5 Tips Memilih Jurusan Di SMK Setelah Lulus SMP

Postingan terkait:

Tips Memilih Jurusan Di SMK - Bagi anda yang ingin meneruskan sekolah menengah kali ini saya ingin share tips memilih jurusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan baik dan tepat. Untuk memilih jurusan memang salah satu kewajiban bagi anda saat mendaftar ke SMK. Banyak anak lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang masih bingung atau kesusahan untuk memilih jurusan yang tepat.

Dalam memilih jurusan harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu, karena jika anda salah memilih maka anda bisa bosan dan bingung dengan materi pelajaran yang diterangkan oleh guru bimbingan disekolah SMK tersebut. Jurusan yang anda pilih merupakan awal perjalanan karir anda dan jurusan yang anda minati merupakan bekal skill keahlian anda di masa mendatang.

Nah, oleh karena itu marilah kita pahami dan pertimbangkan dulu tips dan trik sebelum memilih jurusan saat mendaftar di SMK.

 5 Tips Memilih Jurusan Di SMK Setelah Lulus SMP
Sumber Gambar : Otosia.com

1). Pilih Sesuai Dengan Hobi Dan Minat

Yang pertama yaitu memilih jurusan SMK dengan hobi serta minat anda sendiri. Jangan meniru jurusan dengan teman anda dan juga jangan asal pilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan hobi anda.

Pilih jurusan yang sesui dan tepat dengan keyakinan anda sendiri. Tidak perlu terpengaruh oleh orang lain, karena minat tidak bisa dipaksakan orang lain. Jurusan yang anda minati salah satu kunci utama meraih kesuksessan, karena saat anda mengikuti pelajaran kejuruan nantinya akan senang dan merasa nyaman.

Misalnya anda minat atau hobi didunia teknologi dan suka dengan alat elektronik maka anda bisa memilih jurusan Komputer, Elektro, atau Audio Video. Pilih salah satu bidang jurusan yang sangat anda sukai.

2). Memilih Dari Tujuan Atau Cita-Cita

Yang kedua yaitu mengetahui dan bertanya pada diri sendiri, Apa tujuan anda bersekolah dan Apa yang setelah anda lakukan setelah lulus dari SMK ?. Nah, saat memilih jurusan harus juga anda ketahui dulu tujuan atau cita-cita anda setelah lulus nantinya.

Cita-cita kamu merupakan cara paling mudah dan tepat dalam memilih jurusan. Jika cita-cita anda nantinya ingin menjadi seorang dokter atau bidan, maka anda bisa memilih jurusan Farmasi di SMK Kesehatan.

3). Bertanya Pada Orang Tua

Jika anda masih kebingungan dan masih belum yakin dengan jurusan yang anda pilih, cara ketiga ini bisa jadi jawaban yang tepan supaya anda bisa lebig yakin lagi. Bertanya pada orang tua merupakan cara termudah dalam memilih jurusan SMK, karena orang tua selalu memberikan pilihan yang cocok dan baik untuk anaknya.

Selain itu, anda bisa bertanya dengan rekan, sahabat ataupun saudara anda mengenai jurusan yang cocok bagi anda.

4). Sekolah Di SMK Bukan Berarti Tidak Dapat Kuliah

Banyak pelajar SMK yang telah lulus dari SMK berkeinginan ingin langsung mencari pekerjaan. Ada pula yang ingin melanjutkan ke sekolah tinggi universitas (Kuliah) namun terhalang oleh ekonomi. Bukan berarti anda tidak bisa kuliah setelah lulus atau tamat dari SMK, karena jika anda melanjutkan Kuliah maka anda bisa mendapat banyak keuntungan yaitu menambah keahlian yang anda pelajari dari jurusan SMK dan dilanjutkan pelajaran dari Kuliah.

Keuntungan lainnya jika anda melanjutkan kuliah yaitu Ijazah serta sertifikat S1. Jika anda lulus kuliah maka anda bisa mencari pekerjaan yang sesui dengan skill atau keahlian anda sendiri. Namun tujuan kuliah bukanlah hanya mencari Ijazah melainkan mencari tambahan ilmu agar anda bisa lebih maju dan berkembang melalui pemikiran seorang yang berpendidikan.

Baca Juga Artikel Terkait : 4 Tips Sukses Mencari Biaya Kuliah Dari Kerja Sampingan

5). Rencana Dan Kesuksesan Anda Sudah Diatur

Yang terakhir setelah anda memilih dan mengambil jurusan yang cocok saat mendaftar di SMK favorit, namun anda tidak berhasil diterima atau masuk saat diumumkan janganlah berkecil hati karena perjalan kesuksesan anda mungkin bukan dari SMK pilihan anda, namun dari Sekolah SMK yang lain.

Penutup :

Itulah 5 Tips Memilih Jurusan SMK Secara Benar Dan Tepat Agar Tidak Salah Jurusan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan sikap dan Pilihan Jurusan SMK yang Terbaik Menurut kalian. Semoga apapun yang kalian pilih merupakan jurusan Terbaik untuk kalian (aamiin).

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Memilih Jurusan Di SMK Setelah Lulus SMP"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus