Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop

Postingan terkait:

Gimana Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Atau Bootloop ? Ada penyebab dan faktor yang membuat hp anda mati total. Kerusakan yang sering dialami oleh smartphone samsung memiliki Os(Sistem Operasi) yang digunakan untuk menjalankan kinerja Hp itu sendiri. Dimana sistem itu merupakan software penting yang tertaman mulai dari menjalankan booting, ke Menu, sampai kinerja penggunakan aplikasi yang dijalankannya seperti sms/chating, telepon/video Call, browsing/internetan dan main game offline/online.

Hp atau Smartphone yang mati total, gagal booting atau diam dilogo saja saat anda menghidupkan hp, kemungkinan besar terjadi adanya kerusakan atau masalah didalam software atau hardware yang tidak mampu bekerja untuk menjalankan Hp.

Saat anda menghidupkan hp, maka yang berjalan adalah power dimana power dari hp adalah tenaga listrik yang dialirkan dari baterai dan akan bekerja sama dengan komponen hardware lainnya, setelah itu hardware akan memeperkerjakan sistem operasi beserta aplikasi sistem atau software untuk memaksa menghidupkan hp atau smartphone menyala.

Awal Penyebab Hp Android Mati Total

jika Hp android anda memiliki masalah yang bisa dikatakan parah atau sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan maka yang harus anda lakukan adalah mencari solusi atau penyebab terjadinya hp anda mati total.

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop

* Awalnya Baterai lemah dan saat dicharger tidak mengisi dan terjadi mati toral 
* Awalnya Hp Normal Terus Muncul Aplikasi terhenti dan lama kemudian Hp mati total 
* Ketika Hp dipakai terjadi overheat(panas berlebihan) setelah itu Hp mati dengan sendirinya
*Ketika main game Hp mati total dengan sendirinya 
* Saat dipakai hp normal tapi lemot setelah itu hp jadi mati total

Awal penyebab diatas mungkin salah satunya pernah anda alami. Jika memang awal penyebab diatas memang sering anda alami, maka anda tidak perlu cemas dan kawatir. Solusi untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, namun tidak kemungkinan besar hp yang mati bisa hidup dengan normal 100%. Tidak ada salahnya mencoba sebelum anda berniat untuk memperbaiki hp ke konter servis hp.

Baca Juga Artikel Terkait : Penyebab & Mengatasi Hp Cepat Panas Dan Boros Baterai

Cara Cek HP Mati Total

Untuk trik atau langkah-langkah mengatasi hp mati total ada banyak caranya. Anda harus memulainya dari awal sampai akhir untuk menghidupkan kembali hp yang mati suri.

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop

# Cek Tombol On/Off Power

Cara pertama yang paling utama adalah mengecek tombol on off hp. Banyak pengguna hp yang bingung saat hpnya dicharger bisa dan muncul tanda terisi di layar namun saat dihidupkan hp tidak bekerja untuk hidup. Masalah ini sebenarnya sepele, namun untuk memperbaiki perlu alat seperti solder dan konektor tombol on/off pengganti. Untuk mengatisinya anda bisa melakukan cara berikut ini.


  • Lepas semua kesing hp dan coba sambungkan atau jumper menggunakan kabel.
  • Jika saat disambungkan hp menyala dan hidup dengan normal maka anda cukup ganti atau solder ulang kaki-kaki konektor tombol on/off menggunkan solder.
  • Ketika selesai disolder ulang namun saat di pencet, hp belum bisa menyala maka anda perlu mengganti konektor on/off dengan yang baru.


# Cek Baterai

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah melihat kondisi baterai, karena baterai merupakan sumber tegangan untuk menghidupkan hp yang mati. Cek kondisi hp, apa memang baterai anda terdapat masalah. Jika anda mencharger hp disaat baterai kosong bisa memungkinkan besar baterai hp anda tidak mampu mengisi karena umur atau usia baterai yang sudah lemah. Nah untuk mengatasi baterai hp yang tidak bisa dicharger yaitu sebagai berikut :


  • Coba lepas baterai anda dan isi pakai charges desktop (Cas Kodok) tunggu sampai baterai betul-betul terisi penuh terus coba pasang dan hidupkan kembali ponsel anda.
  • Jika Hp atau Smartphone anda baterai tanam maka cara mengatasinya yaitu dengan cara melepas kesing, selanjutnya lepas atau solder kabel atau konektor baterai,terus cas dengan cara manual menggunakan cas desktop seperti diatas (Saat melepas baterai tanam usahakan kabel - & + tidak tersambung untuk menghindari short)
  • Jika saat di charger dengan charger desktop namun tidak terisi maka coba cek menggunakan Avo, apakah baterai dalam kondisi baik atau sudah rusak. Jika memang rusak maka anda wajib membeli baterai baru.
  • Sebelum membeli baterai baru, anda coba cek lagi menggunakan power supply, kalau tidak ada coba dengan baterai lainnya untuk berjaga jaga saja apa memang hp anda motot karena baterai yang sudah rusak atau ada kerusakan lain.


Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop

Gagal booting, sering restart dan susah masuk menu atau hanya tampil di logo samsung/android saja itu dinamakan BOOTLOOP. Kesalahan dan terjadi kerusakan yang mengakibatkan handphone tidak masuk menu karena ada masalah pada software atau sistem OS yang bermasalah.

Jika anda sering mengutak-atik sistem atau rooting di dalam hp android maka tentu akan rawan kerusakan software, dimana software sistem yang harusnya tidak boleh diubah dan tidak boleh dihapus terus anda paksa mengubahnya.

Mati total atau Bootloop tidak sama loh. Mati Total (MaTot) adalah dimana hp atau smartphone android/Ios tidak memungkinkan untuk hidup atau menyala sama sekali. Tidak ada tegangan atau hp bisa dihidupkan namun hanya keluar getar dan tidak ada tampilan.

Nah Kalau Bootloop yaitu dimana hp android atau ios yang tidak bisa masuk menu atau tampilan home layar. Ketika dihidupkan hp tidak berjalan normal dan dalam posisi logo merek hp android atau juga bisa dibilang gagal booting.

Untuk mengatasi hp android yang bootloop atau gagal booting seperti samsung, vivo, lenovo, advan, evercoss, andromax, lg, xiaomi, sony experia, dll sebenarnya cukup mudah. Betikit adalah cara memperbaiki hp android yang gagal booting :

Baca Juga Artikel Terkait : Cara Mengatasi Hp Android Kemasukan Air Baterai Tanam

1. Cara Mengatasi Hp Android Bootloop Melalui Hard Reset

Hard reset merupakan cara paling simpel dimana anda hanya melakukan pengaturan pabrik, namun disini hard reset yang kita lakukan ketika hp dalam kondisi mati atau bootloop. Anda hanya memerlukan sebuah tombol rahasi yang difungsikan untuk masuk kemenu recovery smartphone android. Berikut adalah tutorial cara hard reset semua merek android :

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop

* Matikan Hp anda, lepas dan pasang baterai.
* Pencet tombol rahasia untuk masuk kemenu recoveri berikut :

1. Tombol Power, Volume Up secara bersamaan dan ketika terlihat logo lepas semua tombol (untuk merek Xiaomi, Oppo, Evercoss, Advan, Lg, Vivo, Sony Experia dan jenis hp china lainnya) 
2. Tombol Power, Volume Up dan Volume Down secara bersamaan dan ketika terlihat logo lepas semua tombol (Andromax, Dan hp china lainnya) 
3. Tombol Power, Volume Up dan Tombol Home secara bersamaan dan ketika muncul logo samsung lepas semua tombol (Untuk semua merek samsung galaxy android)
* Setelah masuk recovery pilih wipe data dan tinggal pilih yes/ok
* Back (Kembali) kemenu recovery dan pilih reboot sistem.
* tunggu sampai android melakukan penghapusan dan masuk menu home secara normal (Biasanya membutuhkan waktu -+ 15-20 menit)

2. Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dengan Flashing Menggunakan PC

Bila cara diatas belum bisa mengatasi permasalan anda dan hp masih dalam keadaan bootloop atau mati total maka solusi terakhir adalah dengan cara flasing ulang atau menghapus semua sistem dan memasang ulang sistem OS android menggunakan PC/Laptop. Berikut adalah cara flashing Hp Android :

NOTE : Langkah Dibawah Ini Hanya Contoh Tutorial Hp Android Jenis Samsung Galaxy All Merek & Versi

Tool flashing yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut :

(Tool)

  • Pc atau laptop windows 7 32/64 bit
  • Kabel Data
  • Hp Samsung yang Matot / Bootloop
  • Segelas Teh / Kopi Panas


(Software)


  • Usb Driver Qualcom / Samsung Kies (Anda bisa mencari dan mendownload driver ini di google)
  • Odin Flash (Tool flashing khusus samsung bisa anda cari di google)
  • File Frimware Khusus Jenis Samsung Anda (Anda bisa mendownload di situs sammobile.com)


Ketika semua bahan dan tool diatas sudah siap maka selanjutnya adalah langkah Flashing Hp Samsung Galaxy anda, Berikut adalah tutorial cara flasing Hp Samsung All merek :

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop

1. Instal Semua tool dan bahan seperti driver samsung / kies, Odin Flash, Dan Extrak file frimware tersebut menggunakan Winrar/Winzip.

2. Buka aplikasi Odin Flash dan Klik AP / PDA terus cari hasil extrak frimware anda tadi, cari dan pilih file berformat *tar.md5. Setelah itu anda ceklist Auto Reboot dan F.Reset.Time.

3. Matikan Handphone anda dan masuk ke mode download dengan cara pencet tombol Power (On/Off) ,Vol (+), Home secara bersamaan. Lepaskan semua tombol ketika muncul tampilan Mode Download Robot Hijau.

2. Kembali lagi ke aplikasi Odin Flash dan sambungkan hp ke pc menggunakan kabel data. Pastkan muncul driver dengan tulisan COM di Odin Flash. Jika belum muncul coba ulangi langkah No.2. Jika masih belum muncul juga coba cari driver usb qualcom yang lain / instal samsung kies saja.

3. Jika langkah diatas dan usb sudah terdeteksi di Odin Flash maka tahap berikutnya yaitu tinggal pilih Start dan tunggu Odin berjalan sampai muncul notifikasi sukses. (Tahap ini membutuhkan waktu 15-30 menit)

4. Setelah flashing sukses maka hp samsung akan hidup atau restart secara otomatis, Lepas kabel data dan tunggu hp anda muncul dimenu home. (Untuk tahap ini membutuhkan waktu 20-30 menit)

Itulah beberapa trik cara mengatasi hp android mati total atau gagal booting dengan mudah. Bila beberapa tahap diatas masih belum memperbaiki masalah anda, maka anda bisa berkomentar dikolom bawah ini.

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Dan Bootloop"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus