Cara Mengatasi Hp Android Kemasukan Air Baterai Tanam

Apa Hp Android Anda Kemasukan Air ???. Ketahui bahwasannya hp yang tercebur kedalam air atau hp anda terkena air hujan maka akan ada resiko yang bisa membuat hp android anda jadi rusak atau bisa matot sekaligus. Jika handphone anda rusak karena kemasukan air, anda pasti langsung membawanya ke tukang servis hp. Memang dalam memperbaiki ponsel yang kemasukan air cukup sulit dan perlu tindakan yang cepat, karena bila ponsel tersebut dibiarkan hidup, tentu akan membuat hp menjadi mati total atau tewas seketika.

Jika anda mengalami hal ini, tidak perlu kawatir. Gegabah boleh saja namun jangan langsung menvonisnya bahwa hp anda rusak. Hp yang kemasukan tidak perlu ditindaklanjuti atau diserahkan kepada konter servis hp. Anda bisa menperbaiki atau servis Hp sendiri dengan cara sederhana tanpa ada alat khusus.


Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Cermati strategi yang perlu anda tindak. Jangan buru-buru mengandalkan jasa orang sebelum anda sendiri yang memperbaikinya. Tahap dan trik mengatasi hp tercebur kedalam air dengan waktu yang cukup lama memang sangat beresiko matinya hp android anda, namun tidak ada salahnya anda mencoba memperbaiki sendiri. Berikut 4 Trik Dan Tips Mengatasi Hp Android Yang Kemasukan Air :

1. Langsung Copot Batre

langkah pertama yang harus diutamakan adalah dengan cara melepas batre. Hal ini harus sigap dan segera dilakukan dengan cepat. agar daya listrik dari batre ke hp berhenti. Melepas baterai dengan sigap berfungsi agar komponen yang ada didalam hp tidak konslet.

Kalau Hp Android Anda Baterai Tanam Gimana ? Nah bagi pemilik smartphone terbaru yang dengan baterai tertanam didalam dalam, kemungkinan bingung untuk melepas baterai. Bagi anda yang memiliki hp dengan baterai tanam, tidak perlu kawatir ketika smartphone android anda kemasukan air, Hal yang perlu dilakukan yaitu dengan cara mematikan hp menggunakan fitur power manual secara sigap dan cepat.

2 Jangan Charging Hp

Salah satu penyebab hp mati total karena kemasukan air, entah itu air laut atau tawar disebabkan karena anda mencargher hp disaat hp belum benar-benar bersih dari air. Meskipun hp android anda kelihatan normal setelah hp tercebur air, namun belum tentu air tidak masuk kedalam. Kesalahan pengguna inilah yang sering dilakukan.

Jangan mencharger hp meskipun hp anda kehabisan baterai. Tegangan listrik dari baterai ke hp bisa membuat hp anda mati total disaat anda memaksa mencharger hp yang baru saja terkena air.

3. Lepas Semua Kasing

Langkah kedua untuk berjaga-jaga adalah dengan cara melepas semua kasing. Jika hp android anda tercebur didalam air, maka solusinya adalah membuang sisi-sisa air didalam hp. Air masuk dengan seketika dari sela-sela hp, bila tidak dengan cepat diatasi dengan membuka kesing dan membersihkannya maka akan berdampak buruk, dan terjadi konsleting.

Segara buka kesing hp android atau hp jadul anda dengan perlahan-lahan, buang sisa air yang mengendap didalam, lalu saput bersih pcb mesin dan kesing dalam hp keselurhan menggunakan kain kering/tissue.

Kalau Hp Android Anda Membuka Kesing Dari Layar Lcd Dan Baterai Tanam, Gimana ? Smartphone dengan kualitas premium dirancang dengan rapat agar tidak mudah terlepas, namun banyak pengguna yang mengeluh saat hp androidnya terkena air dan sulit membuka kesing. Jika smartphone dengan baterai tanam dan sulit dibuka, maka air yang yang ada didalam hp akan mengendap dalam waktu yang lama. Tapi jangan kawatir, anda masih bisa membersihkan air yang ada didalam hp tanpa harus membuka kesing.

Cara mengatinya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan baskom dan beras secukupnya, beras tersebut berfungsi untuk menyerap air dari luar tanpa harus membuka kesing hp. Letakkan hp anda pada baskom yang berisikan beras, diamkan hp anda dalam waktu 24 jam atau bisa 2 hari agar air bisa diserap secara maksimal.

4. Bersihkan Mesin Dengan Tinner

Bila PCB atau mesin hp anda terjadi korosi yang disebabkan oleh air yang mengendap di pcb, maka akan mengakibatkan kinerja hp tidak maksimal meskipun hp anda hidup dan normal. Perlu diketahui, bahwa mesin hp android yang korosi dibeberapa komponen bisa jadi mengakibatkan komponen tersebut rusak.

Nah untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu mempersiapkan tinner A spesial atau tinner biasa untuk membersihkan sisa-sisa bekas mesin kemasukan air. Pakai sikat gigi bekas dan gosok perlahan-lahan pcb/mesin hp anda.

Penutup - Itulah beberapa cara mengatasi hp android yang terkena atau tercebur di air. Hp yang kemasukan air bisa diatasi dengan mudah, namun untuk mengatasinya harus dengan cepat dan sigap. Hp yang sudah mati total karena terkana air disebabkan karena adanya daya listrik dari baterai yang terus mengalir dan akhirnya terjadi konslet. faktor konsleting tersebut diawali saat hp anda tiba-tiba panas (Overheat) dan timbul korosi di beberapa komponen hardware didalam hp.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Hp Android Kemasukan Air Baterai Tanam"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *