10 Strategi Cara Cepat Dapat Kerja Setalah Lulus SMK/SMA

Postingan terkait:

Setelah tamat sma/smk mungkin anda sempat berfikir dan bertanya pada diri anda sendiri. Apa yang anda lakukan setelah lulus sekolah? . Tentu saja memilih kerja, mayoritas kebanyakan pelajar yang sudah selesai duduk di bangku sekolah smk atau sma akan berpikiran sama, tidak lain ingin mendapat pekerjaan dengan cepat.

Pekerjaan memang menjadi dambaan bagi pelajar setelah tamat dari sekolah. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tentu saja harus berusaha mencarinya. Untuk mencari lowongan kerja anda harus memiliki strategi sendiri supaya mudah menemukan pekerjaan yang cocok.


Banyak lulusan sma/smk yang tidak meneruskan kuliah dan memilih untuk bekerja. Punya keyakinan untuk bekerja dan tidak meneruskan kependidikan akhir memang menjadi pilihan bagi golongan keluarga yang tidak mampu.

Disisi lain banyak juga orang yang cuma memiliki ijazah tamatan sma/smk yang menganggur gara-gara tidak menemukan pekerjaan. Sebaliknya pun juga banyak lulusan sma/smk yang bekerja dengan gaji yang lumayan bahkan bisa sampai lebih dari lumayan.

Sebenarnya orang yang bernasib baik dengan memiliki pekerjaan yang tetap dengan gaji yang lumayan tinggi tersebut, dulunya juga sempat punya pengalaman yang sama dengan anda. Namun dia punya cara atau strategi sendiri dalam mencari pekerjaan. Anda juga bisa berkesampatan menjadi orang yang sukses dengan pekerjaan yang cocok seperti mereka.

Strategi itulah yang harus anda lakukan dalam mencari pekerjaan dengan cepat untuk anda yang tamatan sma/smk. Berikut adalah 10 tips dan strategi untuk mencari pekerjaan dengan cepat dan mudah :

1. Siapkan CV Lamaran Sebanyak Mungkin

CV lamaran merupakan syarat yang terpenting untuk mengajukan permohonan kerja, tanpa ada lamaran anda tidak bisa melamar pekerjaan. CV lamaran berisi beberapa lampiran seperti Daftar Riwayat Hidup, Ijazah Terakhir, KTP, SKHUN, SKCK, Kartu Keluarga, Pas Foto 3x4 atau 4x6 cm Dan beberapa lampiran pendukung lainnya Srcipt Nilai, Sertifikat, Surat Kesehatan, Surat Kuning, Surat Bebas Narkoba dan lain-lain jika dibutuhkan. Bila anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan, anda harus membuat CV lamaran tersebut sebanyak mungkin. Anda bisa melamar kerja dengan mengirim satu persatu perusahan yang membutuhkan karyawan dengan cara langsung datang ke perusahaan tersebut ataupun melalui pos.

Namun ada beberpa perusahaan yang merekrut karyawan hanya melalui online (soft copy file cv). Hal ini memang menjadi syarat dan ketentuan dari sebagian perusahaan dalam merekrut karyawannya. Untuk melamar online/soft copy anda memerlukan laptop/pc dan print scanner untuk melamar kerja. Namun bila anda tidak punya perlengkapan untuk membuat file softcopy cv, anda bisa foto melalui smartphone anda dengan cara memfoto satu persatu lampiran yang diperlukan. File tersebut dibuat dalam format Pdf yang akan dikirim melalui email atau website resminya.

2. Gabung Di Group Lowongan Kerja Facebook

Untuk mencari lowongan kerja yang ingin anda lamar, anda bisa memanfaatkan sosmed facebook. Kebanyakan orang yang mencari pekerjaan memang sering sekali berkumpul dan saling berbagi informasi lowongan kerja, salah satunya adalah group facebook tersebut. di group itu anda akan menemukan informasi lowongan pekerjaan yang bisa anda lamar.

Untuk bergabung ke group loker facebook anda harus memiliki akun facebook aktif. Cari group facebook di kolom pencarian dengan memasukan kata kunci, misalnya anda ingin mencari loker jawa timur. Pilih group yang memiliki jumlah anggota banyak dan klik gabung. Tunggu sampai admin dari group tersebut menerima anda, dan jika anda sudah diterima, sekarang anda bisa mencari beberapa lowongan kerja yang tersedia disana.

3. Download App Lowongan Kerja Di Playstore

Untuk cara berikutnya ini adalah trik cepat juga dalam mencari lowongan kerja bila anda menggunakan smartphone android. Anda bisa dengan mudah dan lebih praktis mencari lowongan pekerjaan yang sudah disediakan oleh playstore tersebut.

Sebelum anda memasang app lowongan kerja di smartphone, anda cari dulu app yang terpercaya dan selalu update, untuk menghindari penipuan ataupun sejenisnya. App yang terpercaya tersebut adalah seperti Jobstreet dan karir. Kedua app android tersebut memiliki jumlah ranting dan ulasan terbaik dan terbanyak. Anda tinggal pilih app lowongan tersebut dan pasang di hp anda. Buka app tersebut dengan mengaktifkan data seluler hp anda dan cari lowongan pekerjaan yang anda minati.

4. Cari Lowongan Kerja Terupdate Di Website Lowongan Kerja

Memanfaat informasi di jaringan memang salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh banyak masyarakat. Dengan memanfaatkan si google anda bisa dengan mudah mencari informasi lowongan kerja terkini dari berbagai daerah. Si google akan memudahkan anda untuk menelusuri berbagai lowongan kerja yang akan tertuju pada salah satu website lowongan kerja.

Nah di website tersebutlah anda bisa mencari lowongan kerja yang terupdate. Beberapa website terpercaya untuk pencari lowongan kerja seperti jobstreet.co.id, topkarir.com, rekrutmen.net dan openkerja. Semua website tersebut menyediakan berbagai informasi seputar lowongan kerja yang paling lengkap dari berbagai macam daerah di nusantara.

3. Kirim CV Lamaran Ke Semua Lowongan Yang Tersedia

Setelah anda menemukan berbagai lowongan kerja, sekarang saatnya anda melamar pekerjaan kesemua informasi lowongan kerja yang sudah anda targetkan. Cara ini merupakan cara paling ampuh mempercepat keinginan anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Kirim semua lamaran yang sudah anda target, selanjutnya anda tinggal menunggu kabar atau panggilan dari salah satu perusahaan tersebut. Agar anda cepat mendapat panggilan dari perusahaan yang anda lamar, sebaiknya anda lihat-lihat dulu persyaratan dari masing-masing perusahaan. Lengakapi persyatan CV lamaran anda jika ada tambahan, karena masing-masing perusahaan merekrut karyawan barunya dengan persyaratan yang berbeda-beda.

4. Jangan Berhenti Mencari Lowongan Sampai Anda Mendapat Pekerjaan

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan terus-menerus mencari lowongan pekerjaan sampai anda berhasil dan bisa bekerja sesuai keinginan anda. Jangan mudah bosan dan capek dalam mencari lowongan kerja. Nasib anda bisa anda tentukan sendiri bila anda terus berusaha tanpa mengenal kata lelah.

Banyak orang yang melalikan hal sepele ini, mencari lowongan kerja tidak semudah yang anda kira. Mencari pekerjaan tentu saja harus diawali dengan niat bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pekerjaan. Kunci utama untuk bisa mendapatkan pekerjaan adalah terus menerus mencari lowongan kerja dengan melamar ke semua perusahaan yang membutuhkan karyawan.

5. Bangun Setiap Pagi Hari Untuk Menunggu Panggilan Kerja

Rutin bangun dipagi hari merupakan faktor utama untuk bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Akan percuma dan sia-sia anda melamar pekerjaan sana-sini kalau anda malas untuk bangun pagi. Banyak manfaat bila anda rutin bangun setiap pagi, salah satunya untuk menunggu panggilan kerja. Perusahaan yang anda lamar akan memanggil anda pada pagi hari di jam kerja.

Banyak orang pengangguran yang malas, selalu begadang dimalam hari dan selalu bangun siang hari. Sifat tersebut harus anda jauhkan bila anda tidak ingin lama-lama menjadi pengangguran. Maka dari itu, bangun pagi hari merupakan kunci utama dan penentu untuk mendapatkan kerja.

6. Hadiri Semua Panggilan Kerja

Ketika anda mendapat panggilan kerja entah itu berbentuk telpon, sms, ataupun email, anda diwajibkan untuk menghadiri panggilan tersebut tanpa terkecuali bila anda ingin mendapat pekerjaan. Panggilan rekrutmen karyawan dari perusahaan tersebut akan memberikan jadwal hari, jam, tempat, dan tanggal untuk anda hadiri tepat waktu tanpa ada alasan apapun.

Pentingnya panggilan kerja, merupakan kebanggaan tersendiri bagi semua orang pencari lowongan kerja. Maka dari itu, anda harus siap apapun kesibukan anda untuk menghadirinya. Peluang tersebut harus anda gunakan sebaik mungkin, karena kesempatan mendapat panggilan kerja tidak akan datang kedua kalinya.

7. Berpakain Rapi Dan Bersih Saat Menghadiri Panggilan Kerja

Berpenampilan rapi merupakan hal yang terpenting jika anda mendapat panggilan tes kerja dari perusahaan. Jangan anggap hal sepele ini anda hiraukan ataupun anda berpikiran bahwa penampilan tidak ada dampak diterima atau tidaknya bekerja.

Saat anda interview ataupun tes tulis, pertama kali yang dinilai oleh HRD adalah dari segi penampilannya terlebih dahulu. Penampilan merupakan ciri dari sifat seseorang yang dilihat dari mata. Selanjutnya HRD akan melihat dari segi pemikiran dan mental seseorang saat anda dites tulis ataupun tes wawancara.

8. Pilih Pekerjaan Yang Cocok Dan Mudah Dikerjakan

Bila anda mendapatkan panggilan kerja dari 2 perusahaan dalam jadwal yang sama, mungkin anda akan bingung untuk menghadiri perusahaan yang mana. Ketika jadwal hari panggilan kerja tersebut sama, namun dijam yang berbeda, anda masih punya kesempatan untuk menghadiri panggilan kerja kedua-duanya. Namun apabila jadwa waktu dan hari memiliki jadwal yang sama persis anda harus pintar-pintar memilih salah satunya. Lakukan yang terbaik untuk anda sendiri, pilih dan tentukan perusahaan yang memang sangat membutuhkan karyawan.

Nah itulah tips jika anda mendapat 2 panggilan kerja yang memiliki jadwal yang sama. Pilih pekerjaan yang cocok dan mudah untuk anda kerjakan dan yang paling penting adalah memilih perusahaan yang sangat membutuhkan karyawan. Hal tersebut akan mempercepat anda untuk mendapatkan pekerjaan.

9. Pertahankan Pekerjaan

Saat anda sudah bekerja dan tidak lagi mencari lowongan kerja serta cocok dengan pekerjaan tersebut, maka anda harus mempertahankannya. Jangan terlalu mementingkan gaji saat anda bekerja. Pikir-pikir dahulu kalau anda ingin keluar dari perusahaan tersebut. Ingatlah dulu saat anda seorang pengangguran yang susah payah mencari lowongan kerja.

Kalaupun anda memang ingin keluar, anda harus punya loncatan pekerjaan lain. Pekerjaan merupakan sumber penghasilan untuk kebutuhan anda sehari-hari. Bila anda memang menginginkan untuk keluar dari perusahaan tersebut, anda harus keluar dengan baik dan pamit. Pentingnya pamit dengan baik saat keluar bekerja, supaya suatu saat jika anda ingin kembali bekerja, lebih mudah untuk direkrut kembali oleh perusaan tersebut.

10. Perluas Pengalaman Untuk Menentukan Karir

Seorang karyawan pabrik memang sulit untuk bisa menjadi orang sukses. Pengalaman saya saat bekerja di pabrik memang terbilang sangat buruk. Gaji yang cuma itu-itu saja membuat saya memiliki ide dan cara tersendiri untuk memperbaiki masalah ekonomi.

Untuk menjadi orang sukses memang tidak harus bekerja dipabrik. Dari situ anda bisa sadar bahwa bekerja untuk orang lain memang susah untuk menjadi orang sukses. Menabung adalah cara dan ide yang tepat, karena dikemudian hari anda pasti akan berhenti bekerja jadi karyawan. Menabung untuk mengumpulkan modal memang jarang dilakukan oleh karyawan pabrik, karena mereka merasa nyaman menjadi karyawan.

Maka dari itu menabunglah selagi anda bisa, tentukan karir anda untuk dimasa yang akan datang. Mulai usaha sendiri dan manfaatkan gaji anda untuk menabung. Bila anda yakin untuk memulai usaha kenapa tidak. Jadikan mimpi anda menjadi kenyataan dan bangun usaha anda mulai dari sekarang.

Trimakasih telah membaca artikel ini sampai tuntas, mohon maaf bila ada salah kata ataupun kalimat dan perkataan yang mungkin menyinggung anda. Beri kritikan dan saran anda melalui komentar dibawah ini.

Belum ada tanggapan untuk "10 Strategi Cara Cepat Dapat Kerja Setalah Lulus SMK/SMA"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus