3 Metode Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

LulusSmk [Ss] - Gimana Cara Menghapus Aplikasi Sistem Di Android ? Kali ini saya akan membahas menghapus aplikasi dari sistem bawaan pabrik dan aplikasi tambahan dari playstore di perangkat Android Anda.

Untuk menghapus aplikasi sistem bawaan pabrik, Anda perlu membersihkan data yang dan membobol perangkat android Anda dan kemudian  menghapusnya melalui komputer/PC.


# Menghapus Aplikasi Android Hasil Download Playstore - Tanpa ROOT

1. Buka menu dan klik Aplikasi pengaturan - Anda tidak bisa menghapus aplikasi sistem dengan trik ini, karena metodi ini digunakan untuk mencopot aplikasi yang dihasilkan dari pemasangan manual atau dari hasil download playstore

2. Gulir kebawah cari dan buka Apps di dalam menu pengaturan.

3. Cari dan pilih aplikasi yang ingin anda copot pemasangannya.

4. Setelah terpilih, anda tinggal pilih Uninstal - Jika tidak ada pilihan UNINSTALL , maka aplikasi tersebut memang tidak boleh dihapus. Aplikasi defaut yang tidak bisa dicopot, harus memiliki persetujuan atau bisa dikenal dengan sebutab Rooted/rooting. Namun anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut dan tidak menampilkan ke layar menu atau bisa disebut menyembunyikan (Hidden) app.

5. Konfirmasi penghapusan aplikasi dengan memilih notifikasi OK.


# Menghapus Aplikasi Sistem Android Bawaan HP - Wajib ROOT

Mencopot App Sistem Dengan Rooting

Pada tahap ini anda diperlukan beberapa file-file apk root untuk membobol sistem agar bisa membuka dan menghapus app bawaan pabrik android.

Beberapa Smartphone Os Android memiliki beberapa metode dan trik yang berbeda-beda. Tujuan rooting untuk pengguna android berguna untuk menyegarkan dan melonggarkan memori internal dan juga ram kinerja android.

Trik paling mudah untuk melakukan root android seperti samsung galaxy, sony experia, vivo, advan, evercoss, lg, xiaomi dan lainnya sangatlah mudah. Yang membedakan saat melakukan root yaitu versi android yang lebih rendah dan lebih tinggi atau terbaru.

Cara simpel untuk melakukan root ke semua android versi jellybean, kitkat yaitu dengan cara mendownload app kingroot. Instal dan buka app kingroot dan jalankan rooted setelah itu tunggu sampai kingroot berjalan hingga 100℅ komplit.

Bila smartphone android samsung atau lainnya dengan versi android kitkat keatas hingga versi marshmellow atau nougat mungkin jauh berbeda. Anda harus root android anda dengan PC atau komputer.


- Baca Juga Artikel Terkait : 
6 Trik Mengatasi Hp Android Lemot Tanpa Root
Cara Mengatasi Aplikasi Apk Tidak Terpasang Di Android


Nah bila smartphone android anda sudah dalam posisi rooted maka tahap selanjutnya yaitu dengan cara berikut ini :

1. Download aplikasi system app remover melaui playstore.

2. Buka Aplikasi dan konfirmasi GRANT, ketika SuperSU meminta akses rooted.

3. Cari serta pilih beberapa aplikasi sistem yang ingin anda hapus dengan klik ceklist kotak yang tersedia.

4. Jika Aplikasi sudah terpilih, maka anda tinggal pilih tombol Uninstal.

5. Saat muncul pop up notifikasi, anda tinggal melakukan konfirmasi dengan cara klik tombol YES, terus anda tinggal menunggu proses berjalan sampai sukses.


# Hapus Aplikasi Sistem Android SDK Melalui Pc

Untuk metode penghapusan app sistem android melalu pc dengan bantuan aplikasi android sdk.exe akan lebih rumit. Anda perlu menghubungkan android anda dengan kabel data, serta beberapa tool dan bahan yang perlu anda persiapkan sebagai berikut.

* Android Sdk tool disini
* driver usb disini

Untuk driver diatas anda bisa memilih file usb driver yang sesuai dengan tipe smartphone anda, suppror win xp, 7, 8 32/64 bit.

1. Instal aplikasi android sdk tool exe beserta driver melalui pc/laptop

2. Ambil android anda dan aktifkan mode debugging usb. Untuk mengaktifkan debugging anda perlu melakukan pengembangan seperti cara berikut ini
 * buka pengaturan
 * gulir kebawah, klik about phone
 * klik 5x - 7 x di bagain number seri phone sampai muncul notifikasi " anda sudah menjadi pengembang"
 * kembali kepengaturan gulir kebawah dan klik debugging (pengembang)
 * gulir kebawah dan aktifkan mode usb debugging


2. Sambungkan smartphone ke pc menggunakan kabel data ori, tunggu sampai proses pencarian driver merek hp anda terdeteksi.

3. jalankan ADB dari komputer, ADB berjalan melalui Command Prompt. Alternatif trik bisa Buka folder tempat Anda menginstal ADB. Secara default, biasanya di drive C:\Users\username\AppData\Local\Android\Android\android-sdk\platform-tools.
Tahan ⇧ Shift dan klik kanan di folder.
Klik Buka jendela perintah di sini . Ini akan meluncurkan Command Prompt di lokasi saat ini.


4. Tampilkan daftar aplikasi yang diinstal pada perangkat. Begitu Anda berada di Command Prompt, Anda dapat memberi tahu ADB untuk mengambil daftar aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Ketik berikut ini ke dalam Command Prompt:

 * Ketik adb shell dan tekan ↵ Enter. Ini akan memulai perintah khusus untuk perangkat Anda.

 * Ketik cd system/app dan tekan ↵ Enter. Ini akan membuka folder aplikasi pada perangkat Anda.

 * Ketik ls dan tekan ↵ Enter. Ini akan menampilkan daftar semua aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda.


5. Temukan aplikasi sistem yang ingin Anda hapus.
Daftar aplikasi kemungkinan besar akan cukup besar. Gulir daftar dan cari aplikasi yang ingin Anda hapus. Perhatikan seluruh nama file dari aplikasi.

6. Copot pemasangan aplikasi sistem yang ingin Anda hapus. Ketik dan tekan untuk menghapus aplikasi. Anda dapat mengulanginya untuk aplikasi lain yang ingin Anda hapus. contoh ketik "rm AppName.apk" kemudian tekan tombol ↵ Enter untuk menghapus app. Ketik reboot dan tekan ↵ Enter setelah Anda selesai menghapus aplikasi untuk memulai ulang ponsel Anda.

NOTE : Tips dan trik cara mencopot apps android diatas bisa anda coba, namun apa yang anda lakukan diluar tanggung jawab saya jika terjadi masalah error atau bootloop android,  jika anda anda melakukan rooting.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Metode Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *