4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada

Postingan terkait:

Jumpa lagi bersama saya di situs yang mengutamakan informasi seputar bisnis. Sekarang saya akan membahas mengenai usaha kreatif yang sedang trend saat ini yaitu peluang usaha kreatif yang memiliki persaingan minim dan kecil. Sebelum kita membahas tentang topik utama ada baiknya saya memberikan beberapa tips membuka usaha agar anda bisa sukses.

-Silahkan melanjutkan membaca dengan membuka tab baru lagi di browser hp anda atau laptop anda disini atau klik Tips Menjadi Pengusaha Pemula Yang Sukses.

 4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada


Berikut adalah 4 Usaha kreatif yang memiliki persaingan kecil dengan keuntungan penjualan yang besar :

1. Membuka usaha souvenir foto pigora 3d / pop up frame

Membuka usaha dengan memanfaatkan kayu bekas memang dikatakan bisnis usaha kreatif dengan modal seadanya, namun tidak disangka bahwa bisnis membuat kerajinan foto pigora 3D ini bisa terjual dengan harga yang tinggi sampai jutaan rupiah perbijinya.

Banyak orang yang belum mengenal dengan usaha kreatif jenis ini, maka dari itu peluang kesempatan bagi anda dalam membuka usaha souvenir foto pigora 3D merupakan usaha yang cukup menjanjikan dan perlu anda coba.

Sebelum anda memulai dan mencoba bisnis kreatif kerajinan tangan seperti anda harus mempunyai niat dan keyakinan untuk belajar seni ukir 3D terlebih dahulu, karena dalam membuat pigora frame 3D tidak semudah yang anda pikirkan, karena anda harus memiliki skill dalam mengukir kayu dan juga harus memiliki beberapa trik dalam mengukur dan memilih kayu yang tepat.
 4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada
Modal dalam membuka dan membuat kerajinan ukir frame foto pigora 3d ini tidak terlalu tinggi, anda cuma memerlukan beberapa alat ukir dan kayu balok sebagai bahan utama untuk bisa menjalankan bisnis ini. Beberapa alat lainnya bisa menyusul saat anda membuatnya dan saat anda menambahkan beberapa ide menarik lainnya seperti warna dan hiasan didalamnya. Nah dari sini anda bisa belajar usaha tentang modal awal yang diperlukan saat anda membuat ukiran kerajinan tangan tersebut.

Membahas tentang modal, memang harus dipersiapkan terlebih dahulu karena disetiap anda menjalankan dan membuka usaha tentu diawali dengan modal. Jika anda tidak mempunyai modal lebih ketika ingin membuka usaha foto pigora 3D, jangan kawatirk, karena anda cukup membuat satu frame saja dengan ukuran minimalis dan langsung bisa anda coba untuk memasarkannya. Jika kerajinan tangan anda laku terjual, nah mulailah membuat 1 atau 2 lagi dengan hasil penjualan pigora 3D yang anda dapatkan itu. Dan jika anda ingin mencari modal usaha inilah beberapa tips mencari modal usaha.

Dalam memasarkan produk atau hasil ukiran pigora 3D yang anda buat tidak terlalu sulit, karena banyak cara untuk memasarkannya. Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial seperti Facebook atau Instagram dengan memajang foto hasil seni buatan anda dan memberikan deskripsi postingan bahan, ukuran dan harga tentunya. Bila anda kesusahan untuk memasarkannya di media sosial, anda juga dapat memasarkan ke beberapa Toko Online (market place) Indonesia seperti Bukalapak atau juga Tokopedia.

Sebelum anda memasarkan produk atau karya seni ukiran pigora 3D, maka tentukan terlebih dahulu mengenai harga yang ingin anda tawarkan kepada konsumen. Harga merupakan faktor penting dalam penjualan, maka dari itu jika anda ingin penjualan anda bisa lancar maka lihat dan cermati dulu pasaran harga yang pas untuk pigora 3D di beberapa Toko Online atau bisa mencari harga pasaran di pencarian google.

2. Membuka usaha kreatif membuat sepatu lukis dengan gambar karakter yang unik

Bisnis selanjutnya ini adalah bisnis yang cukup kreatif dan mempunyai nilai seni yang unik serta modern. Bisnis usaha dengan memanfaatkan sepatu dengan harga yang murah dan menjualnya kembali dengan harga 2 - 3x lipat tentunya bisa membuat anda memiliki peluang keuntungan lebih banyak.

Peluang usaha melukis sepatu dengan beberapa cat warna serta memberikan keindahan dan keunikan  tersendiri merupakan karya seni yang mahal. Cara untuk membuat sepatu lukis sangatlah mudah, karena anda cuma menggambar dan mewarnai di bidang sepatu yang berbahan kain kanvas tentunya. Seperti halnya melukis di bidang kertas dengan mengandalkan beberapa alat saja dan ide gambaran yang ingin anda buat, namun dalam membuat gambar diatas sepetu perlu beberapa alat dan cat khusus agar lukisan sepatu tersebut bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak jika dicuci ataupun terkena kotoran.

Peluang seni lukis dibidang sepatu ini bisa anda manfaatkan karena peluang kesempatan usaha seperti ini memiliki persaingan yang sedikit. Cuma beberapa daerah saja yang mencoba usaha melukis sepatu seperti ini seperti jogja misalnya, itupun cuma beberapa orang saja yang menjalankan usaha sepatu lukis.
 4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada
Modal dalam menjalankan usaha sepatu lukis ini tidak semahal yang anda kira, karena usaha jenis ini cuma memerlukan modal beberapa alat dan bahan dasar sepatu polos berwana putih yang berbahan kain kanvas.

Beberapa alat yang harus anda persiapkan adalah pensil, penghapus pensil, spidol hitam, kuas lukis kecil, cat akrilik dan beberpa alat pendukung lainnya saja anda bisa menjalankan bisnis usaha ini. Dan untuk memilih dan membeli sepatu kanvas sebagi media utama ini juga tidak akan menguras dompet anda, karena jenis sepatu ini sangat mudah didapatkan dengan harga yang cukup murah sekitar 50-80 ribu/ sepatu saja.

Menjalakan usaha tidak harus dengan modal yang besar karena disini anda cukup mencoba melukis 1 sepatu saja sebagai percobaan, anda juga bisa mencoba dengan sepatu bekas milik anda sendiri yang tidak terpakai sebagai bahan percobaan praktek. Dan jika anda ingin mencari modal usaha inilah beberapa tips mencari modal usaha.

Dan untuk pemasaran atau penjualan sepatu lukis hasil karya seni anda sendiri pun tidak terlalu sulit, anda bisa memasarkan dengan mengandalkan media sosial seperti Facebook atau juga Instagram. Tidak cuma itu saja andapun bisa menjual secara online ke toko online Indonesia sepatu anda bisa terjual dengan menawarkan langsung kepada teman kuliah atau juga tetangga dan rekan-rekan sobat.

Dengan cara pemasaran seperti itu anda dapat berusaha semaksimal mungkin, karena penjualan adalah salah satu faktor penentu untuk perkembangan usaha yang anda jalankan. Penjualan yang baik akan membuat anda lebih giat lagi untuk menjadi pengusaha sukses, namun dalam penjualan yang baik, tentunya juga harga yang baik pula.

Harga penjualan untuk sepatu lukis yang anda buat harus mengikuti dengan harga pasaran, karena jika anda menjualnya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan yang lain, tentu dapat membuat usaha anda jadi gugur. Maka dari itu sebelum menjual ke teman ataupun Toko Online tentukan terlebih dahulu harga yang pas untuk sepatu lukis yang anda jual, agar bisnis usaha anda bisa lebih berkembang dan dapat meraup keuntungan banyak.

3. Membuka usaha kreatif lampu Tidur Hias dan Balon benang jahit/nylon karekter unik

Usaha kreatif lainnya yang tidak kalah unik adalah dengan membuat usaha kerajinan tangan lampu tidur hias dari balon dan benang. Bisnis usaha ini bisa anda tekuni agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Karya seni kerajinan ini merupakan bisnis rumahan yang memiliki prospek usaha yang sangat menguntungkan dengan modal kecil dan minim. Lampu tidur hias dari balon dan benang ini juga bisa dibuat dengan selucu mungkin dengan menggambarkan berbagai macam karakter unik dan lucu.

Bahan-bahan untuk membuat lampu hias ini terbilang sangat mudah dicari dan peralatannya pun tidak terlalu banyak serta modal untuk membelinya bahan-bahannya tidak terlalu mahal. Cukup dengan mempersiapkan bahan serta alat sebagai berikut :

 4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada


Bahan dan Alat-alat untuk membuat lampu tidur berkarakter Lucu
  • Balon karet atau alon plastik (Rekomendasi gunakan balon plastik)
  • Benang jahit atau bisa dengan benang nylon (Rekomendasi gunakan benang jahit)
  • Lem kayu (Rekomendasi gunakan lem rajawali)
  • Kuas kecil (Rekomendasi gunakan kuas lukis dengan ujung lancip dan kecil)
  • Cat Warna (Rekomendasi gunakan spidol warna-warni saja)
  • Pensil + penghapus
  • Gunting (Bisa dengan gunting apa saja)
  • Gelas plastik bekas minuman
  • Lampu bohlam 5/7watt (Bisa membeli di konter aksesoris hp)
  • Stand lampu /dudukan lampu + Sikring / tombol on-off + Jek/colokan ke listrik + kabel 2 meter/lebih (Semua alat bisa membeli di toko elektronik)
Modal yang diperlukan untuk membuat dan menjalankan usaha lampu hias berkarakter unik cukup murah, anda cuma membeli semua alat diatas dengan uang berkisaran dibawah 100 ribu saja sudah bisa membuatnya. Nah jangan terlalu banyak berfikir, praktekkan langsung usaha ini dan coba anda kreasikan sendiri. Jangan menghitung modal saat anda ingin membuat usaha jenis ini, karena peluang anda dalam membuat usaha lampu hias berkarakter tidak akan menguras dompet dan membuat anda jatuh miskin. Setiap usaha harus diperlukan kenekatan, dalam arti nekat disini bukanlah nekat tanpa mempelajari cara usaha dulu tetapi untuk membuat anda tekun dan berniat untuk usaha. Dan jika anda ingin mencari modal usaha inilah beberapa tips mencari modal usaha.

Dan untuk pemasaran dalam menjual karya seni untuk lampu hias berkarakter ini cukup mudah namun anda harus lincah layaknya seorang marketing bisnis, karena anda merupakan bos sekaligus karyawan pada diri anda sendiri.

Untuk mempromosikannya anda bisa memanfaatkan di berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram atau juga bisa dengan cara menjual dengan cara Online di berbagai toko atau market place E-commerce Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Blanja, Lazzada dengan mengandalkan jasa kurir ekspedisi seperti JNE, J&T Pos dan lainnya. Soal pemasaran produk yang anda kreasikan untuk jenis Lampu hias berkarakter ini cukup banyak caranya, anda pun bisa menjualnya langsung dengan menawarkan Lampu hias anda ke teman-teman sekolah, tetangga, saudara maupun rekan kerja anda.

4. Membuka usaha kreatif dengan membuat terarium (Tanaman hias dalam kaca)

Sebelum saya membahas tentang cara membuka bisnis usaha kreatif dari Terrarium, ada baiknya saya memberikan penjelan terlebih dahulu mengenai Terrarium.

APA ITU TERRARIUM  ?
Terrarium Merupakan Tanaman Hias Dengan Mengandalkan Seni Kreatif Dalam Pembuatnya. Terrarium juga bisa disebut Tanaman Hias Dengan Bentuk Minimalis Yang Dibuat Didalam Media Kaca Atau Juga Plastik Transparan. Keunikan dan keistimewaaan terrarium ini juga dapat digunakan sebagai Tanaman Hias yang tidak mudah rusak ataupun mati karena dalam pembuatannya tanaman ini disimpan didalam kaca. Dengan bentuknya yang minimalis dan mudah dipindah-pindahkan diberbagai tempat dan juga dengan berat yang ringan membuat orang ataupun pecinta tanaman hias lebih suka membeli Terrarium dari pada Tanaman hias lainnya.

Fungsi terrarium ini sebagai hiasan dalam ruangan yang tertutup atau juga bisa disebut dengan tanaman indoor. Selain itu, tanaman ini juga berfungsi untuk tanaman mini yang alternatif untuk keindahan ruangan agar terlihat segar. Oleh sebab itu terrarium dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan karena di perkotaan tanaman hijau jenis ini sangat diminati

 4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada


Modal untuk membuat Terrarium ini cukup mudah dan bahan-bahannya pun tidak memerlukan jumlah yang banyak serta dari segi harga pembelian bahan untuk modal awalnya pun juga tidak terlalu mahal. Berikut ini adalah bahan-bahan serta alat untuk membuat Terrarium :
  • Tanaman Hias (paling utama)
  • Botol Plastik / Kaca Aquarium (Bisa disesuakin dengan ukuran yang diperlukan)
  • Batu Hias + Pasir Hias + Karang Hias (Bisa didapat di Toko Aquarium Ikan)
  • Anyaman (Sebagai bahan pendukung hiasan dalam kaca atau platik nanti)
  • Pupuk
  • Spidol + Gunting + Pisau + Kuas + Ember (Alat yang digunakan)

Untuk modal dalam pembuatan Tirrarium ini tidak terlalu besar, sebab perlatan dan bahan yang akan anda gunakan mudah ditemukan serta murah. Anda cuma memerlukan skill khusus dan memiliki ide tersendiri untuk modal awal yang harus dipertimbangkan telebih dahulu, karena untuk bahan-bahan yang diperlukan juga bisa didapat dan digunakan dari barang-barang bekas yang tidak terpakai disekitar rumah anda.

Dengan modal yang berkisaran sekitar 200 ribu saja anda bisa membuat terraim dengan ukuran minimalis namum dalam penjualannya pun bisa anda tentukan sendiri. Oleh sebab itu bisnis jenis ini merupakan bisnis kerjinan seni kreatif yang memiliki peluang maju dan berkembang.

Dalam mencari modal untuk membuat terrarium bisa anda dapatkan semua bahan di Toko Akuarium dan untuk Tanaman Hiasnya bisa anda dapatkan di Toko Tanaman disekitar anda seperti misalnya naman hias jenis Kamboja atau lainnya.

Keuntungan dan pendapatan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan bisnis ini sangatlah banyak karena anda bisa memasok 1 Terrarium dengan harga pasaran sekitar 200 ribu - 1 juta tergantung juga dari kecil besarnya ukuran terrarium dan karya seni dalam pembuatan Terrarium itu sendiri.Dan jika anda ingin mencari modal usaha inilah beberapa tips mencari modal usaha.

Dalam penjualan produk Terraium bisa anda promosikan lewat tetangga disekitar rumah anda atau juga bisa dengan memasarkan produk anda di pameran. Namun bila cara penjualannya tersebut kurang efektif anda bisa menggunkan cara marketing online dengan memanfaatkan media sosial ataupun juga dengan cara menjual di Toko Online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Jika anda ingin penjualan anda lebih cepat, anda bisa menggunakan fitur diberbagai iklan iklan seperti di Radio, Instagram, Facebook, Website, bahkan Tv Swasta Indonesia.

Itulah bebera Bisnis Usaha kreatif dengan modal kecil namun memilik harga jual barang/produk yang mahal dipasaran. Bahkan bisnis ini juga memiliki persaingan yang minim dan kecil, karena tidak banyak orang yang melakukan dan menjalankan bisnis usaha kreatif seperti diatas.

Peluang Sukses bisnis diatas merupakan peluang yang memiliki nilai jual yang mahal serta membuat anda jadi Pengusaha Sukses dimasa mendatang. Bisnis dengan modal yang relatif  kecil menjadi salah satu prioriatas utama agar bisnis anda terhitung dari orang kecil menjadi orang besar dan juga bisa lebih baik bahkan juga bisa sampai dikenal oleh banyak masyarakat. Namun jangan bermimpi dulu jika anda cuma membacanya saja, jadikanlah mimipi anda menjadi kenyataan dengan memulai berbisnis dengan hasil kreatifitas dan keringat anda sendiri.

Jika anda masih bingung dan masih ragu dengan 4 Usaha kreatif yang memiliki persaingan kecil, silahkan memberikan komentar atau saran. Berkomentarlah karena saya ingin mengetahui masalah anda dan siapa tau saya bisa membantu anda mengatasi masalah pada diri anda.


1 Tanggapan untuk "4 Macam Ide Bisnis Kreatif Yang Unik Dan Jarang Ada"

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan berkomentar yang relevan dan sopan mengenai artikel diatas, maaf untuk yang memasukkan link didalam komentar otomatis saya hapus