4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak - Selain Memori Internal Smartphone, MicroSd atau Kartu Memori juga berfungsi untuk media penyimpanan yang juga disebut memory eksternal atau memori tambahan pada Smartphone. Mungkin anda pernah mengalami masalah yang terjadi pada kartu memori yang tidak terbaca atau terdeteksi. Anda pasti kesal dan cemas karena kehilangan file penting seperti foto, video, mp3 serta aplikasi yang tersimpan dimemori sangat penting sekali.

Kartu Memori yang mengalami masalah atau tiba-tiba tidak terbaca sama sekali diakibatkan oleh beberapa faktor seperti terjangkit virus / malware yang menyerang memori anda. Penyebab utama kerusakan juga sering terjadi ketika anda melepas kartu Memori secara langsung atau bisa disebabkan karena faktor penyimpanan memori yang sudah penuh, tidak kompatibel, atau sudah tua, sehingga menjadi memori menjadi rusak dan meminta menformatnya.

Anda mungkin gelisah karena anda belum sempat memindahkanya (Backup) isi file memori tersebut ke memori internal pada Handphone atau Ke Komputer jika anda menformat kartu memori tersebut. Kerusakannya pada Micro SD yang tidak normal atau tidak ada kerusakan fisik seperti memori yang patah atau kuningan hilang, tapi kenapa bisa jadi rusak ?.

Nah, dari sini anda mungkin sempat curiga kenapa memori tersebut bisa error ?. Apalagi Memori SD yang anda miliki berkapasitas besar 8gb / 32gb / 64gb atau mungkin 128 gb dengan merek berkualitas seperti V-Gen atau Sandisk yang sangat mahal.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Hp Android Yang Rusak

 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Beberapa kasus pada SD Card yang sering error, meminta menformat dan juga tidak terdeteksi oleh Android Smartphone bisa diperbaiki dengan trik mudah tanpa kehilangan file dan data pribadi penting pada SD Card.

Untuk membetulkan sendiri anda perlu menggunakan PC atau Laptop serta Card Reader sebagai alat dan bahan utamanya. Menurut saya kerusakan yang sering dialami oleh pengguna Smartphone Android pada Memori Eksternal pasti berbeda-beda.

Memperbaiki Kartu memori Hp banyak caranya, namun disini saya akan membahas trik cara memperbaiki Memori Hp dengan cara paling simpel dan sangat praktis, yang terpenting anda sudah siap menerima resikio yakni kerusakan memori yang semakin parah serta kehilangan isinya. Jika Hal itu terjadi maka saya tidak bertanggung jawab, karena memori Hp itu sangat rentan dengan kerusakan.

Penyebab Kartu Memori Hp Android Rusak

Sebelum melakukan tahap perbaikan sebaiknya anda simak dulu, Apa Faktor Penyebab Memori Hp Bisa Rusak ? . Kartu SD yang error bisa diperbaiki, namun terkeculi bila Kartu SD mengalami cacat fisik dan sudah dipastikan bahwa memori anda mustahil untuk diperbaiki, misalnya patah atau terkena air. Hal serupa lainnya bila kerusakan tersebut bukan dari Kartu SD, namun ada faktor lain yang menyebabkan HP Android anda tidak bisa membaca Kartu SD.

Banyak faktor penyebab Kartu Memori Hp bisa rusak, gejala awal yang sering terjadi yaitu kartu SD yang kadang-kadang terdeteksi Hp Android, kadang pula tidak terdeteksi sama sekali. Berikut Adalah beberapa penyebab Kartu Memori Hp bisa rusak :

  1. Terjangkit Virus atau Malware
  2. Sering melepas Kartu Memori dengan cara paksa tanpa mematikan Smartphone terlebih dahulu
  3. Melakukan transfer data ke PC dan melepas kabel data dengan cara tidak wajar tanpa melakukan eject disk
  4. Melakukan Rooted Android dan memindahkan aplikasi System ke memori eksternal (Kartu Memori)
  5. Memasang OTG dan mentransfer data atau file dari Memori Hp ke OTG atau sebalikya.
  6. Sering Menggonta-ganti memori ke dalam Hp lain.

Baca Juga Artikel Terkait : (1) 3 Metode Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root (2) Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop (3) Cara Mengatasi Aplikasi Apk Tidak Terpasang Di Android (4) Memori Ram HP Samsung Penuh Dan Lemot, Ini Cara Mengatasinya

Langkah-langkah Memperbaiki Kartu Memori Hp Android

Sebelum melakukan trik ini sebaiknya anda coba mengganti memori yang lain atau bisa mencobanya ke Hp teman anda. Jika Kartu SD bisa terdeteksi ke HP teman anda berati kerusakan bukan dari Memori namun dari hardware atau konektor Kartu SD di Smartphone Android anda.

Nah, jika anda sudah memahami beberapa rangkuman penjelasan diatas, maka selanjutnya ada bisa melanjutkannya ke tahap perbaikan. Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki Kartu Memori Hp Android yang Error, Rusak, atau tidak terdeteksi :

1. Membersihkan Kuningan Kartu Memori

 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara membersihkan kuningan (tembaga) kartu memori. Kemungkinan besar memori yang tidak terbaca oleh smartphone Android disebabkan karena tembaga atau kuningan yang sudah pudar atau menghitam karena sudah lama atau sering dilepas. Berikut adalah cara membersihkan kartu memori hp yang error atau tidak terbaca dengan penghapus pensil :

  • Matikan Smartphone
  • Lepas Kartu Memori
  • Siapkan penghapus pensil
  • Gosok bagian kuningan tembaga memori dengan penghapus pensil sampai terlihat kuning keeamasan lagi
  • Pasang kembali kartu memori kedalam slot memori hp
  • Hidupkan Smartphone
Kalau sudah selesai, anda periksa kembali apakah memori tersebut sudah bisa terbaca dan bisa menampilkan beberapa file dan data anda yang anda simpan sebelumnya.

2. Memeriksa Memori Error Melalui PC

 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Pada tahap ini, anda hanya melihat kondisi memori error apa tidak. Untuk memeriksa memory anda perlu menghubungkan Hp ke PC menggunakan kabel data. Berikut cara memeriksa kondisi memori error apa tidak melalui PC :
  • Siapkan kabel data
  • Sambungkan kabel data dari Hp ke PC
  • Anda akan melihat notifikasi di Hp, Pilih sambungan Mass Storage Mode
  • Buka Win Eksplorer, klik kanan bagian drive kartu memori
  • Pilih properties -> tool -> error cheking
Anda bisa mengetahui apakah kartu memori anda dalam keadaan normal apa tidak. Jika Prosses pengecekan "Error Cheking" lama, mungkin kartu memori anda sudah tidak mampu menyimpan file atau sudah rusak.

3. Membackup File Data Dan Menformatnya Dari PC

 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Cara yang kedua, jika trik pertama diatas belum juga menyembuhkan kartu memori anda, maka tahap selanjutnya dengan cara mengamankan isi didalam kartu memori dan menformatnya dari PC. Berikut cara memperbaiki kartu memori menggunakan PC :

  • Siapkan Card Reader Micro SD
  • Pasang Kartu Memori kedalam Card Reader Dan Masukkan ke Usb PC
  • Tunggu sampai PC mendeteksi Kartu memori anda
  • Jika sudah terdeteksi, maka pindahkan atau Copy semua file memori ke Hard Disk PC
  • Lepas Kartu Memori dan pasang ke dalam slot memori Hp
  • Format kartu memori, jika berhasil maka anda matikan kembali Smartphone kembali
  • Lepas memori dan pasang kembali kedalam Card Reader, terus masukkan Ke Usb PC 
  • Copy atau pindahkan  file backupan tadi memori hp kembali, Selesai.

4. Repair Kartu Memori Menggunakan Aplikasi Partition

 4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan aplikasi partition tools untuk me-repair kartu sd yang error dan tidak terbaca sama sekali. Tool aplikasi ini bisa dipasang dan diunduh secara gratis melalui Google Playstore. Tool ini berfungsi sebagai pemindah kesalahan bat sector / disk error yang sering terjadi pada penyimpanan eksternal (MicroSD) seperti foto, video, mp3 dan file jenis ekstensi lainnya. Berikut cara memakai Android Partition Tool untuk mengatasi Error pada Micro Sd :
  • Download dan pasang Aplikasi Android Partition Tool Apk
  • Buka Aplikasi -> Pilih menu Tools tengah -> Atur partition
  • Pilih dan centang Swap part Memori sebagai fat32 1069 mb atau Sesuai selera
  • Klik repair dan tunggu sampai prosses berjalan hingga muncul notifikasi Success
Langkah diatas ini saya tidak menyarankan anda untu melakukannya, karena jika terjadi kesalahan, maka anda bisa kehilangan semua file yang tersimpan di kartu memori. Fungsi lain dari Aplikasi Android Partition Tool tidak hanya untuk merepair memori yang error atau rusak, App ini sering digunakan sebagai penambah memori RAM untuk Android dengan membagi partisi memori menjadi 2 hingga 4 partisi sekaligus.

Penutup

Jika Semua langkah-langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, maka anda bisa melihat dan memeriksa kembali apakah isi file yang anda backup tadi sudah bisa terlihat oleh Hp Smartphone atau masih belum. 

Jika Semua langkah diatas dari urutan Nomor 1 sampai dengan Nomor 3 masih belum juga bisa menyelesaikan masalah kartu memori anda, kemungkinan besar anda perlu membeli kartu memori lagi. Kartu Error memang bisa diperbaiki, namun belum tentu 80% bisa normal seperti semula saat masih baru.

*Bantu SHARE & LIKE Artikel

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Minta Format"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *