dengan barang baru yang sudah tidak menyukainnya, daripada mubadzir kenapa anda tidak memanfaatkannya dengan menjadikan barang tersebut untuk mengumpulkan modal.

Banyak cara gimana untuk menjual barang-barang yang tidak digunakan lagi seperti contoh dengan menjual barang tersebut ke suatu toko online indoneaia layaknya tokopedia, bukalapak, blanja dot com, lazzada, olx dan masih banyak lainnya. anda juga bisa menjual barang tersebut dengan langsung COD atau ketemuan kepada sipembeli barang anda dengan memanfaatkan facebook di group jual beli barang.

3. Mecari modal usaha dengan memanfaatkan teman atau saudara anda

Jangan berburuk sangkah terlibih dulu, cara selanjutnya yang saya bahas adalah memanfaatkan teman anda untuk mendapatkan modal bukan untuk meminjam ataupun meminta uang kepada teman ataupun saudara anda. Memanfaatkan teman yang saya bahas ini adalah mencoba menawarkan ide usaha supaya bisa bekerja sama dengan teman atau saudara anda.

Mencari modal dengan cara ini dibilang cara yang sangat sulit dimana anda harus memberikan ilmu atau ide secara terperinci supaya teman anda yakin akan keseriusan anda untuk memulai suatu usaha.

Jika teman anda mau untuk bisnis bersama dengan anda, maka perjalan untuk usaha sudah dimulai. Anda bisa berdiskusi dan saling berbagi ide untuk mengumpulkan modal. Anda dan juga teman anda yang bergabung untuk memulai usaha tentu saja harus memiliki strategi.

Bisnis bersama teman bisa kita katakan dengan nama partner. Dengan memiliki ide kreatif dari masing-masing teman anda untuk mengumpulkan modal akan lebih cepat didapatkan. Bisnis tidak harus sendiri, karena banyak orang diluar sana yang sukses dengan cara bisnis group ataupun parten bisnis. Peluang mendapatkan modal tentu akan lebih mudah didapatkan jika anda bersama-sama mencarinya.


4. Mencari modal usaha dengan cara nekat

Inilah cara yang terakhir untuk mencari modal jika anda tidak mampu melakukannya beberapa cara diatas. Mencari modal usaha dengan cara nekat apapun bisa jadi modal itulah yang saya bahas. Tetapi yang harus anda pahami bukanlah cara nekat dalam hal yang berbau kriminal seperti mencuri, menipu, maupun korupsi.

Ada banyak cara nekat untuk mencari modal yang bisa anda lakukan sendiri, misalnya dengan cara mengikuti lomba mancing itupun jika beruntung, bekerja serabutan apa saja dengan cara halal, mengojek, ikut saudara atau teman untuk mencari modal dengan cara ikut bekerja misalnya teman anda bekerja menjadi supir truk, anda bisa ikut menjadi kernetnya untuk mencari modal, atau saja bekerja dengan cara lain dengan menjadi kuli bangunan dan masih banyak cara lainnya.

Mencari modal dengan cara nekat tersebut ada batasnya, anda tidak harus nekat dengan melebihi batas kemampan dan kesanggupan anda. Carilah modal dengan cara halal karena kedepannya pasti akan barokah.

Penutup

Ituluh beberapa contoh mencari modal untuk memulai usaha. Jangan memulai usaha jika anda tidak memiliki strategi terlebih dahulu. Memilih langsung usaha tanpa ada bimbingan bisa saja berjalan lancar, namun resikonya terlalu berat. Pembahasan yang saya tulis diatas bisa anda ambil poin penting-pentingnya saja

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel